Pages

Selasa, 30 Desember 2014

0 Operator Sekolah Akan Mendapat Honor mulai 2015 (berita terbaru)

Operator Sekolah atau sering disingkat dengan menyebutnya OPS,

sampai saat ini memang belum terperhatikan sama sekali oleh Pemerintah.
Mengingat keberadaan OPS di setiap sekolah yang mutlak sangat diperlukan, sudah selayaknya mendapatkan perhatian yang lebih. Tugas dan tanggung jawab yang demikian besar memang sering tidak dianggap keberadaanya. Mulai dari Dapodik, EMIS, Pelaporan BOS Online, Padamu Negeribahkan tak jarang ada beberapa sekolah yang Gurunya banyak yang belum bisa dengan Laptop masih mengandalkan OPS untuk menyelesaikan Tugasnya.

Sering juga OPS mendapatkan "bonus" dari Guru untuk mengetik RPP, Tugas atau soal untuk siswa. Nah dari sekian banyak tugas dari OPS ini, banyak juga yang masih beranggapan bahwa OPS itu tak lebih hanyalah pembantu sekolah atau malah sebagai asisten Guru yang harus selalu ada untuk disuruh oleh Guru. Tapi jangan khawatir OPS, karena ada kabar gembira buat kalian semua. Operator Sekolah akan Mendapat Honor dari Pemerintah.

Nah, pemberian honor tersebut akan direalisasikan pada tahun 2015 depan dan diratakan bagi seluruh Operator Sekolah di seluruh Indonesia.

Informasi mengenai Operator Sekolah Akan Mendapat Honor ini datang dari Kasubag Data dan Informasi Setditjen Dikdas Supriatno. Menurut Beliau, Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan sudah mempelajari terkait pemberian honor Operator Sekolah tersebut. Untuk segera melaksanakan rencana tersebut, saat ini tengah menyusun dan membuat aturan yang nantinya akan digunakan sebagai acuan dalam memberikan honor kepada Operator Sekolah
Harapan Pemerintah nantinya dengan adanya honor khusus dari Pemerintah ini, OPS semakin sejahtera.

Dengan sejahteranya Operator sekolah diharapkan data dan sebagainya akan semakin baik dan akurat. Selain itu tanggungjawab operator sekolah dituntut untuk bekerja lebih tepat dan cermat serta kesediaan untuk kerja lembur karena kini mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

Sumber berita tentang Operator Sekolah Akan Mendapat Honor mulai 2015 ini diperoleh dari Group Operator Sekolah Indonesia

0 Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Sedang Tidur


Wanita Sedang Tidur
Kebanyakan dari kita tidak mengetahui apa saja yang terjadi pada tubuh mereka ketika kita sedang tidur. mereka hanya mengetahui kalau mereka mangantuk maka harus tidur dan bangun kembali. Meskipun sebenarnya tidur adalah proses pada tubuh yang memiliki beberapa janis tahapan.

Inilah Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Sedang Tidur.


  • Falling Sleep
    Ini merupakan tahap paling awal ketika kita sedang tidur, tahapan ini hanya terjadi apda rentang waktu 5-10 menit.Pada tahap awal ini tubuh anda akan merasa lemas namun masih bisa untuk dibanunkan.
  • Light Sleep
    Tahap yang kedua berlangsung selama kurang lebih 20 menit, selama tahap ini mata anda akan berhenti bergerak, penurunan denyut jantung, suhu tubuh dan juga otot-otot tubuh akan menjadi rileks.
  • Deep Sleep
    Tahap ini merupakan tahap dimana seseorang tidur nyenyak Saat di tahapan ini aktivitas otak Anda melambat karena terjadi perpindahan darah dari otak ke tubuh untuk diregenerasi. Jika dibangunkan pada tahap ini, Anda sulit untuk sadar dan merasa bingung.
  • Rem Sleep
    Tahap ini merupakan tahap terakhir dimana pernafasan adna menjadi ringan dan denyut jantng meningkat.tahap ini biasanya terjadi saat anda sedang bermimpi.
Selain tahapan tersebut, ada 2 jenis proses tidur yang terjadi. Pertama adalah REM atau Rapid Eye Movement Sleep. Dalam proses ini terjadi perbaikan tulang, otot, jaringan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sedangkan jenis kedua adalah Non-REM Sleep dimana terjadi perbaikan otak dan peningkatan memori. 

0 Kecelakaan Pesawat Paling Misterius Yang Tidak Terpecahkan

Hilangnya pesawat Malaysia Airlines dengan nomer penerbangan MH370 dengan cara misterius pada rute Kuala Lumpur - Beijing pasti bikin semua dunia prihatin serta berduka. Pesawat Boeing 777-200 itu mengangkut beberapa ratus penumpang yang sebagian besar yaitu warga negara Cina serta tujuh salah satunya warga negara Indonesia (WNI).

Hingga artikel ini ditulis, belum ada kepastian apa sebagai pemicu hilangnya pesawat itu. Sangkaan sesaat menyampaikan bila pesawat punya maskapai penerbangan Malaysia Airlines itu kemungkinan alami permasalahan tehnis atau lantaran pembajakan oleh teroris mengingat diketemukannya kenyataan bila ada 2 penumpang gelap yang memakai paspor ilegal.

Lepas dari misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines sekian waktu silam, nyatanya terdapat banyak kecelakan atau insiden yang sudah berlangsung dengan cara misterius didunia. Nah, pada kesempatan ini,saya akanmengulas perihal 6 insiden pesawat yang menghilang dengan cara misterius. Berikut penjelasannya.

Kecelakaan/Insiden Pesawat Paling Misterius di Dunia :

1. Amelia Earhart


Mungkin saja salah satu insiden pesawat yang paling populer didunia yaitu misteri hilangnya pesawat perintis yang dikemudikan oleh Amelia Earhat, seseorang pilot wanita pertama yang terbang solo melewati Samudra Atlantik.

Earhart hilang dengan cara mengagetkan pada th. 1937 berbarengan dengan navigatornya Fred. Pada transmisi terakhirnya yang di ketahui pada jam 8 : 43 pagi pada tanggal 2 Juli, Earhart kirim pesan, " Kami ada pada garis 157 337. Kami bakal mengulangi pesan ini. Kami bakal mengulangi ini pada 6210 kilocycles. Tunggulah. "

Namun pesan itu tak terdengar lagi dari pusat penerbangan perintis Amerika. Pesawat itu pada akhirnya menghilang tanpa ada jejak. Usaha pencarian yang menggunakan jutaan dolar sudah dikerjakan tetapi tidak membawa hasil. Pada akhirnya, dia resmi dinyatakan wafat dua th. lalu yakni th. 1939.

2. Segitiga Bermuda


Segitiga Bemuda atau umumnya dimaksud " Segitiga Setan " ini memanglah populer juga sebagai daerah yang sangatlah misterius. Lokasi ini berupa segitiga yang terdapat di Bermuda, Florida serta Puerto Rico. Beritanya, ada banyak sekali kapal serta pesawat yang menghilang tanpa ada jejak sepanjang sebagian dekade paling akhir.
Umpamanya saja hilangnya pesawat yang berlangsung pada rentang saat pada 1940-an serta 1960-an. Juga termasuk juga raibnya dua jet penumpang pada bln. Januari serta Desember 1948, yang terdaftar membawa 25 serta 36 penumpang, dan pesawat penumpang lain dengan 20 penumpang pada bln. Januari 1949.

Pada th. 1945, lima pesawat militer Amerika Serikat ada di suatu misi kursus di daerah yang sama. Namun 1/2 jam dalam penerbangan mereka, mereka mengeluhkan bahwa mereka tak dapat mengetahui landmark di ruang segitiga Bermuda, salah satu dari mereka bahkan juga menyampaikan bahwa kompas mereka sudah berhenti.

Pada akhirnya pesawat itu dinyatakan hilang kontak. Tak ada jejak pesawat diketemukan. Bahkan juga yang lebih aneh serta mengherankan yaitu salah satu yang dari pesawat yang di kirim untuk mencari pesawat itu juga menghilang.


3. Penerbangan 447 Air France

Pesawat Air France dengan nomer penerbangan 447 dari Rio de Janeiro ke Paris, jatuh ke Samudera Atlantik pada th. 2009. Kecelakaan itu menewaskan 228 penumpang serta awak kapal. Diperlukan saat lima hari untuk temukan serpihan bangkai pesawat, nyaris 2 th. untuk temukan kotak hitam.

Tiga tahun. sesudah insiden itu, pemicu kecelakaan juga pada akhirnya terkuak. Beberapa besar mayat bisa dievakuasi sebagian bln. pasca kecelakaan, namun 74 penumpang tak pernah diketemukan. Insiden itu di kenal juga sebagai kecelakaan paling mematikan dalam histori Air France.


4. Penerbangan British South American Airways

 
Pada tahun. 1947, suatu pesawat Amerika British Airways Selatan bernama Star Dust, dengan 11penumpang, lenyap di Pegunungan Andes sepanjang penerbangan teratur dari Buenos Aires ke Santiago di Chile. Pencarian pesawat juga dikerjakan. Beragam teori atau anggapan juga mencuat. Bahkan juga ada yang menyampaikan bahwa pesawat disabotase oleh alien.

51 tahun. lalu, seseorang pemanjat tebing Argentina temukan reruntuhan pesawat serta ekspedisi militer. Beberapa pakar menyimpulkan bahwa kecelakaan itu dikarenakan awak sudah bingung oleh cuaca jelek serta dengan cara tak berniat mulai turunkan pesawat mereka terlampau cepat.

5. Penerbangan 571 Angkatan Hawa Uruguay


Pada tahun. 1972, suatu pesawat Angkatan Hawa Uruguay dengan nomer 571 terbang dari Uruguay menuju Santiago, Chili. Pesawat itu menabrak pegunungan Andes yang menewaskan 12 orang. Dari keseluruhan 45 penumpang, seputar separuhnya yang selamat mesti bertahan hidup sepanjang 72 hari terdampar di gunung.

Pada saat itu, ada 8 korban tewas dalam longsoran salju sekian hari lalu, tersisa 16 orang diketemukan kian lebih dua bln. sesudah pesawat itu menghilang. Beberapa korban bahkan juga mengaku mereka sangat terpaksa lakukan kanibalisme untuk terus dapat hidup.


6. Penerbangan 990 Egypt Air

Pada tahun. 1999, penerbangan 990 Egypt Air menuju Kairo lewat New York jatuh ke Samudera Atlantik di selatan Massachusetts. Insiden itu menewaskan seluruhnya penumpangnya yakni beberapa 217 orang.

Ada dua sangkaan pemicu kecelakaan pesawat itu. Beberapa petinggi penerbangan Amerika di National Transportation Safety Board menuduh co-pilot Gamil el-Batouty yang bersalah. Ia sudah lakukan bunuh diri lantaran ia barusan ditegur atas pelecehan seksual oleh maskapai penerbangan. Lantas, ia menukikkan pesawat ke bawah.

Bahkan juga dalam rekaman nada di kotak hitam, nada el-Batouty terdengar lembut berkata " Saya menyerahkan seluruhnya pada Tuhan " waktu sang kapten pergi ke kamar mandi. Dia mengulangi kalimat itu sekurang-kurangnya tujuh kali, lantas mematikan mesin hingga pesawat jatuh.

Di segi lain, otoritas Penerbangan Sipil Mesir menyalahkan kecelakaan pada kegagalan mekanik system kendali elevator pesawat.

Nah, itu tadi sebagian kecelakaan atau insiden hilangnya pesawat dengan cara misterius. Semoga berguna untuk beberapa pembaca TONFEB Portal seluruhnya. Silakan kunjungi juga informasi menarik yang lain di kanal berita.
source:http://pajewaw.blogspot.com/

0 10 Alasan Muslim Tidak Boleh Merayakan Tahun Baru


Tahun 2015 tinggal menanti hari. Beberapa orang yang bersiap merayakannya, termasuk juga beberapa muslim. Dari mulai sebatas meniup-niup terompet, turut pesta kembang api, acara musik, sampai model-model perayaan yang lebih layak disebut ajang kemaksiatan.

10 hal ini seharusnya cukup menjadi alasan untuk seseorang muslim tidak untuk ikut meyarakan tahun baru, ini dia alasannya:

Alasan Sejarah

Dalam The World Book Encyclopedia dijelaskan bahwa Penguasa Romawi Julius Caesar mengambil keputusan 1 Januari juga sebagai hari permulaan th. baru sejak era ke 46 SM. Orang Romawi menghadirkan hari itu (1 Januari) pada Janus, dewa semua gerbang, pintu-pintu, serta permulaan (saat). Bln. Januari di ambil dari nama Janus sendiri, yakni dewa yang mempunyai dua muka – suatu berwajah menghadap ke (saat) depan serta sebuahnya lagi menghadap ke (masa) lalu.

Jika demikian, merayakan tahun baru masehi memiliki keterkaitan historis dengan ritual/budaya paganisme Romawi. Bagaimana jika tidak tahu sejarah tersebut.? Cukuplah firman Allah menjadi pengingat kita:

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya” (QS. Al isra’: 36)

Tasyabbuh

Perayaan tahun baru masehi adalah kebiasaan orang-orang barat yang sama sekali tidak sesuai dengan ajaran Islam. Merayakan tahun baru termasuk menyerupai kebiasaan mereka (tasyabuh). Kita patut khawatir, sebab tasyabuh bis membuat seseorang jatuh ke dalam golongan yang diserupainya.

Rasulullah bersabda,

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ


“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا

“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi; hasan)

Terompet Yahudi

Perayaan tahun baru identik dengan terompet. Bahkan meniup terompet dianggap sebagai perayaan yang paling sederhana menyambut tahun baru. Selain harganya murah, juga mudah dilakukan.

Tapi tahukah kita bahwa meniup terompet adalah kebiasaan Yahudi sehingga ketika ada sahabat mengusulkan meniup terompet sebagai tanda masuknya shalat, Rasulullah mensabdakan,

هو من أمر اليهود


“Membunyikan terompet adalah perilaku orang-orang Yahudi” (HR. Abu Daud; shahih)

Pemborosan

Merayakan tahun baru, khususnya dengan acara musik dan pesta kembang api serta acara sejenisnya, pastilah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal ini termasuk bentuk pemborosan yang dibenci oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إن الله كره لكم ثلاثا قيل وقال وإضاعة المال وكثرة السؤال


“Sesungguhnya Allah membenci tiga hal pada kalian; kabar burung, membuang-buang harta, dan banyak bertanya.” (HR. Bukhari)

Begadang sepanjang malam

Salah satu bentuk perayaan tahun baru yang paling umum adalah menunggu detik-detik pergantian tahun, yakni tepat pukul 00:00. Dengan demikian, orang-orang yang merayakan tahun baru, mereka begadang hingga dini hari.

Begadang yang tidak memiliki kemaslahatan merupakan salah satu hal yang dibenci oleh Rasulullah. Jika tidak ada keperluan penting, Rasulullah biasa tidur di awal malam.

وَكَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan ngobrol setelah isya’ (HR. Bukhari)

Meninggalkan shalat

Sering kali, karena begadang sepanjang malam dan baru tidur menjelang fajar atau pagi hari, orang yang merayakan tahun baru meninggalkan Shalat Subuh. Bahkan terkadang shalat isya’ juga tidak dihiraukan karena acara perayaan sudah dimulai sejak petang.

Meninggalkan shalat adalah salah satu dosa besar. Bahkan meninggalkan shalat dengan sengaja, bisa menjerumuskan seseorang ke dalam kekufuran.

Menyia-nyiakan waku

Merayakan tahun baru dengan berbagai bentuk aktifitasnya, apalagi yang hura-hura, adalah termasuk menyia-nyiakan waktu. Padahal, dalam Islam, waktu sangatlah berharga sehingga Allah bersumpah demi waktu. Dan di akhirat nanti, seseorang juga tidak bisa beranjak dari tempatnya hingga ditanya waktunya untuk apa dihabiskan.

Imam Syafi’i membuat kesimpulan yang sangat tepat terkait dengan waktu:

ونفسك إن أشغلتها بالحق وإلا اشتغلتك بالباطل



“Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik (haq), pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia (batil)”

Ikhtilath

Perayaan tahun baru umumnya tidak memisahkan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram. Sehingga terjadilah ikhtilath yang luar biasa. Bersentuhan lawan jenis menjadi tidak terelakkan, bahkan memang disengaja.

لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لا تَحِلُّ لَهُ

“Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thabrani; shahih)

Hal-hal haram

Perayaan tahun baru dengan musik dan acara sejenis, kadang juga disertai dengan hal yang jelas-jelas haram. Misalnya minuman keras. Jika ini yang dilakukan tentu dosanya semakin banyak.

Terjerumus zina

Termasuk hal yang paling parah dalam perayaan tahun baru adalah terjerumus zina. Ini bukan kekhawatiran semata, karena faktanya banyak berita yang melaporkan pembelian kondom meningkat menjelang tahun baru dan paginya di tanggal 1 Januari ditemukan banyak kondom bekas di lokasi perayaan tahun baru.

Ada yang berzina karena memang sudah direncanakan dari awal. Namun ada juga perempuan yang terjerumus ke dalam zina saat perayaan tahun baru karena dimulai dari ikhtilath dan mengkonsumsi minuman keras hingga mabuk. Na’udzubillah min dzalik. [Ibnu K/bersamadakwah]

search

YANG NYASAR DI BLOG