Pages

Sabtu, 06 Oktober 2012

0 Turki Serang Suriah

Turki Serang Suriah
Turki mulai menyerang Suriah. Penyerangan itu terjadi setelah Suriah lebih dahulu mengirimkan mortir ke Turki.
Mortir kiriman Suriah itu menimpa daerah pedesaan Guvecci, Hatay, Turki, Sabtu (6/10) pagi. Mortir itu jatuh tidak lama setelah pertempuran sengit terjadi antara pasukan Presiden Suriah, Bashar al-Assad dengan para pemberontaknya di desa Harabjoz, provinsi Idlib, Suriah.
Dogan News seperti dikutip Aljazeera, Sabtu (6/10), melaporkan tidak ada yang terluka oleh mortir yang mendarat sekitar 500 meter di luar desa. Warga desa bergegas keluar dari rumah dan berkumpul di titik aman desa yang jauh dari daerah perbatasan.
Tidak lama kemudian, pasukan artileri Turki yang berbasis di sebuah batalion militer dekat Guvecci segera merespon serangan tersebut. Penembakan terbaru itu terjadi sehari setelah Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan menyerukan Suriah untuk tidak menguji kesabaran Turki. Sebab, jika berani 'menyenggol' Turki, Erdogan menegaskan 'Negeri Dua Benua' itu tidak akan segan bertindak.
Pertempuran antara Turki dan Suriah tersebut diperkirakan akan berlangsung beberapa hari. Ketegangan antara Turki dan Suriah dimulai Rabu (3/10) ketika tembakan Suriah menghantam sebuah rumah di kota perbatasan Turki yang menewaskan dua perempuan dan tiga anak-anak. Hal tersebut memicu serangan artileri yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh Turki.

Parlemen Turki pada Kamis (4/10) memutuskan melakukan operasi lintas batas militer di Suriah, yang kemudian memicu ketegangan antara tetangga yang dulu sekutu dekat. Pertempuran pada Sabtu (6/10) muncul ketika kedua pihak tampaknya mencoba untuk meredakan situasi.
Secara terpisah Kementerian luar negeri Turki mengatakan Suriah telah menarik tank dan peralatan militer lainnya jauh dari perbatasan pada Jumat (5/10).

Sementara itu, Amerika Serikat (AS), Jumat (5/10) kemarin mengutuk apa yang dilakukan Suriah terhadap Turki. Melalui juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest, AS menyebut tindakan Suriah terlalu agresif. Earnest mengatakan bahwa AS mendukung Turki sebagai sekutu NATO.

Turki, bersama dengan negara-negara lainnya menolak untuk melakukan intervensi militer, disisi lain Assad juga telah berusaha untuk menghindari provokasi yang ia yakini akan memicu intervensi asing.[republika]

0 Drakula Kerdil Purba Ditemukan di Afrika

Palaentolog mengidentifikasi spesies baru dinosaurus berdasarkan analisis pada fosil yang ditemukan di wilayah selatan Afrika 50 tahun lalu. Dinosaurus spesies baru itu punya gigi taring yang panjang sehingga membuatnya tampak seperti drakula.



Spesies baru dinosaurus itu dinamai Pegomastax africanus. Paul Sereno, palaentolog di University of Chicago yang memimpin penelitian, mengatakan bahwa dinosaurus itu hidup 200 juta thaun lalu, memiliki dua kaki yang menapak dan tangan yang mampu menggenggam.

"Panjangnya tak lebih dari 2 kaki (0,6 meter) dan beratnya kurang dari berat kucing rumahan maksimum 15 pound (6,8 kg) serta tubuhnya sebagian besar merupakan ekor dan leher," kata Sereno seperti dikutip Livescience.

Dinosaurus ini punya bulu-bulu tegak. Sekilas, Pegomastax africanus ini tampak seperti landak. Bulu seperti ini sebelumnya pernah ditemukan pada dinosaurus jenis Tianyulong yang ditemukan di wilayah China beberapa waktu lalu.

"Bulu (pada Pegomastax africanus) tidak sekuat pada landak. Bulu-bulu juga tidak tampak dikhususkan untuk membungkus tubuh. Mungkin, bulu itu punya warna untuk membedakan dengan spesies lain atau membuat Pegomastax tampak lebih besar dari yang sebenarnya," papar Sereno.

Menonjol dari moncong dinosaurus yang menyerupa paruh burung beo ini adalah gigi taring yang bergerigi berukuran 0,8 cm dari rahang atas maupun bawah. "Ini membuat dinosaurus itu tampak seperti drakula," papar Sereno.


Meski gigi taring sering dihubungkan dengan hewan karnivora, dinosaurus ini kemungkinan besar merupakan herbivora. Pasalnya, jika rahang terkatup, gigi taring tak saling beririsan sehingga mendukung aktifitas memotong makanan.

"Gigi taring ini mungkin tak ada hubungannya dengan aktifitas menmakan daging. Gigi-gigi itu mungkin digunakan untuk menakuti pesaing, menggigit individu lain, mempertahankan diri, dan mungkin untuk mencari makanan," kata Sereno. Gigi taring bekerja layaknya gunting.

Genus dan Pegomastax merupakan golongan dinosaurus pemakan tumbuhan yang paling maju saat itu. Temuan ini akan membantu ilmuwan menguraikan evolusi golongan dinosaurus Stegosaurus dan Triceratops. Temuan dipublikasikan di jurnal Zookeys.


Sumber :
kompas.com

0 10 Beladiri Terpopuler Di Dunia


10. Judo, Jepang

Judo ditemukan atau didirikan oleh Kano Jigoro, yang sering diganggu pada masa kecilnya, sekitar 1860 sampai 1870. Dengan mengambil berbagai kemampuan dasar beladiri yang berkembang, Kano menambahkan teknik lemparan untuk menciptakan Judo. Arti kata Judo adalah “jalan lembut” yang berarti kira2 menggunakan kekuatan lawan untuk melawan dirinya sendiri. Karena prinsip inilah, maka Judoka tidak harus lebih kuat daripada lawannya. Fokus utama Judo adalah melempar dan kuncian tanah, daripada memukul atau menyerang.
 
9. Aikido, Jepang


Aikido diperkenalkan pada awal 1900an, dengan para pengikutnya belajar untuk menggunakan kekuatan dan energi lawan untuk menjatuhkan mereka. Para murid diajarkan untuk tetap menjaga kondisi penyerangnya, dan diajarkan untuk melumpuhkan tanpa melukai. Penggunaan senjata juga sering ditemui dalam aikido, dan para pengikutnya diajari untuk bertahan melawan tongkat, pedang dan bahkan pisau. pendiri Aikido, Morihei Ueshiba, berkata bahwa untuk menjadi pengikut Aikido yang sukses, para murid harus “menerima 99% serangan lawan dan menatap wajah kematian tanpa takut.”
 
8. Krav Maga, Israel


Beladiri wajib pengawal presiden Israel, seni bela diri ini tanpa aturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karena benar2 ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vital lawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepala sebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan bela diri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan.
 
7. Jujutsu, Jepang


Ketika samurai Jepang kehilangan semua senjata, mereka akan beralih ke penggunaan Jujutsu (seni lembut). Jujutsu berkembang dengan berfokus pada lemparan, kuncian dan menggulingkan diri. Tapi tidak seperti bela diri lain, Jujutsu lebih banyak bergerak ke “apa aja boleh”. Secara tradisional, para murid diajarkan berbagai taktik “curang” seperti mencolok mata, menggigit, yang jika digunakan dengna tepat, dapat membunuh lawan. Bela diri ini sangat efektif jika digunakan pada pertempuran jarak pendek.
 
6. Ninjutsu, Jepang


Beladiri misterius ini biasa digunakan oleh kaum pembunuh dan para pejuang gerilya Jepang. Ninjitsu mengajarkan berbagai cara untuk mengejutkan lawan dan mengalahkan lawan, dengan arah perkembangan untuk membunuh. Selain kaki, tangan, berbagai senjata diajarkan juga, termasuk teknik menyelinap dan melarikan diri secara efektif.
 
5. Tae-kwondo, Korea


Te-kwondo memiliki arti “jalan kepalan dan kaki”, beladiri ini berkembang pesat pada setelah era PD II, ketika Jepang mengakhiri pendudukan atas Korea. Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, dan menggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental. Pemengang sabuk hitam beladiri ini mencapai 3 juta orang di seluruh dunia.
 
4. Kung fu, Cina


Bela diri cari Cina ini berarti secara harfiah: Kesuksesan yang diraih dengan jalan yang berat dan panjang, dan merupakaan beladiri paling tua di dunia. Semenjak diperkenalkan oleh Kaisar Huangti, 2,698 sebelum Masehi, telah berkembang puluhan ribu aliran Kungfu. Secara tradisional, beladiri ini diajarkan oleh para biksu Shaolin, dengan penekanan utama pada moralitas dan filosofi, dimana nilai kerendahan hati, kepercayaan, dan kesabaran, serta penghormatan di tekankan.
 
3. Karate, Jepang


Diturunkan dari kata yang berarti “tangan kosong”, Karate diperkenalkan sebagai beladiri tanpa senjata. Berbagai teknik Karate diperkirakan berawal dari tahun 1300-an, walaupun penulis “10 Precepts of Karate”, Anko Itosu, bapak karate modern, menuliskan buku tersebut pada 1908. “Karate adalah teknik yang mengubah tangan dan kaki menjadi tombak” demikian tulis Anko. Pada buku tulisan Anko, karate dapat dipakai sebagai,”… cara mengindari perkelahian jika dihadang penjahat.”
 
2. Brazilian Jiu-jitsu, Brazil


Walaupun didirikan di Brazil, pendiri bela diri ini adalah Mitsuyo Maeda, seorang petarung dari Jepang, yang memenangkan lebih dari 2000 pertandingan dan dianggap sebagai manusia paling tangguh. Maeda bertemu dengan keluarga Gracie di Jepang pada 1914, dan semenjak saat itu juga keluarga Gracie dianggap sebagai keluarga pertama beladiri ini. Penekanan pada lemparan dan groundwork menjadikan olahraga ini populer di kalangan pengguna olahraga campuran
 
1. Muay Thai, Thailand


Mirip sekali dengan kickboxing, tapi bedanya, pukulan dibawah sabuk, siku dan dan lutut semua boleh dipergunakan. Muay Thay susah sekali diperkirakan kapan tepatnya lahir kapan, tapi berbagai elemen dari beladiri ini dapat ditemui di beladiri Jepang dan India. Popularitas beladiri ini mulai muncul pada 1800an. Secara tradisi, bela diri ini sangat terstruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatan kepada lawan. Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badan sebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan. Inilah yang membuat bela diri ini berharga, karena semua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.
 
 

0 sains Ternyata Mata Punya Kekuatan Membunuh Bakteri

Bila berbicara soal kekuatan tubuh membunuh kuman, mata adalah juaranya. Temuan ilmuwan University of California di Berkeley ini dapat mengarah pada pembuatan obat antimikroba baru dan murah.

Hasil riset mereka menunjukkan protein dalam mata dapat membantu menjauhkan bakteri patogen. Tim ilmuwan mata menemukan bahwa ada bagian kecil protein keratin dalam mata yang memainkan peran kunci dalam mengusir bakteri.



Peneliti menggunakan versi sintetis dari fragmen keratin tersebut untuk menguji beragam bakteri patogen. Molekul sintetis itu efektif membunuh bakteri penyebab penyakit pemakan daging dan radang tenggorokan (Streptococcus pyogenes), diare (Escherichia coli), infeksi staph (Staphylococcus aureus), dan infeksi cystic fibrosis paru-paru (Pseudomonas aeruginosa).

Temuan yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation edisi Oktober ini dapat mengungkap sumber senjata baru dalam memerangi bakteri penyebab penyakit. Fragmen keratin ini relatif mudah dibuat sehingga berpotensi sebagai obat murah.

“Yang menarik, keratin ini sudah ada dalam tubuh kita, sehingga pasti tidak beracun dan bersifat biocompatible,” kata peneliti utama studi itu, Suzanne Fleiszig, dosen mikrobiologi dan penyakit menular di School of Optometry UC Berkeley.

“Molekul antimikroba alami yang diidentifikasi dalam riset sebelumnya ternyata toksik atau mudah dinonaktifkan oleh konsentrasi garam dalam tubuh kita.”


Protein kecil yang ditemukan tim ilmuwan ini adalah turunan dari cytokeratin 6A, salah satu protein filamen yang saling berhubungan membentuk jejaring di seluruh sitoplasma sel epitel.

“Dulu kami menduga cytokeratin hanyalah protein struktural, tapi studi kami memperlihatkan bahwa fragmen keratin ini juga memiliki kemampuan memerangi mikroba,” kata Connie Tam, anggota tim peneliti.

“Cytokeratin 6A dapat ditemukan dalam sel epitel kornea manusia, begitu pula di kulit, rambut, dan kuku. Ini adalah area tubuh yang terus-menerus terpapar mikroba, sehingga masuk akal bila mereka menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh.”

Riset tentang cytokeratin 6A di laboratorium Fleiszig berawal ketika tim peneliti berupaya memecahkan misteri daya tahan mata terhadap infeksi yang luar biasa.

Mereka menemukan bahwa tidak ada bakteri yang hidup di permukaan mata, berbeda dengan permukaan tubuh lainnya. Dalam eksperimen kultur di laboratorium, terbukti jaringan kornea mampu menyapu bersih bakteri patogen.

“Sangat sulit menginfeksi kornea dari mata yang sehat,” kata Fleiszig. “Kami bahkan menggunakan kertas tisu untuk merusak sel permukaan mata dan mengolesnya dengan bakteri, namun tetap menemui kesulitan memasukkan bakteri ke dalam kornea.”


Sumber :
tempo.co

0 7 Penembak Jitu Terbaik Di Dunia

1 Simo Häyä
Simo Häyä mungkin adalah salah satu sniper terbaik yang pernah ada. Berasal dari Finlandia banyak orang yang tak mengenal namanya padahal ia adalah pemegang rekor 500 lebih skor kill sepanjang karirnya sebagai prajurit. Selama invasi Rusia 1939-1940, Haya telah membukukan kill 500 lebih tentara Rusia dalam waktu hanya 3 bulan pertama invasi. Simo Haya bukan membunuh dengan senjata modern yang dilengkapi Teleskop canggih, lasser sight, atau kaliber .50 tapi dia membunuh dengan keahlian yang dia miliki, ia hanya menggunakan perasaanya, iron-sighted, dan bolt-action standard rifle.
 
 
 
2. Adelbert F. Waldron III
Dia adalah U.S Sniper terbaik yang pernah ada. Staff Sgt. Adelbert F. Waldron III membukukan 109 confirmed kills. Pada suatu siang dia menaiki perahu "Tango Boat" untuk melaksanakan patroli sepanjang sungai Mekong, tiba-tiba seorang sniper Vietcong menembaki perahu mereka. Otomatis Crew kapal patroli segera mengambil posisi mencari persembunyian sniper Vietcong tersebut di pinggir sungai yang berjarak 900 m lebih. Sersan Waldron kemudian mengambil senapannya sambil mencari sniper musuh tersebut, akhirnya ia menemukan dan berhasil menembak sniper Vietcong tersebut yang berada diatas pohon kelapa dari perahu boat patroli yang sedang bergerak. Hanya seorang master yang bisa melakukanya.


3. Carlos Hathcock
Meskipun ia bukanlah sniper paling banyak membukukan skor kill atau pun penembak terjauh, namun dialah sniper yang menjadi legenda di Amerika Serikat. Carlos Hathcock bergabung dalam marinir pada umur 17 tahun dan menempuh pendidikan sebagai petembak jitu di Camp LeJeune, N.C. In Washington, D.C. a Marine Corps. Dia menjadi sukarelawan selama perang Vietnam. Dalam dua kali tour of dutynya, ia membukukan 93 confirmed kills dan dipercayai lebih dari 100 unconfirmed kills. Dia adalah sniper paling dicari oleh tentara Vietnam Utara dengan dihargai $30,000 untuk kepalanya. Dia bahkan mampu menghabiskan 1 pleton tentara Vietnam Utara dalam sekali pertempuran hanya bersama spotternya.


4. Francis Pegahmagabow
Pegahmagabow, adalah pahlawan Ojibwa warrior yang bertarung dengan para prajurit Kanada selama perang dunia I, ia mengalami pertempuran paling brutal selama WW I antara lain di Mount Sorrel, Passchendaele and The Scarpe,dia membukukan 378 kills sebagai sniper. Dia mendapatkan medali atas keberaniannya dalam sebuah pertempuran, ia menggantikan komandanya yang sedang dalam keadaan tidak mampu, ia berlari ditegah hujan peluru musuh untuk mecari tambahan amunisi bagi regunya yang kehabisan amunisi. Pegahmagabow mendapatkan skill sebagai sniper semenjak dia kecil, dia berasal dari Shawanaga reserve di Georgian Bay (penampungan suku asli Kanada).


5. Lyudmila Pavlichenko
Ia adalah salah satu sniper wanita Rusia selama WW II, saat diwawancarai oleh reporter Ameria, " salah satu reporter mengkritiknya atas rok seragamnya yang terlalu panjang, sang reporter berkata di Amerika wanita menggunakan rok yang lebih pendek, dia menjawab dengan bercanda bahwa menggunakan rok pendek dia tampak lebih gemuk". Namun mungkin karena rok panjangnya itulah dia mampu membukukan skor 309 prajurit Nazi, sungguh suatu angka yang tidak main-main, perlu kemampuan terbaik untuk itu apalagi ia seorang wanita.


6. Vasily Zaytsev
Dialah yang menjadi tokoh sesunggunya dalam dunia nyata bagi film "Enemy at the Gates (2001)". Kemampuannya didapatkan dari bakat alaminya semenjak kecil dari berburu didataran Rusia. Saat Nazi menyerbu Rusia maka ia bergabung dengan pasukan Rusia mempertahankan St. Petersburg. Ketenanganya merupakan modal besar dalam membunuh musuhnya. Dia merupakan seorang pahlawan Rusia dengan skor 149 confirmed kills, dengan skor unconfirmed lebih dari 400.


7. Timothy Murphy 
Dalam pertempuran merebut kemerdekaan Amerika. The Battle of Saratoga adalah titik balik dari perang revolusi Amerika. Dan titk balik terpenting adalah saat prajurit Sniper Amerika Timothy Murphy menembak dan membunuh Gen. Simon Fraser of the British army di 7 Okt 1777. Murphy, adalah seorang rifleman di Morgan's Kentucky Riflemen, menembak General. Fraser di jarak hampir 500 yards menggunakan long-barreled Kentucky rifles. Perlu diingat senjata laras panjang jaman itu memiliki akurasi yang sangant payah karena produksi senjatanya pun masih sederhana.
 
 
 

0 Wow, Sekarang Air Kencing pun Laku Dijual

Di Indramayu air kencing menjadi komoditas yang bernilai ekonomi. Di Desa Karanganyar, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Jawa Barat, air kencing bisa laku dijual seharga Rp 1.000/liter ke perusahaan pengolah pupuk organik.



Setiap hari, tak kurang dari 1.500 liter air kencing yang "diproduksi" berbagai lapisan masyarakat dikumpulkan dan ditampung di sebuah gudang milik PT. Dwi Fajar, perusahaan yang memproduksi pupuk organik cair di Blok Karangsinom, Kandanghaur, Indramayu. Di gudang penyimpanan PT. Dwi Fajar yang ber-AC itu, air kencing sudah tidak berbau lagi.

Air berbau pesing yang merupakan limbah manusia itu setelah dicampur dengan bahan-bahan bahan-bahan alami seperti air kelapa dan berbagai bahan lain kemudian diproses dan difermentasi menjadi sebuah produk pupuk organik cair yang mampu menyuburkan segala macam tanaman seperti padi dan palawija.

Pupuk organik cair itu dikemas dalam botol di mana 1 liter pupuk organik cair harga jualnya Rp 30.000. Dan dosis untuk setiap 1 hektar tanaman padi cukup 2 liter saja atau seharga Rp. 60.000.

Perbandingan manfaat antara pupuk urea produksi pabrik dengan pupuk organik cair yaitu,1 liter pupuk organik cair yang harganya hanya Rp 30.000/liter ekuivalen 100 kg pupuk urea yang harganya Rp 190.000 Penggunaan pupuk organik cair itu ternyata lebih efisien dan hasilnya sangat menggembirakan.

Berdasarkan hasil uji laboratorium milik PT. Dwi Fajar, air kencing pada produk pupuk organik cair itu berguna membuat tanaman lebih tahan dari serangan dari penyakit. Sedangkan air kelapa untuk meningkatkan kesuburan tanaman, baik padi maupun palawija.

Pupuk organik cair kini jadi alternatif para petani di Indramayu khususnya dalam menghadapi kelangkaan pupuk urea serta mahalnya harga pestisida di pasaran. Dan yang terpenting, penggunaan pupuk organik cair itu aman dari dampak residu atau bahan racun yang merugikan kesehatan manusia.


Sumber :
detik.com

0 Chomsky: Hegemoni AS Sedang Runtuh


Seorang analis sosial-politik terkemuka Amerika, Noam Chomsky mengatakan Amerika Serikat selama 10 tahun terakhir menghadapi berbagai masalah besar dalam strateginya. Dia percaya hegemoni AS dengan cepat sedang menuju keruntuhan.

Situs ISNA pada Sabtu (6/10) melaporkan, Chomsky menuturkan penyebaran militer dan pasukan Amerika di dalam dan luar negeri telah membuat negara itu lemah dan semakin lemah.

"AS adalah satu-satunya negara yang membangun ribuan pangkalan militer di luar negeri dan masalah ini membutuhkan kepemimpinan yang kuat. Kehadiran militer di seluruh dunia tampaknya telah melemahkan pemerintah Washington," jelas Chomsky.

Berbicara tentang kondisi internal Amerika, Chomsky menandaskan pengangguran merupakan isu utama bagi warga Amerika dan salah satu isu yang banyak dibicarakan oleh warga menjelang pemilu presiden.

Pemikir Amerika ini menegaskan bahwa krisis ekonomi Amerika disebabkan oleh penurunan permintaan dan lesunya investasi. Menurutnya, kedua kandidat presiden AS tidak punya program yang jelas untuk menyelesaikan krisis ekonomi dan program ekonomi mereka memiliki banyak celah serius.

Dia menilai tingginya angka pengangguran sebagai sebuah tragedi sosial bagi Amerika. Ditambahkannya, kondisi itu bukan hanya sebuah tragedi ekonomi, tapi juga sebuah bencana sosial yang sesungguhnya bagi negara. (IRIB Indonesia/RM)

Selasa, 02 Oktober 2012

0 Beragam Teori dan Praktik Pengobatan dengan Terapi Musik



Menurut Prof Nil Sari, masyarakat Turki pra-Islam meyakini bahwa kosmos diciptakan oleh Sang Pencipta dengan kata  ''ku'' / ''kok'' (suara). Mereka meyakini bahwa awal terbentuknya kosmos berasal dari suara. Menurut kepercayaan Islam, seperti yang tertulis dalam Alquran, Allah SWT adalah Pencipta langit dan bumi. 
 
''...Dan bila Dia berkehendak  (untuk menciptakan) sesuatu, maka  (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: 'Jadilah'. Lalu jadilah ia.''  (QS: al-baqarah:117).

Setelah Islam bersemi di Turki, masyarakat negeri itu, masih tetap meyakini kekuatan suara. Inilah yang membuat peradaban Islam di era Turki Usmani menyakini bahwa musik dapat menjadi sebuah alat terapi yang dapat menyeimbangkan antara badan, pikiran dan emosi  sehingga terbentuk sebuah harmoni pada diri seseorang.
 
Prof Nil Sari mengungkapkan, para ahli terapi musik di zaman Ottoman menyakini bahwa pasien yang menderita penyakit tertentu atau emosi seseorang dengan temperamen tertentu  dipengaruhi oleh ragam musik tertentu. ''Para ahli musik di era Turki Usmani menyatakan,  makam (tipe melodi) tertentu memiliki kegunaan pengibatan tertentu juga,'' papar Prof Nil Sari.
 
Ada sekitar 80 ragam tipe melodi yang berkembang di masyarakat Turki Usmani. Sebanyak 12 di antaranya bisa digunakan sebagai alat terapi.  Menurut Prof Nil Sari,  dari teks-teks tua dapat disimpulkan bawa jenis musik tertentu dapat mengobati penyakit tetentu atau perasaan tertentu.
 
Pada era kejayaan Kesultanan Turki Usmani, terapi musik biasanya digunakan untuk beberapa tujuan, seperti; pengobatan kesehatan mental; perawatan penyakit organik, perbaikan harmoni seseorang  yakni menyeimbangkan kesehatan antara badan, pikiran dan emosi. Musik juga diyakini mampu menyebabkan seseorang tertidur, sedih, bahagia dan bisa pula memacu intelijensia.
 
Prof Nil Sari mengungkapkan, para ilmuwan di era Turki Usmani meyakini bahwa musik memiliki kekuatan dalam  proses alam. Musik dapat berfungsi meningkatkan  mood dan emosi secara keseluruhan. Uniknya, para ilmuwan di era Ottoman sudah mampu menetapkan jenis musik tertentu untuk penyekit tertentu. Misalnya, jenis musik  huseyni dapat mengobati demam. Sedangkan, jenis musik zengule dan  irak untuk mengobati meningitis.
 
Masyarakat Barat baru mengenal terapi musik pada abad ke-17 M. Adalah Robert Burton lewat karya klasiknya berjudul  The Anatomy of Melancholy yang mengembangkan terapi musik di Barat. Menurut Burton, musik dan menari dapat menyembuhkan sakit jiwa, khususnya melankolia.
 
Malah, masyarakat Amerika Serikat (AS) baru mengenal terapi musik sekitar 1944. Pada saat itu, Michigan State University membuka program sarjana teapi musik. Sejak 1998, di Amerika telah berdiri The American Music Therapy Association (AMTA). Organisasi ini merupakan gabungan dari  National Association for Music Therapy (NAMT,  berdiri tahun 1950)  dan the American Association for Music Therapy (AAMT, berdiri 1971). 
 
Terapi musik merupakan salah satu kontribusi peradaban Islam dalam dunia kesehatan dan kedokteran. Di era modern ini, musik tetap menjadi salah satu alat untuk menyembuhkan penyakit tertentu. Terapi musik menjadi salah satu bukti pencapaian para ilmuwan Muslim di era keemasan.  
 
Rumah Sakit Memorial Istanbul
Dokter-dokter di Rumah Sakit Memorial Istanbul percaya kalau musik Makam bisa memiliki efek psikologis dan fisik yang positif bagi para pasiennya. Dr. Eroll Can, salah satu dokternya, menemukan bahwa mendengarkan musik secara langsung memberikan efek signifikan bagi pasien dibandingkan dengan mendengarkan melalui kaset tape saat dulu masih bekerja di Sofia, Bulgaria sebelum pindah ke Turki pada tahun 1996. 
 


Dr. Eroll Can, bersama dengan Prof. Bingur Sonmez dan Mehmet Susam merupakan ahli alat musik tradisional seperti ney (suling Turki), yayli tan bur (biola Ottoman), dan gitar.
 
Menyembuhkan pasien dengan musik tidaklah semudah yang dibayangkan, karena musik Makam memiliki efek yang berbeda pada tiap pasien. Sonmez mengatakan kalau ada musik Makam yang menenangkan, tapi ada juga musik Makam yang tidak menenangkan. 
 
Musik Makam Rast bisa memiliki efek pada pasien yang menderita anoreksia, sedangkan musik Makam Hicaz bisa memiliki efek pada pasien yang sedang diet. Sebuah restoran yang memainkan musik Makam Hicaz mungkin akan bangkrut karena membuat pengunjungnya tidak nafsu makan.
 
Para dokter di sana juga mengklarifikasi, kalau metode menggunakan musik ini hanya sebagai pelengkap saja, bukan metode utama. Mendengarkan musik selama 10 menit bisa menurunkan detak jantung dan tekanan darah dibandingkan dengan menggunakan obat tambahan[jurnalhaji]

0 Tokoh Yang Perlu Dijadikan Panutan Menurut Amien Rais, Ahmadinejad Diantaranya


Image-7458 Mantan ketua MPR RI Amien Rais meminta mahasiswa untuk lebih berjiwa pemberani. Amien berharap mahasiswa Indonesia bisa mencontoh tokoh-tokoh bangsa yang berani.
"Lihatlah Bung Karno, Bung Hatta, Mahatir Mohammad dan Mahmoud Ahmadinejad mereka tokoh-tokoh bangsa yang berani," ujar Amien dalam Kuliah Umum mahasiswa baru program studi Teknik Lingklungan FTSP Universitas Islam Indonesia (UII), Sleman, Kamis (27/9).
Mahasiswa juga harus memupuk nasionalismenya demi kemerdekaan Indonesia yang sudah diraih. Walaupun kemerdekaan telah diraih dan kedaulatan telah didapatkan, saat ini, Indonesia tetap masih dijajah bangsa lain. Meski formatnya yang berbeda namun menghasilkan masalah yang sama yaitu hilangnya kedaulatan ekonomi.
"Ini dibuktikan dari bangsa ini yang tetap tergantung dan menggantungkan diri pada kekuatan asing," katanya.
Masalah tersebut tidak hanya dapat membuat melemahnya kekuatan ekonomi bangsa Indonesia. "Namun secara tidak langsung mempengaruhi melemahnya kedaulatan politik, diplomatik, pertahanan, dan militer Indonesia,” tukasnya.[konspirasi]

0 Janet Jackson Masuk Islam?


Janet Jackson Masuk Islam?
Janet Jackson

Dalam laporan utamanya, tabloid yang beredar khusus di swalayan Amerika Serikat tersebut mengangkat tajuk berjudul; "Rahasia kehidupan muslim Janet Jackson". Guna memperkuat bahan pemberitaannya, tabloid tersebut memasang foto Janet yang tengah mengenakan penutup kepala yang menyerupai kerudung berwarna hitam.
Masih menurut tabloid tersebut, Janet juga dikabarkan akan segera melangsungkan pernikahan mewah dengan seorang miliuner Arab Saudi.  Penikahan tersebut bakal digelar dengan konsep super-mewah yang ditaksir menelan biaya 20 juta dolar AS (sekitar Rp 200 miliar).
Kendati pilihannya menjadi mualaf disebut akibat pengaruh sang calon suami, namun Islam sejatinya bukan hal yang baru bagi adik Michael Jackson itu. Sang kakak, Jermaine Jackson, malah sudah lama menjadi mualaf. Eks personel Jackson 5 itu telah mengganti namanya menjadi Mohammad Abdul Aziz.
Penyanyi pop dunia, Janet Jackson dikabarkan telah memeluk Islam. Kabar ini diperkuat pemberitaan National Enquirer yang mengangkat kehidupan Islam sang megabintang.
 

0 PIDATO SAMBUTAN CAMAT WANASALAM PADA HARI KESAKTIAN PANCASILA 1 OKTOBER 2012


ASSALAMU’ALAIKUM. WR. WB
1. YTH. MUSPIKA KECAMATAN WANASALAM
2. YTH. KEPALA UPT, KEPALA SMA, SMP, SD,
3. YTH. KETUA PGRI
4. YTH. BAPAK IBU GURU DAN TOKOH MASYARAKAT HADIRIN PESERTA  
           UPACARA YANG  BERBAHAGIA
5. YANG SAYA BANGGAKAN SISWA – SISWI PESERTA UPACARA 
BERKAT RAHMAT ALLAH YANG MAHA KUASA TUHAN YANG MAHA ESA. PADA HARI INI KITA BERSAMA - SAMA MEMPERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA. BUNG KARNO BAPAK PROKLAMTOR NEGARA INDONESIA PERNAH BERKATA JANGAN SEKALI – KALI KITA MELUPAKAN SEJARAH JASMERAH. IMPLEMENTASI DARI PESAN TERSEBUT SEJENAK KITA MELIHAT KEMBALI PADA MASA LALU,
SEBAGAIMANA SAUDARA - SAUDARA KETAHUI BAHWA PADA TANGGAL 1 OKTOBER 1965,  EMPAT PULUH TUJUH TAHUN YANG SILAM, TELAH DILAKUKAN GERAKAN OPERASIONAL YANG DIPIMPIN OLEH LETNAN JENDRAL SOEHARTO SEBAGAI KOMANDAN OPERASIONAL PEMULIHAN KEAMANAN DENGAN BANTUAN SEGENAP POTENSI MASYARAKAT YANG MENCINTAI NEGARA PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945 YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UUD 1945.

GERAKAN OPERASIONAL TERSEBUT ADALAH DALAM RANGKA MENGHANCURKAN APA YANG DISEBUT DENGAN GERAKAN KONTRA REVOLUSI G 30 S PKI.

DARI GERAKAN OPRASIONAL 1 OKTOBER 1965 NEGARA KITA YANG BERDASARKAN PANCASILA TETAP BERDIRI DENGAN TEGUHNYA, DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA MAUPUN SEBAGAI FALSAFAH BANGSA TETAP ”SAKTI”. BERTOLAK DARI KEJADIAN ITULAH, MAKA DITETAPKANNYA TANGGAL 1 OKTOBER SEBAGAI HARI KESAKTIAN PANCASILA.
BAPAK DAN IBU HADIRIN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA
DARI PENGALAMAN - PENGALAMAN SEJARAH SEMENJAK TAHUN 1945, HINGGA SEKARANG SERING TERJADI ANCAMAN – ANCAMAN DAN LAIN SEBAGAINYA TERHADAP NEGARA KITA YANG BERDASARKAN PANCASILA. NAMUN BEGITU KITA TETAP BERDIRI DAN SENTAISA MENJALANKAN IDEOLOGI PANCASILA. HAL TERSEBUT DIKARENAKAN OLEH CITA - CITA ATAUPUN PANDANGAN HIDUP BANGSA INDONESIA YANG DI GALI DARI KALBU BANGSA INDONESIA SENDIRI YANG TERUMUS DALAM PANCASILA.

SEBAGAI IDEOLOGY, ATAU SEBAGAI CITA - CITA HENDAKLAH DIWUJUDKAN. SEDANGKAN SEBAGAI FALSAFAH PERLU DI HAYATI DAN DI AMALKAN. TANPA DIAMALKAN KELIMA - LIMA SILANYA, TIDAK AKAN TERWUJUD CITA - CITA MASYARAKAT PANCASILA YANG BERTUJUAN MENCAPAI KESEJAHTERAAN LAHIR DAN BATIN.

BAPAK DAN IBU HADIRIN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA

AKAN PERLUNYA MENGHAYATI DAN MENGAMALKAN PANCASILA, PEDOMAN UNTUK ITU TELAH DITETAPKAN OLEH MPR, YAKNI KETETAPAN NO. II/MPR/1978. YANG DISINGKAT P. H. DAN DINAMAKAN EKA PRASETYA PANCAKARSA.

MARILAH KITA SELALU MEMOHON KEHADIRAT ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA AGAR NEGARA KITA REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA / UUD 1945 TETAP KUAT DAN SENTIASA. BILA LESTARI MENGEBAN FUNGSINYA SEBAGAI WAHANA DAN SARANA MENCAPAI MASYARAKAT YANG ADIL DAN MAKMUR. LAHIR MAUPUN BATIN.

SEKIAN SAMBUTAN YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN INI, SEMOGA ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA ESA SELALU MEMBERI JALAN YANG LURUS KEPADA PARA PEMIMPIN KITA DAN KEPADA PARA PEMEGANG KEKUASAAN, SERTA KEPADA SEGENAP BANGSA INDONESIA, AMIN

WASSALAMU’ALAIKUM WARAHATULLAHI WABARAKATUH

0 Hamas Peringatkan Zionis Tidak Masuk ke Masjid al-Aqsha


Pejabat Biro Politik Hamas, Izzat al-Rishq memperingatkan dampak dan akibat dari seruan kelompok Zionis radikal untuk masuk ke Masjid al-Aqsha.

Fars News (2/10) melaporkan, al-Rishq mengatakan bahwa rencana kelompok Zionis untuk masuk ke Masjid al-Aqsha akan berdampak buruk bagi Israel.

Dikatakannya, Masjid al-Aqsha adalah wakaf milik umat Islam dan Zionis tidak memiliki hak sedikit pun atas tanah suci ini.

Menurut rencana kelompok Zionis akan masuk ke Masjid al-Aqsha hari ini (Selasa, 2/10). Polisi Israel telah dikerahkan berjaga-jaga di sekeliling masjid al-Aqsha dan mereka hanya membolehkan warga Palestina yang berusia di atas 45 tahun memasuki masjid tersebut untuk menunaikan shalat.

Sebelumnya, warga Muslim dan Kristen Baitul Maqdis memperingatkan dampak buruk dari aksi sebuah lembaga Zionis afiliasi Partai Likud Israel, untuk memasuki Masjid al-Aqsha.

Warga Muslim dan Kristen pendukung Baitul Maqdis menilai aksi tersebut sebagai penistaan terhadap kesucian agama dan sakralitasnya.
Hana Isa, Sekjen Komunitas Islam-Kristen Baitul Maqdis mengatakan, "Kelompok Zionis radikal dan para tentara Israel sebelumnya telah merancang secara sembunyi-sembunyi untuk masuk ke Masjid al-Aqsha, akan tetapi kini mereka merencanakannya secara terang-terangan."(IRIB Indonesia/MZ)

search

YANG NYASAR DI BLOG