Pages

Rabu, 17 April 2013

0 Efek Dahsyat Rokok pada Sperma


Sel sperma  
Sel sperma  

VIVAlife - Sebagian besar orang pasti sudah tahu kalau rokok memiliki efek buruk pada kesehatan. Tapi mungkin banyak yang tak tahu kalau rokok juga berpengaruh buruk pada kualitas sperma, dan dalam hal ini bisa mempengaruhi kesuburan pria.

Tak heran pada pria yang berencana memiliki anak dan tak kunjung berhasil disarankan untuk berhenti merokok. Faktanya, kehamilan bisa terjadi bukan hanya bergantung pada kondisi sistem reproduksi wanita, tapi juga pria.

Dibutuhkan sperma yang berkualitas agar kehamilan terjadi dan anak yang terlahir dalam kondisi sehat. Pakar kesuburan dari International Fertility Centre, India, Dr. Rita Bakshi, mengungkap bagaimana kebiasaan merokok bisa merusak kualitas sperma.

1. Konsentrasi sperma

Konsentrasi sperma sangat bergantung pada jumlah sperma yang ditemukan dalam sejumlah cairan semen. Sebuah studi, seperti dikutip dari Health Me Up, konsentrasi sperma pria yang merokok berkurang sebesar 23 persen, dibandingkan mereka yang tak merokok.

2. Motilitas sperma
Kemampuan sperma untuk berenang disebut dengan istilah motilitas. Kemampuan ini sangat penting, karena jika sperma tak bisa bergerak lincah maka akan sulit mencapai sel telur dan mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan. Pada pria perokok, motilitas sperma ini berkurang sebesar 13 persen.

3. Morfologi sperma
Untuk morfologi sperma mengacu pada bentuk detail sperma, mulai dari badan hingga ekor. Sperma yang bentuknya tidak normal akan kesulitan berenang dan mencapai sel telur untuk membuahi. Faktanya, kadar sperma sehat yang bentuknya normal pada pria perokok lebih sedikit dibanding yang tak merokok. Rokok juga secara langsung berpengaruh pada hormon dan bisa berpengaruh buruk pada kesuburan pria.  (vivanews)

search

YANG NYASAR DI BLOG