Pages

Sabtu, 08 Desember 2012

0 10 Macam Dosa Besar menurut Al Quran



Dosa adalah tindakan yang melanggar norma atau aturan yang telah ditetapkan Allah.
Hanya sekedar mengingatkan, bukan untuk menggurui. Apa sajakah yang termasuk 10 macam dosa besar menurut al quran?

1. Syirik (Menyekutukan Allah SWT).

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya". (An Nisaa: 48).

Dan Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga". (Al Maidah: 72)

2. Berputus asa dari mendapatkan rahmat Allah SWT.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir".(Yusuf: 87).

3. Merasa aman dari ancaman Allah SWT.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Tiadalah yang merasa aman dari azab Allah kecuali orang-orang yang merugi." (Al A'raaf: 99)

4. Berbuat durhaka kepada kedua orang tua.

Karena Allah SWT mensifati orang yang berbuat durhaka kepada kedua orang tuanya sebagai orang yang jabbaar syaqiy 'orang yang sombong lagi celaka'.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Dan berbakti kepada ibuku, dan Dia tidak menjadikan aku seorang yang sombong lagi celaka". (Maryam: 32).

5. Membunuh.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Dan barangsiapa yang membunuh seorang mu'min dengan sengaja, maka balasannya ialah Jahannam, kekal ia di dalamnya". (An Nisaa: 93).

6. Menuduh wanita baik-baik berbuat zina.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita yang baik-baik, yang lengah lagi beriman (berbuat zina), mereka kena la'nat di dunia dan akhirat, dan bagi mereka azab yang besar". (An Nuur: 23)

7. Memakan riba.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila". (Al Baqarah: 275)

8.Lari dari medan pertempuran.

Maksudnya, saat kaum Muslimin diserang oleh musuh mereka, dan kaum Muslimin maju mempertahankan diri dari serangan musuh itu, kemudian ada seseorang individu Muslim yang melarikan diri dari pertempuran itu.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang membelakangi mereka (mundur) di waktu itu, kecuali berbelok untuk (siasat) perang atau hendak menggabungkan diri dengan pasukan yang lain, maka sesungguhnya orang itu kembali dengan membawa kemurkaan dari Allah, dan tempatnya ialah neraka Jahannam. Dan amat buruklah tempat kembalinya". (Al Anfaal: 16)

9. Memakan harta anak yatim.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)". (An Nisaa: 10)

10. Berbuat zina.

Tentang hal ini Allah SWT berfirman:
"Barangsiapa yang melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu". (Al Furqaan: 68-69)


Cara menghapus dosa besar

Di dalam al quran di sebutkan bahwa Allah akan mengampunkan semua dosa kecuali syirik artinya dengan taubat nashuha dan berusaha sekuat tenaga untuk tidak mengulangi perbuatan dosa tsb insya Allah akan diampunkan dan apabila dosa yang berkaitan dengan manusia misalnya kedzoliman maka harus meminta maaf kepada orang di dzolimi.

Wallahu'alam

0 Ini Dia Kopi Termahal di Seantero Dunia

Ini Dia Kopi Termahal di Seantero Dunia
Penemu 'Black Ivory Coffee' atau Kopi Gading Hitam, Blake Dinkin, memegang keranjang berisi biji kopi yang dicampur dengan beberapa buah lainnya untuk memberi makan gajah-gajah di Provinsi Chiang Rai.
 Di bukit-bukit hijau di Thailand, rombongan 20 ekor gajah menghasilkan kopi paling mahal di dunia. Disebut-sebut beraroma istimewa, hidangan kopi yang diproduksi dari biji-biji kopi yang dimakan oleh gajah-gajah Thailand itu, dipungut sehari kemudian dari kotoran hewan itu.

Kopi yang dicerna dalam perut gajah tadi menghasilkan apa yang disebut penemunya, Blake Dinkin, warga Kanada umur 42 tahun, cita-rasa kopi yang khas. Dinkin telah mengeluarkan biaya sebanyak 300 ribu dolar AS untuk memproduksi kopi ini. Biji kopi yang telah diproses dalam usus gajah ini, bukan saja menghasilkan jenis kopi yang khas, tetapi juga kopi termahal di dunia, dengan harga 1.100 dolar AS per kilogram.

Kini, hanya orang kaya atau orang yang biasa melancong saja yang dapat mencicipi kopi yang diberi merek “Black Ivory Coffee” atau Kopi Gading Hitam. Diluncurkan bulan lalu di beberapa hotel mewah di dunia, pertama kali di Thailand utara, kemudian di Maladewa, setelah itu di Abu Dhabi, dengan harga 50 dolar AS secangkir.

Menurut kantor berita Associated Press, lokasi produksi kopi itu berada di Segi Tiga Emas, tempat yang terkenal sebagai produsen candu.

Hasil kopi dari perut gajah ini serupa dengan kopi luwak buatan Indonesia yang juga mahal, yang diambil dari biji-biji kopi dari kotoran musang. Tetapi perut gajah yang besar memberikan bonus kopi yang lebih banyak.

0 Karya Lukis Spektakuler Menghiasa Dinding Gedung Pencakar Langit

Biasanya orang melukis dengan menggunakan media canvas. Tapi lukisan ini tidak seperti pada umumnya, seni lukis ini mennggunakan dinding gedung yang tinggi sebagai media lukisnya. Dan hasilnya pun luar biasa.











































Sumber :
blogapaaja.com

0 Cacing Daging Babi Masuk ke Otak




Para dokter menegaskan bahwa penyakit-penyakit "cacing pita"
merupakan penyakit sangat berbahaya
yang terjadi melalui konsumsi daging babi.
Ia berkembang di bagian usus 12 jari di tubuh manusia,
dan beberapa bulan cacing itu akan menjadi dewasa.
Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar 1000 ekor
dengan panjang antara 4 - 10 meter, dan terus hidup di tubuh manusia
dan mengeluarkan telurnya melalui BAB (buang air besar).

♦♦♦
 
Para dokter Amerika berhasil mengeluarkan cacing yang berkembang di otak seorang perempuan, setelah beberapa waktu mengalami gangguan kesehatan yang ia rasakan setelah mengkonsumsi makanan khas Meksiko yang terkenal berupa daging babi, hamburger (ham = babi, sebab aslinya, hamburger adalah dari daging babi, dan ketika dipasarkan di negara muslim diganti dengan daging sapi -pent). 
 
Sang perempuan menegaskan bahwa dirinya merasa capek-capek (letih) selama 3 pekan setelah makan daging babi. Dan para dokter di rumah sakit "May Clinics" di negara bagian "Arizona" telah melakukan pembedahan terhadapnya di rumah sakit tersebut setelah mereka berhasil mengetahui "adanya rasa sakit" di bagian otak karena adanya cacing yang tumbuh di dalamnya.

Dan akhirnya para dokter memberitahukan bahwa mereka harus melakukan operasi secepatnya untuk bisa mengobati sang perempuan tersebut. 
 
Para dokter menegaskan bahwa makanan daging babi yang terkenal itu telah dikonsumsi oleh sang perempuan AS di Meksiko, dan mengandung cacing yang dikenal dengan nama "taenia solium" yaitu cacing yang masuk ke dalam tubuh manusia dari jalan makanan yang tidak sempurna ketika dimasak. 
 
Josef Seirphin, salah seorang dokter perempuan di rumah sakit tersebut menjelaskan bahwa telur cacing menempel di dinding usus pada tubuh sang perempuan tersebut, kemudian bergerak bersamaan dengan peredaran darah sampai ke ujungnya, yaitu otak. Dan ketika cacing itu sampai di otak, maka ia menyebabkan sakit yang ringan pada awalnya, hingga akhirnya mati dan tidak bisa keluar darinya. Hal ini menyebabkan dis-fungsi yang sangat keras pada susunan organ di daerah yang mengelilingi cacing itu di otak. 
 
Down Piesira mengatakan, "Sesungguhnya pendapat yang mengatakan adanya cacing di dalam otak terasa sangat asing ....sangat mengagetkan sekali ketika aku menemukan mereka merasakan sakit di bagian otaknya, dan keluarlah cacing dari otaknya. Kejadian ini adalah kejadian besar yang menyakitkan." 
 
Akhirnya, sang perempuan menerima untuk dioperasi --kejadian ini terjadi pada April 2001-- dalam waktu 6 jam berturut-turut untuk mengeluarkan cacing yang ada di dalam otak kepalanya. Dan para dokter melakukan pembiusan lokal, dimana sang perempuan harus dalam keadaan sadar dan bisa berfikir ketika dioperasi, sebab hal itu dilakukan diorgan yang sangat vital, yaitu otak; dan harus diajak bicara selama operasi sehingga operasi itu tidak membawa efek samping sedikitpun terhadap otak perempuan itu.

Pada akhirnya, para dokter menemukan satu ekor cacing yang sudah rusak dan mengeluarkannya tanpa ada satu dampak negatif pun. 
 
Josef Seirphin, dokter perempuan yang mengetuai pengobatannya, mengatakan, "Ini adalah kejadian yang sangat beruntung, sebab kami belum pernah menemukan di otaknya selain satu cacing saja." 
 
Josef Seirphin pun kini bergegas mengobatinya. Dan para dokter menegaskan bahwa mereka butuh waktu untuk memonitor kesehatannya untuk mengembalikan kesehatannya selama 6 bulan. Dan hal itu sampai kini masih menyebabkan sang perempuan mengalami gejala aneh dan kesulitan lainnya.
 
♦♦♦
 
Seorang wanita di Inggris harus menjalani operasi darurat karena otaknya dipenuhi oleh cacing pita. Cacing pita tersebut diketahui menyebabkan kerusakan permanen pada otak.
 
Suki-Jane Taylor, 42 tahun, diketahui menderita neurosysticercosis, penyakit yang disebabkan serangan cacing pita pada sistem saraf. Diketahui bahwa Taylor terinfeksi cacing pita pada daging babi pada tahun 2009.
 
Akibat serangan cacing pita pada otaknya, saat ini Taylor mengalami beberapa penyakit seperi epilepsi, gangguan penglihatan, dan gangguan keseimbangan.
 
Kerusakan pada sistem saraf mulai terjadi setelah Taylor secara tak sengaja menelan telur cacing pita dan larva dari daging babi. Otak dan larva ini kemudian dibawa ke otak.

Di sana mereka membentuk kista. Ketika cacing pita akan mati, mereka menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah dan jaringan di otak.
 
Taylor segera dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi untuk menghilangkan kista yang ada dalam otaknya.
 
"Mereka langsung mengeluarkannya dari otakku. Kista itu terbentuk tepat di atas tulang belakang, di bagian belakang otakku," jelas Taylor, seperti dilansir oleh Nine MSN (21/09).
 
♦♦♦
 




Penyakit-penyakit Daging Babi 
Para dokter menegaskan bahwa penyakit-penyakit "cacing pita" merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang terjadi melalui konsumsi daging babi. Ia berkembang di bagian usus 12 jari di tubuh manusia, dan beberapa bulan cacing itu akan menjadi dewasa. Jumlah cacing pita bisa mencapai sekitar 1000 ekor dengan panjang antara 4 - 10 meter, dan terus hidup di tubuh manusia dan mengeluarkan telurnya melalui BAB (buang air besar). 
 
Ketika seseorang mengkonsumsi daging babi, maka larva yang ada di dalamnya akan menjadi cacing dalam perut manusia. Cacing ini akan menyebabkan seseorang merasa lemah, letih. Dan kekurangan vitamin B-12 yang menyebabkan terjadinya kekurangan darah, terkadang bisa menyebabkan munculnya penyakit pada syaraf otak, semisal dis-fungsi syaraf pusat.

Larva-larva pada sebagian keadaan bisa mencapai otak dan menyebabkan terjadinya "sawan" atau naiknya tekanan dalam syaraf, pusing yang sangat, atau bahkan bisa menyebabkan lumpuh. 
 
Dan mengkonsumsi daging babi yang tidak sempurna di masak juga menyebabkan adanya cacing rambut. Ketika cacing ini sampai di usus 12 jari, maka akan keluar larva yang sangat banyak setelah 4 atau 5 hari dan kemudian masuk ke dalam dinding lambung. Kemudian ia masuk ke dalam darah, kemudian masuk ke sebagian besar jaringan organ tubuh.

Larva kemudian berjalan persendian dan menjadi besar Maka orang tersebut akan menderita sakit seperti nyeri otot yang sangat. Terkadang penyakit itu berkembang hingga terjadi dis-fungsi kerja otak, dis-fungsi otot jantung dan paru-paru, ginjal, syaraf pusat. Dan terkadang penyakit ini bisa menyebabkan kematian, dan ini kecil persentasenya. 
 
Maha benar Allah yang telah berfirman: 
Hanya saja diharamkan atas kalian bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang disembelih untuk selain Allah. Maka siapa yang dalam keadaan terpaksa sedangkan ia tidak menginginkannya lagi tidak melampaui batas maka tidak ada dosa atasnya. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (Q.S. Al-Baqarah: 173
 
(islamon-line.net/alsofwah/merdeka)

0 Asik, Melihat Formasi Bintang di Tata Surya Bisa Lewat Google

Menemukan letak bintang atau belajar soal konstelasi semakin sulit sekarang. Apalagi bagi yang tinggal di kota besar, lampu-lampu yang terang menyulitkan pemandangan kita ke angkasa. Paling banter harus ke planetarium atau menggunakan teleskop.
 
Tapi kini tak perlu sulit lagi untuk melihat bintang di langit.  Lewat layanan Google kita bisa menjelajah Bima Sakti dengan mudah. Ini merupakan eksperimen dari Google Chrome yang disebut 100,000 stars.

Caranya cukup mudah. Kita tinggal memilih zoom in atau zoom out untuk mencari bintang yang dituju. Pada layar juga tertera nama-nama bintang atau formasinya. Kalau ingin mencari rasi bintang, kamu harus mengerti istilah dalam bahasa inggris. Misalnya Ursula Majors untuk Rasi Bintang Biduk, dan lain sebagainya.
Pada nama-nama bintang yang tertera, saat kita klik maka akan muncul informasi lebih detil. Di pojok kiri atas layar bila diklik, kita akan diajak tur untuk melakukan perjalanan singkat ke beberapa tempat paling persektif di galaksi. 

Bagi guru atau orang tua, menarik juga untuk mengajarkan ilmu perbintangan pada anak-anak. Tertarik? Klik link ini: 100,000 Stars.



 
Sumber:
okezone

Jumat, 07 Desember 2012

0 Alasan Kita Susah Mengingat Masa Bayi

Umumnya orang dewasa tidak bisa mengingat masa-masa saat bayi secara keseluruhan. Hanya ada sedikit sekali yang menetap dalam memori otak, terutama pada hal yang punya arti penting - seperti perceraian, berpisah dari orang tua, atau masalah traumatik lainnya.

Mengapa ini bisa terjadi? Pada otak manusia terdapat wilayah otak yang disebut hippocampus, fungsinya mengumpulkan dan menghubungkan semua kepingan memori jadi satu. Misalnya, memori suara diproses dalam korteks pendengaran (di sisi otak), sementara memori visual dikelola korteks visual (di bagian belakang).

 
Hippocampus, terselip sangat rapi di tengah otak, bertanggung jawab menarik semua memori bersama-sama dan mengikatnya. Ini diibaratkan seperti kita mengumpulkan tangkai-tangkai bunga dan merangkai jadi satu - buket bunga.

Itu juga satu alasan mengapa mimpi disebut bunga tidur. Menurut Patricia Bauer dari Emory University, Atlanta, “Jika Anda merasa korteks merupakan bunga tidur, terdapat bunga di seluruh bagian kepala Anda.”

Jadi, mengapa seraya berkembang dewasa, seseorang tidak bisa merekam episode tertentu dalam hidupnya?

 
Bagian berwarna oranye adalah hippocampus / smithsonianmag.com
Walau semua memori dikumpulkan oleh hippocampus, ada hal lain terkait masalah ini. Manusia mempunyai dua macam memori, yakni memori semantik dan memori episodik.

Memori semantik adalah ingatan singkat. Contohnya, seorang anak akan ingat ia harus bilang "tolong" saat meminta sesuatu, atau "terima kasih" bila mendapat apa yang diinginkan.

Sementara memori episodik merupakan kenangan yang lebih terperinci. Misalnya kita - yang sudah dewasa - masih mengingat proses saat pertama kali masuk SMP, atau kenangan di SMA, dan lainnya.

Kemungkinan pada masa kanak-kanak, memori semantik lebih penting daripada memori episodik. Menurut psikolog Nora Newcombe dari Temple University, Philadelphia, ini yang disebut seleksi kenangan. Memori episodik tak perlu rumit saat anak baru mulai belajar bagaimana cara kerja dunia.

“Saya rasa tujuan utama dua tahun pertama adalah memperoleh pengetahuan semantik dan dari sudut pandang itu, memori episodik mungkin sebenarnya adalah gangguan,” kata Newcombe.

 
Anak bisa mengingat

Menarik, walau para peneliti telah mengemukakan kesimpulan di atas, ada penemuan baru yang mencengangkan. Anak-anak ternyata dapat mengingat kenangan dari usia 18 bulan, namun melupakannya antara usia empat dan tujuh. Sebelumnya dianggap bahwa anak-anak di bawah usia empat tidak memiliki kemampuan kognitif untuk mengenang masa-masa itu.

Peneliti di Memorial University of Newfoundland di Kanada menemukan bahwa anak-anak berumur empat bisa mengingat kenangan bayi. Carole Peterson, profesor psikologi yang melakukan penelitian itu, mengatakan bahwa timnya menemukan anak-anak yang sangat muda punya banyak kenangan bayi.

 
Peneliti mendapati bahwa mereka yang berusia antara empat dan tujuh ketika pertama kali diwawancarai tidak bisa mengingat kenangan awal mereka - bahkan ketika diberi petunjuk yang spesifik.

Namun, sepertiga anak-anak yang berusia antara 10 dan 13 tahun di awal penelitian mengingat kembali kenangan yang sama pada kedua titik waktu.

Hasil penelitian itu menunjukkan kenangan berumur panjang dan padat terbentuk pada atau setelah usia 10 tahun, sebelum kenangan ini menjadi lebih rentan dan memudar.

Satu penjelasan yang memungkinkan adalah, anak-anak yang berusia sangat muda meng-encode memori mereka dengan cara yang berbeda dibandingkan anak yang lebih tua, menurut Patricia Bauer dari Emory University.

Otak manusia masih terus menyimpan misteri soal kompleksnya ciptaan Tuhan, bukan?

Kamis, 06 Desember 2012

0 ElBaradei dan Israel Dicurigai Gulingkan Mursi

 ElBaradei dan Israel Dicurigai Gulingkan Mursi
Mohamed Elbaradei
Jaksa Agung Mesir, Talaat Ibrahim mencurigai mantan kandidat presiden, Amr Moussa dan Ketua Partai Konstitusi, ElBaradei telah memata-matai dan berusaha menggulingkan pemerintahan Mursi.

Mereka juga bergerak bersama mantan kandidat presiden lainnya Hamdeen Sabahi dan Presiden Partai Wafd, Al-Sayed al-Badawy, serta Kepala Kehakiman Ahmed al-Zend.

Seperti diberitakan Al-monitor, Kamis (6/12), pernyataan yang diajukan pengacara Hamed Sadeq itu mengatakan Moussa bertemu dengan Mantan menteri luar negeri Israel Tzipi Livni dan bersepakat untuk melawan Presiden Mesir Mohamed Mursi.

Kesepakatan itu membuat krisis di internal mesir. Pernyataan itu juga menegaskan Moussa berkoordinasi dengan anggotanya untuk menarik diri dari Majelis Konstituante yang bertugas menyusun konstitusi.

Kelompok tersebut juga melibatkan berbagai kelompok di masyarakat untuk mengacaukan rezim. Mereka dinilai menghasut massa untuk menggulingkan pemerintah dan revolusi dibatalkan.

Gabungan orang-orang tersebut dilaporkan bertemu di markas Partai Wafd untuk melaksanakan rencana zionis. Rencana tersebut bertujuan mengganggu stabilitas internal, menyebar kekacauan dan menggulingkan pemerintahan.

Pernyataan itu menuntut agar orang-orang tersebut dilarang bepergian ke luar negeri. Mereka harus diselidiki untuk tuduhan melakukan upaya menggulingkan pemerintah.
Mereka juga dicurigai menjadi mata-mata untuk lembaga asing serta menyembunyikan lokasi markas Partai Wafd yang dijadikan tempat pertemuan.[rol]

Selasa, 04 Desember 2012

0 Iran Tangkap Pesawat AS, Ini Rahasianya


Iran Tangkap Pesawat AS, Ini Rahasianya
Pasukan Elit (Garda Revolusi) Iran
Untuk yang kedua kalinya Iran mengklaim berhasil menangkap pesawat mata-mata milik Amerika Serikat (AS). Dibalik keberhasilan itu, Iran memiliki kemampuan yang tak terduga.

Christian Science Monitor dalam laporannya menulis, para ahli Iran mendaratkan pesawat tanpa awak Amerika Serikat dengan mengubah data-data GPS pada pesawat tersebut.

FNA (4/12)  seperti dikutip laman IRIB menyebutkan,  Christian Science Monitor dalam laporan terbarunya menganalisis metode yang digunakan pasukan angkatan laut Pasdaran untuk menangkap pesawat tanpa awak ScanEagle di perairan Teluk Persia.

Memperingati satu tahun penangkapan pesawat tanpa awak RQ170 "Sentinel" oleh pasukan Iran, Panglima Angkatan Laut Pasdaran, Laksamana Ali Fadavi, mengkonfirmasikan penangkapan pesawat tanpa awak ScanEagle.

Christian Science Monitor memperkirakan bahwa cara yang digunakan pasukan Iran untuk menjebak ScanEagle adalah dengan memanipulasi data GPS pada pesawat tersebut.

Menurut laporan yang ditulis oleh Peterson itu, jika klaim Iran menangkap pesawat tanpa awak itu benar, maka Republik Islam berhasil menggunakan cara yang sebelumnya digunakan untuk menangkap drone RQ170.

Peterson berpendapat, dengan memanipulasi data-data GPS, pasukan Iran memaksa pesawat itu mendarat di wilayah Iran.[rol]

0 Mengapa Israel Membunuh Kepala Militer Hamas?

Mengapa Israel Membunuh Kepala Militer Hamas?
Ahmad al-Jabari
Fakta dibalik operasi pilar pertahanan di Gaza belum diinvestigasi, meski saat ini pertempuran telah berakhir.

Dalam artikelnya yang dimuat Haaretz, Reuven Pedatzur menegaskan penyelidikan terhadap keputusan rezim Israel membunuh kepala militer Hamas, Ahmed Jabari perlu dilakukan.

Terlebih, keputusan membunuh kepala militer Hamas, Ahmed Jabari dalam operasi itu terbuka diambil meskipun dia terlibat dalam negosiasi kesepakatan gencatan senjata.

Seperti diberitakan Haaretz, beberapa jam sebelum pembunuhan terjadi, Jabari menerima rancangan atau draf perjanjian gencatan senjata permanen dengan Israel.

Dia juga berencana merespons draf itu secepatnya. Komunikasi langsung dengan Jabari sudah  terjadi dalam hitungan bulan melalui Menteri Luar Negeri Hamas, Ghazi Hamad, dengan sepengetahuan dan persetujuan Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak.

Komunikasi dengan Hamas dilakukan Gerson Baskin, yang bertindak sebagai perantara dalam kesepakatan untuk pengembalian tentara, Gilad Shalit saat diculik.

Baskin melaporkan kemajuan draf perjanjian kepada anggota dari komite khusus yang ditunjuk Barak pada Mei. Komite itu juga melibatkan wakil-wakil dari departemen pemerintah lainnya.

Dalam kata lain, menurut Padetzur,  para pengambil kebijakan termasuk Menteri Pertahanan dan juga Perdana Menteri Benjamin Netanyahu tahu mengenai peran Jabari dalam perkembangan perjanjian gencatan senjata permanen.
Menurut Padetzur, Jabari merupakan orang kuat di jalur Gaza sehingga Hamad mengirimkan setiap rancangan draf yang dipersiapkan dengan Baskin kepadanya untuk minta persetujuan.

Pihak lain dalam negosiasi gencatan senjata permanen tersebut juga termasuk pejabat intelijen Mesir. Sejumlah pertemuan antara Baskin dan Hamad berlangsung di Kairo. Para pejabat intelijen Mesir berhubungan secara rutin dengan utusan Barak sehingga orang bisa berasumsi bahwa selain Baskin, mereka juga memberi Israel informasi tentang kemajuan rancangan perjanjian.

Tidak ada rencana negosiasi antara Baskin dan Hamad dihentikan. Namun, sekitar seminggu sebelum pembunuhan Jabari, para pejabat militer Israel meminta izin pada komandan mereka untuk bertemu dengan Baskin untuk briefing. Tapi, izin ini ditolak.

Dengan demikian, keputusan untuk membunuh Jabari menunjukkan para pembuat kebijakan tidak menginginkan adanya gencatan senjata dan lebih memilih menyerang Hamas. Hal ini memperlihatkan Israel ingin menunjukkan kekuatannya pada Hamas ketimbang mencapai kesepakatan.

Dalam pandangan pertahanan, perdana menteri, dan kementerian biro pertahanan, perjanjian gencatan senjata merusak kekuatan dan melemahkan citra Israel. Pandangan ini menilai, peningkatan kekuatan akan didapat dengan membunuh Jabari yang bertanggung jawab merespon tawaran gencatan senjata jangka panjang.

Dengan cara ini, kata Padetzur, pemimpin Israel bisa diibaratkan membunuh tiga burung dengan satu batu. Mereka membunuh orang yang memiliki kekuatan untuk membuat kesepakatan dengan Israel. Mereka membalas dendam pada orang yang menyebabkan beberapa warga Israel mati dan memberi sinyal pada Hamas bahwa komunikasi hanya bisa dilakukan melalui cara-cara militer.

Selain operasi pilar pertahanan tidak sesuai harapan, para pengambil keputusan harus menjawab satu pernyataan penting. Jika mereka tahu ada kemungkinan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata tanpa perang, mengapa mereka membunuh Jabari yang berarti menghilangkan kesempatan untuk perdamaian tanpa perlu tembakan senjata?

Apakah mungkin Barak dan Netanyahu takut kesempatan untuk melakukan operasi militer di akhir pemerintahannya akan menyingkirkan mereka, hingga akhirnya mereka menyingkirkan Jabari lebih dahulu?

Untuk itu, lanjut Padetzur, motif dari pembunuhan Jabari dinilai perlu dicurigai. Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Israel harus menjelaskan keputusan mereka dalam pembunuhan Jabari ini.[rol]

0 Unsur Kehidupan Ditemukan di Mars

Unsur Kehidupan Ditemukan di Mars
Foto Planet Mars diambil dari Spirit Rover milik NASA (Ilustrasi
 Badan luar angkasa Amerika Serikat, NASA, terus melakukan penelitian di Planet Mars. Pesawat luar angkasa NASA, Curiositu Rover, menemukan beberapa zat organik di Planet Merah tersebut.

Penemuan itu semakin  menguatkan jika ada kehidupan di Mars, sehingga Mars dinilai bisa menjadi planet alternatif tempat tinggal manusia bumi di masa depan.

NASA mengumumkan hasil analisis laboratorium kimia, Senin (3/12) kemarin. Mereka mengambil sampel tanah dari permukaan Mars. Sampel tersebut mengisyaratkan kandungan air dan campuran zat kimia di Mars.

Namun, ilmuwan NASA belum memastikan apakah ada kehidupan di Mars. Sebab, kehidupan membutuhkan ikatan molekul karbon yang kompleks.

Penemuan tersebut memverifikasi hasil dari pesawat ruang angkasa NASA sebelumnya, the Phoenix Lander. Pada 2008, pesawat itu menemukan air, sulfur, dan garam yang sangat reaktif dengan sebutan perchlorate.

Salah satu ilmuwan NASA, Paul Mahaffy tidak terkejut dengan temuan tersebut. Seperti disadur dari PressTV, Mahaffy mengatakan sampel dari tanah Mars itu telah terkena imbas lingkungan Mars dan radiasi yang merusak karbon.

NASA mengatakan robot senilai 2,5 juta dolar AS akan segera mengeksplorasi gunung di Mars. Misi robot itu untuk menemukan karbon dengan ikatan yang kompleks di Mars. Gambar dari luar angkasa memperlihatkan gunung tersebut setinggi tiga mil dan memiliki sejumlah lapisan di dasarnya.

Peneliti Senior di Universitas Arizona menjelaskan lapisan paling dasar Mars memiliki kandungan paling tua dan berpotensi menjadi sampel karbon. Namun, sampel-sample tersebut baru bisa didatangkan pada awal tahun depan.[rol]

0 Iran Tangkap Pesawat Mata-Mata AS

Iran Tangkap Pesawat Mata-Mata AS
Bendera Iran/ilustrasi
 Iran telah ‘menangkap’ sebuah pesawat mata-mata tak berawak milik Amerika Serikat di sekitar perairan Teluk. Pengawal Revolusi seperti dikutip AFP menjelaskan, hal itu terjadi setelah wahana tempur ini memasuki wilayah udara Iran.
“Pesawat tak berawak AS yang berpatroli di perairan Teluk Persia untuk melakukan kegiatan mata-mata dan mengumpulkan data-data intelijen ini ditangkap begitu memasuki wilayah udara Iran,” kata pasukan elit Angkatan Laut Iran seperti dilaporkan stasiun televisi nasional IRIB.
Ditambahkan pula bahwa tipe pesawat tak berawak ini yaitu jenis ScanEagle yang tinggal landas dari kapal induk.
Hanya saja, Iran tidak memerinci bagaimana wahana tempur udara tak berawak ini ditangkap.

Senin, 03 Desember 2012

0 Negara Palestina, Butuh Perjuangan Bersenjata


Seorang pejabat senior Hamas, Osama Hamdan pada Ahad (2/12) mengatakan, sebuah negara Palestina tanpa perjuangan bersenjata melawan Israel adalah ilusi dan tidak akan menambahkan sesuatu untuk rakyat Palestina.

Hamdan, yang berdomisili di Beirut, menuturkan hasil voting di Majelis Umum PBB Kamis lalu terkait peningkatan status Palestina merupakan langkah politik, tapi bukan kemenangan atau prestasi besar. Demikian dilaporkan harian Jerusalem Post.

Dia menambahkan bahwa Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) sudah memiliki perwakilan di PBB. "PLO telah membayar harga politik yang berat untuk representasi ini karena mereka telah melepas klaimnya atas tanah tahun 1948," tegas Hamdan.

"Oleh karena itu, pencapaian sebenarnya terletak pada pembebasan seluruh tanah pendudukan dan kembalinya para pengungsi Palestina ke tanah air mereka. Ini adalah prestasi yang patut dihormati dan disyukuri oleh semua," tambahnya. (IRIB Indonesia/RM)

Minggu, 02 Desember 2012

0 Sopir Taksi Ini Kembalikan Uang Rp 8 M Yang Tertinggal

Dewasa ini amat sulit menemukan orang jujur, apalagi di zaman serba susah sekarang ini. Namun bukan berarti orang yang jujur dan berhati bersih sudah tidak ada sama sekali.

Pasangan turis asal Thailand kehilangan uang tunai ribuan dollar singapura saat berlibur. Mereka meninggalkan uang tunai sebesar lebih dari Rp 8 Milliar di bangku belakang taksi yang di tumpanginya.


Sian Ka Tian, sopir jujur kebanggaan perusahaan taksinya

Beruntung, sang sopir taksinya, adalah Sia Ka Tian, seseorang yang jujur dan berhati bersih. Ia melaporkan dan mengembalikan uang tunai yang tersimpan dalam kantong tersebut ke kantor perusahaannya yang akhirnya dikembalikan kepada pasangan turis Thailand tersebut.

Jarang-jarang sekali kita menemukan sopir taksi sejujur ini yang tidak silau oleh harta.

SUMBER

0 Ini Tips Aman Agar Terhindar dari Petir

Petir (ilustrasi)
Petir (ilustrasi) (abcnews.go.com)
Petir memang menyimpan ancaman, yang bisa mengakibatkan kebakaran, rusaknya peralatan elektronik, bahkan dapat mengakibatkan kematian. Memasuki musim hujan, masyarakat pun diminta waspada dengan adanya ancaman petir ini.  Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengantisipasi bahaya petir?

Jika Anda berada dalam gedung yang tinggi, tidak perlu khawatir. Sebab, setiap gedung tinggi telah dilengkapi dengan sistem proteksi petir.

"Orang di sekitar gedung tinggi juga tidak ada ancaman. Potensi buruk yang mungkin ada, paling peralatan kontrol maupun telekomunikasi yang bisa rusak. Ini ancaman yang sifatnya tidak langsung," jelas Reynaldo Zoro, ahli petir di Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi dan Arus Tinggi Kelompok Keilmuan Ketenagalistrikan Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI), Institut Teknologi Bandung kepada VIVAnews, Senin 5 November 2012.

Lapangan terbuka juga menjadi tempat yang selama ini diketahui rawan petir. Jika berada di lapangan bebas saat petir datang, Zoro kemudian mengungkap tips amannya.

"Jika di area ini, rapatkan kaki, jongkok, kepala ditundukkan. Kalau Anda sedang golf, stiknya taruh di sebelah Anda, jangan berteduh di bawah pohon. Jika berteduh di bawah pohon, harus berjarak 1 sampai 1,5 meter dari pohon atau dari dahan," sarannya.

Petir juga mengancam wilayah perkampungan. Untuk itu Zoro meminta masyarakat memasang sistem proteksi sederhana.

"Pakai pipa besi 2 inci terus disambung 1,5 inci lagi. Posisinya lebih tinggi 2 meter dari ketinggian rumah. Biar petir mengarah ke tiang tersebut," katanya.

Menurutnya, dalam proteksi petir yang terpenting adalah melindungi jiwa orang-orang di sekitar area sambaran petir. Soal perangkat elektronik rusak tidak masalah. Meski begitu Zoro menyarankan hendaknya peralatan elektronik memiliki desain rancangan khusus untuk menghadapi ancaman petir.

Petir di Jakarta
Zoro juga menyoroti soal potensi petir di wilayah Jakarta. Meski dia sebelumnya menyebutkan bahwa Jakarta Selatan merupakan wilayah yang memiliki potensi sambaran petir yang tinggi dibandingkan wilayah Jakarta lainnya.

"Untuk petir di Jakarta tergantung iklim cuaca. Tadinya DKI banyak pohon-pohon, sekarang banyak pabrik-pabrik dan gedung-gedung, ini menyumbang aerosol (partikel bebas). karena bangunan semua dan industri memberi sumbangan aerosol ke udara," katanya. 
Dengan kondisi tersebut, Zoro menjelaskan bahwa intensitas petir di Jakarta kini semakin tinggi dibanding sebelumnya. Wilayah Jabodetabek menurutnya, secara umum mempercepat polutan yang kemudian mempercepat petir karena adanya aerosol.

Zoro melanjutkan dengan adanya pembukaan kawasan baru, akan membuat cuaca di sekitar daerah tersebut berubah. Perubahan cuaca tersebur berpotensi menimbulkan petir lebih banyak.

Ia menyarankan jika di ibukota ini terdapat pembukaan lahan baru, dia meminta dibuat sistem proteksi yang melindungi kawasan baru dan daerah di sekitarnya.

"Buat proteksi kawasan, lampu-lampu atau rumah tinggi dirancang dengan alat tahan petir dan juga lindungi sekelilingnya. Orang yang mampu buat proteksi ke lingkungan tertentu, misalnya, harusnya melindungi orang-orang yang ada di jalanan sekitarnya dengan sistem proteksi tersebut," ujarnya. (vivanews)

0 Amerika Pernah Berniat Mengebom Bulan?

Petinggi militer Amerika diduga merancang proyek rahasia, Project A119

Pemandangan bulan saat gerhana di  atas Sydney Harbour Bridge, Australia
Pemandangan bulan saat gerhana di atas Sydney Harbour Bridge, Australia (REUTERS/ Tim Wimborne)
Perang Dingin antara dunia barat pimpinan Amerika Serikat dan dunia komunis pimpinan Uni Soviet sejak 1947 menciptakan suasana tegang dan saling ujuk gigi di kedua kubu. Rupanya persaingan kedua kubu ini sampai menyeret-nyeret Bulan, satelit Bumi.

Petinggi militer Amerika diduga merancang proyek rahasia bernama 'A Study of Lunar Research Flights' atau 'Project A119.' Harapan Amerika, Uni Soviet  akan terintimidasi saat melihat kilatan nuklir dari Bumi, seperti dikutip dari laman The Telegraph.

Hal ini terungkap setelah seorang ahli yang ikut dalam proyek tersebut, Leonard Reiffel, buka mulut. Menurut fisikawan itu, proyek A119 diharapkan meningkatkan moral Amerika setelah Uni Soviet sukses meluncurkan Sputnik tahun 1957.

Semula, dikutip dari laman The Sun, Amerika Serikat ingin menggunakan bom atom karena bom hidrogen dinilai terlalu berat. Perencanaan dan perhitungan proyek ini juga melibatkan astronom Carl Sagan, saat dia baru saja lulus.

Namun, pejabat militer akhirnya mengesampingkan ide ini, yang akan dilakukan 1959, karena khawatir berefek buruk ke Bumi jika ledakannya gagal.

Dokumen proyek ini menjadi rahasia selama 45 tahun dan pemerintah Amerika Serikat tidak pernah secara resmi mengonfirmasi keterlibatannya dalam penelitian tersebut.

Alih-alih meledakkan bulan, Amerika Serikat pada akhirnya keluar sebagai pemenang dalam Perang Antariksa melawan Uni Soviet saat Neil Armstrong menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan pada bulan Juli 1969. (vivanews)

0 Uni Eropa: Pemukiman Israel Ilegal!

Uni Eropa: Pemukiman Israel Ilegal!
Seorang gadis Palestina mencoba meninju seorang tentara Israel saat unjuk rasa memprotes perluasan permukiman Yahudi di desa Halamish, dekat Ramallah, Jumat (2/11).
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton menyatakan rencana pembangunan tiga ribu pemukiman di Tepi Barat dan Yerusalem Timur, adalah ilegal berdasarkan hukum internasional.

Ashton menyebut pihaknya berulang kali mendesak Israel membatalkan rencana tersebut. "Uni Eropa telah berulang kali menyatakan semua pembangunan pemukiman adalah ilegal berdasarkan hukum internasional, dan ini menjadi hambatan bagi perdamaian," tegasnya seperti disitat dari AFP.

"Saya, lanjut Ashton, "meminta Pemerintah Israel menunjukkan komitmennya terhadap pembaruan negosiasi untuk mengakhiri konflik, sementara pendudukan ini tidak sesuai dengan rencana perdamaian."

Ashton menuturkan saat debat peningkatan status Palestina di PBB, pihaknya mendesak kedua belah pihak melanjutkan negosiasi perdamaian, tanpa penundaan ataupun prasyarat apapun. Namun, Israel yang dengan percaya diri mampu membangun kembali perundingan, justru merusaknya dengan rencana pemukiman.

Reaksi masyarakat internasional, kata Ashton, akan sangat berpengaruh pada sejauh mana perluasan pemukiman Israel.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri negeri Arab Saudi dan Turki mengutuk rencana Israel tersebut. Harian Israel, Hurriyet mengabarkan, warga Israel naik pitam saat Presiden Otoritas Palestina, Mahmoud Abbas berpidato usai mendapatkan status baru Palestina di PBB.

Mereka menganggap resolusi PBB yang meningkatkan status tersebut telah mengabaikan keamanan negara Yahudi. PBB dianggap memberikan kedaulatan negara Palestina kepada Abbas untuk mendapat pengakuan dunia.

Tak terima dengan putusan Majelis Umum PBB yang menaikkan status Palestina, Israel kemudian menyatakan rencana pembangunan ribuan rumah tersebut. Namun Israel membantah pemukiman tersebut dicanangkan atas jawaban terhadap peningkatan status Palestina di PBB.[ROL]

0 FIFA: Selamat Palestina

FIFA: Selamat Palestina
Sepp Blatter
 Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi menyampaikan selamat kepada Palestina, sebagai negara yang diakui eksistensinya di mata dunia.
Hasil pemungutan suara Majelis Umum PBB, Kamis (29/11) yang mengangkat status Palestina sebagai 'negara pengamat non-anggota' di PBB, membuat suasana suka cita juga menyelinap di tubuh FIFA.
Tak lebih dari sepekan pascalahirnya keputusan peningkatan status Palestina, Presiden FIFA, Sepp Blatter lantas mengucapkan selamat kepada Essociation Palestina Football (FA), selaku badan sepak bola tertinggi di Palestina.

"Saya senang mendengar berita ini dari New York, silakan kirim ucapan selamat kepada Palestina, Mahmoud Abbas," tulis pesan yang diberikan Sepp Blatter kepada Kepala Asosiasi Sepak Bola Palestina, Jibril Al Rajoub, dilansir Goal, Ahad (2/12).[rol]

0 Pasok Senjata ke Suriah, Iran Manfaatkan Jalur Udara Irak


Pasok Senjata ke Suriah, Iran Manfaatkan Jalur Udara Irak
Tank Suriah
Jalur udara di Irak muncul sebagai alur pasokan senjata pemerintah terkepung Presiden Suriah Bashar al-Assad, termasuk roket, peluru kendali anti-tank, roket peluncur granat dan mortir, kata "The New York Times" pada Sabtu malam.

Dengan mengutip keterangan pejabat AS, yang tidak disebutkan namanya, suratkabar tersebut mengatakan bahwa itu mengecewakan pemerintahan Presiden Barack Obama dan AS berupaya membujuk Irak secara acak memeriksa penerbangan, yang sebagian besar tidak berhasil.

Iran memiliki saham besar di Suriah, yang merupakan sekutu setia Arab dan juga telah menyediakan saluran untuk dukungan Iran terhadap Gerakan Islam Hisbullah Lebanon, kata laporan itu.

Menurut surat kabar itu, Iran tampaknya telah diinformasikan oleh pejabat-pejabat Irak ketika inspeksi pesawat akan dilakukan, sehingga membantu Teheran menghindari deteksi.

Upaya Iran untuk membantu pemerintah Suriah telah dijelaskan dalam wawancara dengan belasan pejabat pemerintah AS, militer dan Kongres, kata The Times. "Penyalahgunaan wilayah udara Irak oleh Iran terus menjadi perhatian," kata surat kabar itu mengutip salah satu pejabat.

"Kami mendesak Irak untuk rajin dan konsisten dalam memenuhi kewajiban dan komitmen internasionalnya, baik dengan terus meminta inspeksi penerbangan di atas wilayah Irak dalam perjalanan ke Suriah dari Iran atau dengan menolak permintaan penerbangan pesawat Iran ke Suriah."[rol]

0 Israel Siagakan Radar Pendeteksi Rudal Iran

Israel Siagakan Radar Pendeteksi Rudal Iran
Patriot Pac-3, sistem pertahanan antirudal Israel yang siap menangkal serangan udara dari Hamas atau Hizbullah.
Israel yang mulai patah arang karena usahanya menghalangi Palestina di Majelis Sidang Umum PBB kini tak lagi mendapat dukungan dari dunia Internasional.

Iran yang semula pernah berniat akan menyerang Israel kini makin bersemangat. Israel yang cemas akan serangan rudal dari Iran kini mulai mengambil ancang-ancang jika sewaktu-waktu rudal Iran melesat ke negaranya.

Langkah-langkah antisipasi Israel dengan menempatkan radar buatan X-band dan Eitan drone di dataran tinggi Azerbaijan. Sebagaimana dilaporkan harian Israel, Sunday Times, Ahad (2/12), mesin yang sudah diaktifkan tersebut dapat mendeteksi rudal yang ditembakkan dari Iran.

Selanjutnya Jerusalem akan mengerahkan drone raksasa yang ditempatkan tak jauh dari Azerbaijan untuk menembaki rudal Iran tersebut sebelum mencapai Israel.

Lebih lanjut Sunday news menerangkan kecanggihan radar X-band buatan AS itu dapat mendeteksi rudal Iran yang ditembakkan dari jarak seribu km dari arah Timur Laut. Saat ini mesin radar X-band sudah siaga di pangkalan udara Nevatim di Negev.

Sayangnya, radar pendeteksi rudal Iran tersebut hanya memiliki jeda waktu maksimal 13 menit sebelum mencapai Israel. Israel dirasa akan kalang kabut jika ada sistem pendeteksi rudal itu ada masalah, atau jumlah rudal yang dideteksi telalu banyak hingga melebihi kapasitas deteksinya.[republika]

search

YANG NYASAR DI BLOG