Pages

Jumat, 12 Oktober 2012

0 Kemunculan UFO Bikin Panik Militer Israel

 
Jalur penerbImage-21angan umum Israel sempat ditutup kemarin pagi. Ini terjadi setelah obyek terbang tidak dikenal (UFO) terlihat di wilayah udara Israel.
Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Rabu (10/10), Angkatan udara Israel langsung mengirim sejumlah jet tempur untuk mengusir obyek itu. Hingga berita ini dilansir, belum ada keterangan benda apa itu. Setelah beberapa menit, jalur penerbangan sipil dibuka lagi.
Kehebohan ini menjadi yang kedua setelah akhir pekan lalu satu F-16 negara Zionis itu menembak jatuh pesawat intai tanpa awak. Stasiun radio militer Israel dan surat kabar Yediot Ahronot kemarin menulis pesawat mata-mata milik Hizbullah itu terbang di atas Gurun Negev, selatan Israel.
Tembakan pertama menggunakan peluru kendali Panther meleset. Baru pada tembakan kedua, pesawat tak bersenjata itu berhasil dijatuhkan. Tel Aviv curiga pesawat ini berupaya mengintai reaktor nuklir Dimona di daerah itu. "Ini bukan kegagalan, tidak ada pasukan di dunia ini dengan sistem pertahanan seperti Israel mampu mencegah penyusup," ujar sumber dari angkatan udara Israel tidak disebutkan namanya, seperti dikutip Yediot.
Koran Haaretz melaporkan pesawat intai itu terbang sekitar setengah jam di atas langit Israel. Pihak militer Israel belum mau mengomentari kemunculan UFO atau insiden pekan lalu itu. Juga tidak ada keterangan di kota mana UFO terlihat[konspirasi]

0 Shalat di Masjid Jin

Shalat di Masjid Jin
Masjid Jin


‘’Ternyata sama saja seperti masjid lainnya, tempat shalat,’’ itulah komentar Mappaewa, jamaah calon haji dari Kloter 1 Makassar, seusai mengunjungi Masjid Jin.  Masjid ini memang  tak sehebat  kisahnya.

Masjid Jin terletak di Jalan Sulaimaniyah, Makkah. Bangunannya seperti masjid biasa pada umumnya. Dari sisi arsitektur pun tak ada yang spesial. Masjid ini, diapit oleh gedung-gedung besar. Posisinya tepat di pinggir jalan raya.

‘’Hari ini, kami bersebelas memutuskan untuk tak shalat di Masjidil Haram, tapi di Masjid Jin ini,’’ kata Mappaewa. Ia sangat penasaran untuk mengunjungi masjid itu karena membaca kisahnya lewat buku sejarah.

‘’Saya pernah mendengar masjid ini pernah akan dibongkar dan ditolak para jin,’’ tutur Mappaewa.  Ia mengaku tak melihat ada sesuatu yang aneh di Masjid Jin. ‘’Saya juga pernah shalat Subuh di sini.’’

Masjid ini letaknya dekat dengan pemondokan jamaah haji Indonesia, sektor 4.  ‘’Kami ke sini jalan kaki, jaraknya hanya 400 meter dari pemondokan.’’ Tak hanya jamaah calon haji Indonesia yang shalat dan berkunjung ke Masjid Jin.

Siang itu, jamaah haji dari Bangladesh, India, serta Pakistan juga berbondong-bondong shalat di Masjid Jin. Masjid yang bermenara satu ini terdiri dari dua lantai. Lantai pertama untuk tempat shalat jamaah pria.

Jamaah wanita disediakan tempat shalat di lantai dua yang luasnya hanya sepertiga lantai pertama. Masjid Jin hanya mampu menampung sekitar 150 jamaah.  Masjid Jin terletak di Kampung Jin.  ‘’Di kampung ini banyak tinggal orang-orang yang berasal dari Indonesia,’’ ungkap Zaini, seorang mukimin.

Sehabis shalat Dzuhur,  seorang pria bangkit sambil menggendong anaknya yang menderita polio. Pria itu  berpidato yang isinya meminta bantuan untuk membiayai anaknya.  Ia lalu  berdiri di depan pintu keluar dan jamaah pun memberinya lembaran riyal sebagai sedekah.

Lantas apa yang spesial dari Masjid Jin?  Tentu saja sejarahnya. Masjid Jin merupakan salah satu tempat bersejarah di Tanah Suci, Makkah.  Jin seperti halnya manusia adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT untuk beribadah.

‘’Tidaklah Kami ciptakan jin dan manusia, kecuali untuk beribadah kepada-Ku." (Adz-Dzariyat [51]: 56).  Sama seperti manusia, jin pun terbagi dua; Muslim dan kafir.  Alquran menerangkan tentang adanya jin yang menyatakan keislamannya.

"Telah diwahyukan kepadaku bahwa sekumpulan jin mendengarkan Alquran. Lalu, mereka berkata, `Sesungguhnya, kami telah mendengarkan Alquran yang menakjubkan, yang memberi petunjuk kepada jalan yang benar. Karena itu, kami memercayainya dan kami tidak akan mempersekutukan Allah SWT dengan siapa pun juga." (QS  Jin [72] ayat 1-2).

Menurut catatan sejarah, suatu hari Rasul SAW bersama para sahabat sedang melaksanakan shalat Subuh. Ketika itu, Rasul SAW membaca surah Ar-Rahman [55] ayat 1-78. Dalam surah Ar-Rahman ini terdapat beberapa ayat yang berbunyi, "Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Saat ayat itu dibacakan,  para jin yang hadir saat itu langsung menjawab, ’’Wahai Tuhan kami, sesungguhnya kami tidak mendustakan nikmat-Mu sedikit pun. Segala puji hanya bagi-Mu yang telah memberikan nikmat lahir dan batin kepada kami."

Ibnu Mas’ud mengaku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘’Aku didatangi juru dakwah dari kalangan jin. Lalu, kami pergi bersamanya, dan aku bacakan Alquran kepada mereka."

Masjid  Jin merupakan saksi keimanan para jin tehadap kerasulan Nabi Muhammad SAW. Alkisah, para Jin berencana menuju Tihamah. Mereka lalu mendengar lantunan ayat suci Alquran. Para jin itu takjub saat mendengarkan lantunan Alquran.

Saat itulah, para jin kemudian berdialog dengan Rasulullah SAW. Mereka kemudian menyatakan keimanannya. Mereka kemudian menyampaikan hal itu kepada kaum jin.  Para jin lalu berbaiat dengan Rasul SAW. Peristiwa itu  diabadikan dalam Alquran surah Al-Ahqaf [46]: 29-32.

Subhanallah, meski secara arsitektur tak ada yang istimewa dari Masjid Jin ini, ternyata nilai sejarahnya begitu luar biasa.

Satu lagi, tempat bersejarah yang dulu diajarkan di bangku sekolah akhirnya bisa saya kunjungi di Tanah Suci ini. Alhamdulillah...[republika]

0 Inilah Lafaz Syahadat pada Cincin Obama

Inilah Lafaz Syahadat pada Cincin Obama
Barack Obama
Seorang pakar Islamologi asal AS, Mark A Gabriel, meneliti foto-foto tentang cincin milik Presiden Barack Obama yang belakangan beredar di internet. Menurut analisanya, cincin yang selalu dikenakan Obama di jari manis tangan kirinya itu benar memiliki ukiran bermotif kaligrafi lafaz syahadat.

"Saya menyimpulkan bahwa kalimat pertama syahadat terukir di cincin itu," katanya seperti dilansir laman World Net Daily (WND).

Ia menjelaskan, kaligrafi kalimat 'La Ilaha Illallah' pada cincin Obama terbagi dalam dua bagian. Di bagian atas, tertulis huruf Arab, Lam, Alif, Alif, Lam, dan Ha yang dibaca dari kanan ke kiri. Susunan huruf tersebut membentuk frasa 'La Ilaha' yang artinya 'Tidak Ada Tuhan'.

Lalu pada bagian bawah, terukir huruf Alif, Lam, Alif, Alif, Lam, Lam dan Ha. Susunan huruf-huruf tersebut membentuk frasa 'Illa Allah' yang bermakna 'Selain Allah'. Jika kedua bagian tersebut dibaca bersambung maka akan terbentuk kalimat 'La Ilaha Illallah' yang bermakna 'Tiada Tuhan Selain Allah'.

"Adalah suatu hal yang lumrah dalam seni Islam dan kaligrafi Arab untuk menuliskan pesan-pesan Alquran dalam perhiasan. Huruf-huruf tersebut juga biasa dibuat tumpang tindih agar pas dengan ruang yang ada," ujar Gabriel.

sumber

Kamis, 11 Oktober 2012

0 Pesawat tanpa Awak yang Ditembak Israel Ternyata Milik Hizbullah


Sekretaris Jenderal Gerakan Muqawama Islam Lebanon (Hizbullah) secara resmi menyatakan bahwa pesawat tanpa awak yang masuk ke wilayah Palestina pendudukan (Israel) adalah tindakan Hizbullah.

Sayid Hasan Nasrullah dalam pidatonya yang disiarkan langsung  di jaringan televisi al-Manar pada Kamis (11/10) menyinggung tentang masuknya pesawat tanpa awak ke zona udara Israel. Demikian Fars News melaporkan.

Dalam pidatonya, Sayid Nasrullah mengatakan bahwa Hizbullah telah mengirim pesawat tersebut dan untuk melakukan langkah ini perlu waktu lama.

Menurut Sekjen Hizbullah, tindakan tersebut menegaskan bahwa meski terdapat konflik di kawasan, namun kelompok Muqawama tidak melupakan musuhnya (Israel).

Lebih lanjut, Sayid Nasrullah menandaskan bahwa operasi terbaru tersebut diberi nama "Syahid Husein Ayub".

"Nama ini adalah nama pendiri pertama senjata ini di Hizbullah dan kami ingin pesawat tanpa awak ini kami beri nama Ayub, " imbuhnya.

Di bagian lain pidatonya, Sekjen Hizbullah menegaskan bahwa jika kami ingin melakukan identifikasi maka kami akan menerbangkan pesawat ini, dan langkah ini bukan operasi identifikasi pertama dan juga bukan yang terakhir.

"Dengan pesawat tanpa awak ini kami dapat menjangkau berbagai tempat," ujarnya.

Beberapa waktu lalu, sebuah pesawat tanpa awak berhasil masuk ke distrik-distrik rezim Zionis Israel hingga ke wilayah instalasi nuklir Dimona dan setelah lama terbang di zona udara Israel, pertahanan udara rezim ini berhasil mengidentifikasi dan menembaknya.  (IRIB Indonesia/RA)

0 Insiden Pesawat Suriah, Hubungan Turki-Rusia Kritis

Insiden Pesawat Suriah, Hubungan Turki-Rusia Kritis
Pesawat Airbus


Analis Turki, Sinan Ulgen menuturkan, Turki mengambil resiko tinggi dengan menahan pesawat Suriah karena hal itu menyebabkan konflik Turki-Suriah dapat meluas ke negara lain.
"Langkah tersebut sangat berisiko. Turki telah mengintervensi unilateral Suriah," ujarnya seperti dilansir Aljazirah.

Ulgen mengatakan, resiko tersebut berdampak pada pasokan energi Turki. Pasalnya, negara di dua benua tersebut sangat bergantung pada Rusia dalam memenuhi kebutuhan energi. "Turki sangat bergantung pada Rusia baik sebagai pemasok kebutuhan energi maupun sebagai penghubung pasokan energi dari Eropa," ujarnya.

Tak hanya Rusia, Iran sebagai sekutu Suriah dapat pula merasa terintervensi. Ulgen mengatakan, 80 persen pasokan energi Turki berasal dari Rusia dan Iran.

Baik Rusia maupun Iran bersimpati besar pada Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang sempat melakukan pemberontakan di Turki Tenggara beberapa bulan terakhir. Melalui PKK, keduanya dapat menyerang Turki.

"Kami mendapatkan 80 persen gas alam dari Iran dan Rusia. Belum lagi kartu PKK dapat digunakan oleh Iran melawan Turki. Sehingga Turki beresiko terlibat dalam operasi yang sangat besar," kata Ulgen.
Insiden pesawat Airbus A-320 milik Suriah yang ditahan oleh pemerintah Turki dinilai akan berdampak besar pada hubungan Turki-Rusia. Pesawat yang singgah di Ankara tersebut dikirim dari Moskow menuju Damaskus.[republika]

0 Otak Terasa 'Blank' Saat Mengingat-ingat Sesuatu? Ini Dia Alasannya

Ketika seseorang berupaya fokus pada satu pekerjaan atau mencoba mengingat suatu gambar maka pada saat yang bersamaan orang yang bersangkutan takkan mampu memperhatikan segala sesuatu yang ada di sekitarnya atau semacam 'terbutakan'.

Sebuah studi baru dari Inggris pun menemukan salah satu penyebab fenomena yang disebut kebutaan yang tak diperhatikan (inattentional blindness) ini. Menurut peneliti, memfokuskan pikiran atau mengingat-ingat sesuatu sudah cukup membuat manusia tak menyadari hal-hal lain yang terjadi atau berada di sekitarnya.



"Satu contoh nyata yang relevan dengan temuan ini adalah kondisi yang terjadi pada orang-orang yang berupaya mengikuti petunjuk dari alat navigasi satelit (GPS) ketika mengemudi," ungkap Nilli Lavie, Ph.D. dari University College of London yang memimpin studi ini.

"Studi kami menunjukkan bahwa ketika kita fokus pada suatu hal atau mengingat arahan yang baru saja kita lihat pada layar GPS akan membuat kita lebih cenderung gagal memperhatikan bahaya di sekitar jalan yang kita lewati, misalnya kita mungkin tak tahu ada sepeda motor yang mendekat atau pejalan kaki yang tengah menyeberang, meskipun kita terlihat memandang ke depan," terang Lavie.

Untuk memperoleh kesimpulan itu, peneliti menggunakan scan functional magnetic resonance imaging (fMRI). Perangkat ini difungsikan untuk mengamati aktivitas otak partisipan ketika mereka diberi tugas untuk mengingat-ingat sebuah gambar. Di tengah tugas itu, peneliti juga meminta partisipan mendeteksi adanya kelebatan cahaya yang ditujukan pada mereka.

Hasilnya, ketika partisipan disibukkan dengan tugas mengingat-ingat gambar tersebut, mereka pun gagal memperhatikan kelebatan cahaya yang dimaksudkan peneliti, kendati tak ada obyek lain yang diperlihatkan pada partisipan waktu itu.

Namun sebaliknya ketika partisipan tidak diberi tugas apapun, mereka dapat mendeteksi kelebatan cahaya itu dengan mudah. Hal ini menunjukkan bahwa partisipan mengalami 'kebutaan yang dipicu oleh beban pikiran' (load induced blindness).

Ketika di-scan dengan fMRI, peneliti menemukan adanya penurunan aktivitas pada salah satu daerah otak yang bertugas memproses informasi visual yang masuk yaitu korteks visual primer (primary visual cortex).

"'Kebutaan' itu tampaknya disebabkan oleh adanya gangguan pada pesan visual yang masuk ke otak pada tahapan paling awal jalannya aliran informasi ke otak. Artinya ketika mata dapat 'melihat' obyek, otak justru tidak melihatnya atau mungkin terlambat melihat obyek yang dimaksud," tandas Lavie seperti dilansir dari psychcentral.

Peneliti pun menduga hal ini diakibatkan persaingan untuk memperoleh kekuatan memproses informasi otak yang stoknya terbatas atau disebut dengan 'teori beban' (load theory). Persaingan itu terjadi antara informasi visual baru dengan memori visual manusia yang bersifat jangka pendek.

Tapi dugaan inilah yang dianggap mampu menjelaskan mengapa otak gagal mendeteksi peristiwa yang mencolok sekalipun dalam penglihatan manusia ketika perhatiannya telah terfokus pada satu tugas yang melibatkan beban informasi yang begitu tinggi.


Sumber :
detik.com

0 Ternyata Ada Jamur yang Bisa Menyimpan Memori dan Menganalisa Masalah

Dahulu pada tahun 50-an ada film fiksi ilmiah yang menjadikan jamur lendir sebagai karakter tanaman yang bisa berpikir dan menganalisa masalah dengan cepat.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa lendir jamur adalah organisme bersel tunggal yang bodoh, namun memiliki bagian memori seperti hal otak manusia.



Para ilmuwan di University of Sydney mengungkap bahwa jamur lendir yang bernama biologi Physarum polycephalum dapat mengingat wilayah yang telah mereka lalui.

Para ilmuan mulai memprediksi bahwa jamur lendir itu menggunakan “memori spasial externalized” untuk menavigasi arah gerakkannya. “Jamur lendir meninggalkan jejak lendir kemana pun ia pergi, dengan itu kemudian ia dapat mendeteksi dan mengenali daerah itu sudah dilaluinya,” kata ahli biologi Chris Reid.


Untuk menguji teori ini, peneliti menempatkan Physarum dalam perangkap berbentuk-U. Pada permukaan dipasangi perangkap, hasilnya 96 persen dari spesimen mampu melalui perangkap untuk menemukan solusi gula (goal) sebelum batas waktu 120 jam.

Akan tetapi ketika jebakan sudah dilapisi dengan lendir, maka spesimen bingung tidak bisa membedakan jejak mereka sendiri, hanya sepertiga dari organisme mencapai tujuan sebelum batas waktu dan itu pun menghabiskan waktu sepuluh kali lebih lama.


Tim penelitian ini juga menemukan bahwa Physarum dapat mengenali dan bereaksi terhadap jalan yang ditinggalkan oleh spesies lain dari jamur lendir.

Reid mengatakan memori spasial externalized bisa digunakan oleh organisme primitif untuk memecahkan jenis masalah yang sama dengan otak manusia.


Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa jamur lendir juga dapat memecahkan labirin dan mengantisipasi peristiwa periodik.


Sumber :
uniqpost.com

search

YANG NYASAR DI BLOG