Pages

Senin, 12 Mei 2014

0 Kehebatan Mobil Dinas Mantan Presiden Soeharto



Setiap kepala negara di berbagai penjuru dunia selalu dibekali kendaraan dinas selama bertugas. Mobil-mobil yang digunakan para kepala negara beragam, mulai dari kelas mewah hingga mobil murah dan sederhana. Bagaimana di Indonesia?

Mobil pejabat tinggi di Indonesia nampaknya tak terlepas dari besutan Mercedes-Benz. Sudah hampir berpuluh-puluh tahun, mobil pabrikan asal Jerman itu menjadi pilihan kepala negara di Indonesia. Bila Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat ini menggunakan mobil mewah Mercedes-Benz s600L model W221, dan mantan Presiden Soekarno memiliki beragam mobil dinas mulai Buick 8 sampai Lincoln Cosmopolitan, lalu apa yang digunakan mantan Presiden Soeharto saat masih menjabat?
Berbagai sumber yang diolah VIVAnews menyebutkan, mobil yang dikendarai Soeharto yakni limousine kelir hitam, Mercedes-Benz 500SEL. Mobil itu digunakan pada era 90-an.
Bukan tanpa keunggulan, mobil yang dikendarai Soeharto juga syarat dengan teknologi serta tingkat keamanan yang tinggi, kala itu.

Mobil yang diluncurkan Tahun 1987 itu bahkan ditengarai memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setaraf dengan mobil dinas Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Mewah, nyaman, memiliki kecepatan tinggi dan tingkat keamanan yang tinggi sudah menjadi syarat utama mobil ini.

Mercedes-Benz 500SEL tunggangan Soeharto memiliki tipe mesin M117.963 dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.0L. Kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam, lebih cepat dari Mercedes-Benz S600L yang digunakan Presiden SBY saat ini yang hanya memiliki kecepatan 210 km/jam.

Tahan Ranjau Darat

Sektor keamanan menjadi perhatian penting bagi mantan Presiden Soeharto. Salah satunya sudut cengkraman bannya. Pemerintah RI waktu itu betul-betul merancang spesifikasi tingkat pengamanan maksimum.
Michelin ditunjuk untuk membuat high safety wheels dengan standar ban untuk mobil Kepresidenan. Roda ini memiliki ketebalan beberapa inci
yang anti peluru hingga ranjau darat.

Spesifikasi yang sama juga diterapkan Michelin untuk mobil yang dikendarai Presiden Rusia Boris Yeltsin, dulu.

Pada tubuhnya, mobil Kepresidenan RI di era Soeharto ini juga dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci, kurang dua inci dari Cadillac One yang digunakan Presiden Barack Obama saat ini dengan ketebalan lima inci.

Beberapa sensor juga menempel pada mobil ini agar menjamin keselamatan Presiden Soeharto ketika berdinas. Mobil ini juga dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir, dan guncangan.

Tak heran jika melihat mobil itu melintas, siapapun sosok negarawan yang ada di dalamnya tampak begitu gagah dan makin terlihat disegani.
Mobil Itu Dimuseumkan di Jerman

Sejak tahun 1994, Mercedes-Benz 500SEL limousine 1987 mulai jarang terlihat saat Presiden Soeharto hendak melakukan perjalanan dinasnya. Saat itu, Soeharto sudah menggunakan Mercedes-Benz S600 produksi tahun 1994.

Tahun 1998, Mercedes-Benz 500SEL 1987 tersebut kemudian dibawa ke Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman, untuk sebuah pameran mobil-mobil Presiden legendaris di dunia. Mobil itu dibawa atas restu Presiden B. J. Habibie yang menggantikan Presiden Soeharto. vivanews.com

search

YANG NYASAR DI BLOG