Pages

Selasa, 19 Maret 2013

0 Warga Negara AS Jadi PM Oposisi Suriah

Koalisi Nasional Oposisi Suriah yang didukung asing telah memilih seorang warga negara Amerika kelahiran Suriah sebagai perdana menteri dari apa yang disebut pemerintah sementara.

Ghassan Hitto terpilih pada Selasa (19/3) pagi dengan 35 suara dari total 48 pemilih dalam pertemuan para pemimpin oposisi di Istanbul, Turki. 63 anggota oposisi hadir dalam pertemuan yang berlangsung selama 14 jam itu. Press TV melaporkan.

Hitto lahir di Damaskus pada tahun 1963 dan telah tinggal di AS selama beberapa dekade. Dia tinggal di negara bagian Texas sampai saat ini.

Pria 50 tahun itu menetap di Turki pada November lalu dalam upaya untuk mengelola bantuan militer ke daerah-daerah yang dikuasai militan yang didukung asing di Suriah.

Pertemuan Istanbul awalnya direncanakan digelar bulan lalu. Namun, menghadapi penundaan selama beberapa kali menyusul perpecahan di antara para tokoh senior oposisi. Anggota koalisi lainnya dalam pemilihan itu juga menarik diri dari proses pemilihan.

Pemilihan itu terjadi beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri AS John Kerry mengatakan, Washington tidak akan menghalangi langkah dari negara-negara Eropa jika mereka memutuskan untuk mempersenjatai militan yang berperang melawan pemerintah Damaskus.

Terpilihnya Hitto tak lepas dari peran sekretaris jenderal koalisi Mustafa Sabbagh. Pengusaha ternama ini mempunyai koneksi dengan negara-negara Arab dan Ikhwanul Muslimin. (IRIB Indonesia/RM)

search

YANG NYASAR DI BLOG