Pages

Sabtu, 15 September 2012

0 Peluk Pacar Dekat Ka'bah, Pria Saudi Dicambuk


Peluk Pacar Dekat Ka'bah, Pria Saudi Dicambuk
Jamaah haji ibarat semut mengelilingi Kabah, Senin (7/10)
REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Seorang pria Arab Saudi dijatuhi hukuman empat bulan penjara dan 70 kali hukum cambuk. Hukuman itu diterima pria 52 tahun tersebut lantaran ia kepergok polisi syariah memeluk perempuan yang bukan mahramnya di dekan Ka'bah.

Pria itu nekat melakukan perbuatan tercela tersebut di dekat kiblat umat Islam. Tak pelak, ia pun langsung digelandang polisi Syariah sebelum ratusan jamaah mendatangani Masjidil Haram.

Awalnya, pria itu mengklaim perempuan yang dipeluknya adalah tunangannya. Meski demikian, mereka belum sah menjadi mahram.

"Pengadilan menjatuhi hukuman bersalah setelah perempuan itu memberi keterangan mereka berdua sedang menjalin hubungan. Terlihat dari pesan mesra di ponsel mereka, dilontarkan keduanya," tulis emirates247.com, Jumat (14/9).

Setelah dinyatakan bersalah, pria itu akhirnya mengakui perbuatan tersebut salah dan meminta keringanan hukuman dari pengadilan.
sumber

0 10 Hal Mengejutkan yang Membuat Anda Cepat Tua

1. Menonton TV



Kita semua tahu bahwa duduk berjam-jam di depan TV tidaklah baik untuk pinggang. Tetapi Anda mungkin tidak tahu bahwa hal itu juga memperpendek hidup Anda.

Peneliti dari University of Queensland menemukan, setiap jam yang Anda habiskan di depan TV mengurangi umur Anda 22 menit. Penelitian lebih lanjut juga menemukan bahwa menonton TV juga menambah risiko terkena penyakit Alzheimer.


2. Minum dari botol dengan sedotan


Anda mungkin tahu, apa yang Anda minum memengaruhi penampilan Anda, tapi Anda mungkin terkejut bahwa minuman memengaruhi umur Anda.

Kenyataannya minum dengan sedotan dan langsung dari botol menyebabkan mulut mengerut dan oleh karena itu akan menimbulkan kerutan yang sama di sekitar mulut (sama seperti merokok). Cobalah minum langsung dari gelas sebisa mungkin untuk menghindari kerutan.


3. Terlalu sedikit (atau banyak) berolahraga


Manfaat olahraga tidak terukur untuk membuat Anda tetap merasa dan terlihat muda. Kekurangan olahraga tidak hanya memendekkan umur, tapi juga menambah risiko kegemukan dan sakit jantung.

Olahraga juga mencegah penyakit Alzheimer, membuat perasaan baik sehingga merasa sigap dan tetap bertenaga.

Lebih lanjut, olahraga juga meningkatkan peredaran darah ke kulit dan membuat Anda tetap bercahaya dan tampak muda. Sebaliknya, terlalu banyak olahraga membuat persendian kaku dan menambah risiko radang sendi.


4. Pemanas ruangan


Kita menghabiskan uang untuk membeli produk anti-penuaan, tapi justru sering membuat kulit cepat tua tanpa disadari. Pemanas dan pendingin ruangan sentral yang banyak kita gunakan bisa membuat kulit kering dengan cepat menyebabkan penuaan dini dan kerutan.

Cobalah kecilkan pemanas, gunakan pakaian pelapis agar lebih hangat. Menyimpan segelas air dalam ruangan juga bisa membantu menambah kelembapan udara, dan memakai krim wajah untuk mencegah kekeringan.


5. Gula


Memakan gula terlalu banyak tentu adalah berita buruk untuk lingkar pinggang kita. Namun ternyata gula ada di tingkatan yang sama dengan rokok dan matahari jika menyangkut hal yang membuat kerutan pada kulit.

Ketika tingkat gula darah tinggi, proses bernama glikasi merusak kolagen dalam kulit. Sekali rusak kolagen yang lentur berubah menjadi keras, yang berujung pada kerutan kulit.


6. Mendengarkan Musik Bersuara Keras


Kehilangan pendengaran adalah gejala umum penuaan, tapi sebagian dari kita kehilangan pendengaran karena mendengarkan musik yang telalu keras melalui headphone.

Meski mendengar musik dengan volume sedang tidak menimbulkan kerusakan yang parah, sebuah studi menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memengaruhi pendengaran untuk sementara waktu, sementara sebagian peneliti lain mengatakan mendengar musik yang terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan pendengaran permanen.


7. Pekerjaan Anda


Meski mempunyai pekerjaan adalah keharusan bagi sebagian dari kita, ini juga salah satu penyebab penuaan dini. Pertama, pekerjaan adalah sumber stres bagi banyak orang, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan pemercepat penuaan sel.

Kedua, menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat kerja membuat Anda punya sedikit waktu untuk latihan, makan makanan sehat dan tidur. Untuk mengurangi risiko, hindari waktu kerja yang terlalu panjang dan manfaatkan waktu malam dan akhir pekan Anda untuk bersantai.


8. Sabun



Meski Anda berpikir bahwa sabun adalah teman terbaik kulit, ini tidak benar. Alasannya adalah kulit mempunyai lapisan asam yang merupakan pelindung alami.

Ketika Anda membersihkan kulit dengan sabun yang umumnya mengandung alkali akan membuang lapisan pelindung yang mengandung minyak tersebut dan mengeringkan kulit, yang pada akhirnya membuat kulit keriput.

Tidak disarankan juga untuk berhenti mandi, tapi cobalah sabun dengan PH-netral dan sabun tanpa bahan kimia, dan perlu diingat, jangan berlebihan membersihkan kulit.


9. Sarung bantal


Anda mungkin berpikir akan memanjakan kecantikan saat tidur di malam hari, hal ini bisa jadi tidak benar. Jika Anda sering tidur dengan salah satu sisi wajah yang sama, ini bisa menyebakan penambahan garis wajah dan kerutan.

Untuk tetap tampak muda, cobalah tidur telentang, atau mengganti sarung bantal dengan sutra atau satin untuk mengurangi tekanan pada wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah.


10. Diet rendah lemak


Banyak dari kita beralih ke diet rendah lemak untuk mengurangi berat badan. Tetapi mengurangi makan seperti lemak sehat Omega-3 bisa berefek negatif dan membuat Anda cepat tua.

Omega-3 terdapat dalam minyak ikan, kacang kenari, dan biji-bijian, tidak hanya penting untuk menjaga kulit tetap lentur dan bebas kerutan, tapi juga penting untuk kesehatan otak dan membuat jantung dalam kondisi sehat dan juga memperpanjang umur.


Sumber :
yahoo.com

0 7 Film yang Mengacaukan Fakta di Dunia

1. 10,000 B.C.

tumblr ll6g65cA7F1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Yang pertama 10.000 B.C. Sutradara Roland Emmerich itu emang suka mainin fakta kali ya (misal: mengirimkan virus komputer lewat Macintosh untuk membunuh alien di film Independence Day). Jadi dengan sangat berat hati kami menginformasikan bahwa para mammoth bukanlah alat untuk membuat piramid. Lagian, mammoth nggak hidup di padang pasir. Buat apa rambut tebal kalau harus tinggal di tempat begituan? Dan… jaman begono belum ada piramid, seenggaknya sampai 2.500 SM atau lebih.
 

2. Gladiator

tumblr ll6g9boNyT1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Kaisar Commodus sama sekali bukan sister-complex seperti yang digambarkan dalam film. Alkoholik yang kejam, benar juga sih, tapi enggak secengeng itu. Dia bahkan mampu memerintah lebih dari satu dekade dan bukan hanya beberapa bulan aja. Dia juga nggak membunuh ayahnya sendiri, Marcus Aurelius, yang aslinya wafat karena penyakit cacar. Dan terakhir, alih-alih dibunuh di arena gladiator, Commodus sebenarnya dieksekusi di kamar mandinya sendiri.
 

3. 300

tumblr ll6gdq4xpY1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Walaupun film ini mengambil latar berdasarkan kejadian nyata yaitu Battle of Thermopylae, film ini kebablasan dalam berkreasi dengan stylenya. Yang paling keliatan adalah si Raja Persia Xerxes nggak setinggi 8 kaki seperti yang digambarkan oleh Cirque du Soleil. Lalu konsul di Sparta hanya boleh diikuti oleh orang yang berusia 60 tahun lebih, dan nggak ada satupun orang seperti Theron yang diperankan oleh Dominic West yang berusia 37 tahun. Dan para pejuang Sparta pergi ke medan perang dengan menggunakan baju besi, bukan hanya celana dalam seksi dari kulit.
 

4. The Last Samurai

tumblr ll6ghqOYn71qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Orang jepang di akhir abad 19 tidak menggunakan tenaga dari luar negeri untuk memodernisasikan militer mereka. Kalaupun iya, kebanyakan adalah orang Perancis, bukan Amerika. Karakter Ken Watanabe diambil dari orang bernama Saigo Takamori yang mati karena melakukan bunuh diri, atau “seppuku,” karena menderita kekalahan dan bukannya mati karena dibredel peluru. Lagian, diragukan sekali bahwa seorang veteran perang pemabuk berusia 40an, bahkan yang punya ramput indah pun, bisa menguasai sumpit dan pedang samurai seahli itu.
 

5. Apocalypto

tumblr ll6gj8uV8L1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Film ini telah berhasil membuat migrain departemen Antropologi. Memang benar suku Maya mengorbankan manusia untuk upacara tapi bukan untuk Kulkulkan, si dewa matahari, dan hanya petinggi-petinggi yang diambil dalam perang saja yang dibunuh. Para penginvasi yang datang pada akhir movie seperti pahlawan kesiangan aja, karena 90% dari penduduk Amerika asli meninggal karena cacar yang ditularkan dari babi Spanyol yang terinfeksi.
 

6. Memoirs of a Geisha

tumblr ll6gn4hy9J1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Kedewasaan geisha, atau “mizuage,” hanyalah sebuah perubahan penampilan, dimana ia merubah tata rambut dan pakaiannya. Proses ini tidak melibatkan geisha jadi lebih intim dengan pelanggannya. Dalam sebuah adegan klimaks dimana Sayuri menyuguhkan tarian megah pada para penonton, settingnya – seperti sepatu berhak, salju buatan, dan lampu-lampu aneh – lebih kelihatan seperti Studio 54 daripada Kyoto sebelum masa perang.
 

7. Braveheart

tumblr ll6gphyadI1qc2jga 10 Film Yang Mengacaukan Fakta Sepanjang Sejarah
Mari lupakan sejenak bahwa kilt -semacam rok tradisional Skotlandia- belum digunakan sampai kira-kira 300 tahun setelah William Wallace. Menurut film ini, pesona dari mata biru Wallace saat perang Falkirk sangat powerful, dia berselingkuh dengan istri raja Edward II, yaitu Isabella dari Perancis, dan menghasilkan Edward II dari hubungan itu. Tapi berdasarkan buku-buku sejarah, Isabella baru berumur 3 tahun pada saat perang terjadi, dan Edward II baru lahir 7 tahun setelah kematian Wallace.
 
 

0 Apa Tujuan AS Kirim Dua Kapal Perang ke Libya ?


Buntut dari terbunuhnya Duta Besar Amerika Serikat di Libya, John Christopher Stevens ternyata masih panjang. Setelah mengirim pesawat tanpa awak ke Libya atas instruksi Presiden Barack Obama yang kemudian disusul dengan langkah Pentagon mengirim satu regu marinir ke Benghazi, kini Negeri Paman Sam ini mengirim dua kapal perangnya ke Libya.

Sumber di pemerintah AS mengatakan, dua kapal perang yang dikirim adalah USS Laboon dan USS McFaul. Kapal-kapal itu adalah jenis kapal perusak rudal dengan sekitar 50 unit marinir. Juru bicara Departemen Pertahanan AS, George Little, mengatakan pengerahan militer itu merupakan langkah pencegahan. Dalam kondisi seperti saat ini, ia mengeklaim langkah tersebut merupakan langkah yang logis dan tepat.

USS Laboon yang tengah bersandar di Pulau Kreya, Yunani, bisa dikirim hanya dalam hitungan jam. Sementara USS McFaul berjarak beberapa hari dari perairan Libya. Kedua kapal perang itu memiliki persenjataan lengkap, termasuk rudal Tomahawk yang banyak digunakan saat NATO membantu oposisi Libya menumbangkan Kolonel Muammar Gaddafi.

Salah seorang petinggi militer Amerika yang tidak bersedia disebutkan identitasnya menyatakan bahwa misi dari kedua kapal tersebut hingga kini masih belum jelas. Tak hanya Pentagon yang langsung mereaksi peristiwa tewasnya Dubes Stevens di Libya, FBI juga diberitakan ingin mengirim tim pencari fakta untuk menyelidiki kasus ini.

Dalam pandangan Amerika, tewasnya Stevens beserta tiga stafnya serta serangan terhadap gedung konsulatnya di Banghazi bukan aksi sporadis, namun lebih mengarah ke aksi terorganisir. Menurut mereka sepertinya aksi ini didalangi oleh kelompok Islam radikal yang menamakan dirinya "Pengikut Syariat". Sejumlah laporan menyebutkan keterlibatan sayap al-Qaeda di Afrika Utara dalam serangan terhadap konsulat Amerika ini.

Sementara itu, Barack Obama bersumpah akan mengejar dan membawa para pembunuh Duta Besar John Christopher Stevens ke muka hukum. "Keadilan akan ditegakkan," kata Obama saat menyampaikan pernyataan resminya di Rose Garden, Gedung Putih.

"Sangat tragis bahwa Chris Stevens tewas di Benghazi, di kota yang dia coba selamatkan," ujar Obama sambil memuji peran Stevens dalam proses penggulingan Gaddafi.

Pernyataan Obama ini sekaligus menepis kritikan rivalnya dalam pemilihan presiden, Mitt Romney. Kandidat Partai Republik itu mengatakan, pemerintahan Obama terlihat bersimpati pada pelaku serangan di Benghazi.

Sikap Obama Terhadap Pembakaran Bendera AS di Mesir
Barack Obama belum mengambil sikap terkait pembakaran bendera Amerika Serikat oleh pengujuk rasa di Mesir. Menurut dia, atas insiden tersebut, Mesir tidak dapat dikategorikan sebagai musuh maupun sekutu AS.

"Saya pikir kami tidak memandang mereka sebagai sekutu. Tapi kami juga tidak memandang mereka sebagai musuh," kata Presiden AS itu. Ia menambahkan, pemerintah AS masih memantau apa yang terjadi di Mesir pasca insiden di kedutaan AS di Kairo itu. "Kami akan terus melihat bagaimana mereka merespon terhadap insiden ini. Dalam situasi ini, yang kami harapkan adalah mereka merespon sikap kami bahwa kedutaan adalah di bawah perlindungan kami dan para personel (diplomat) juga dilindungi," ujarnya.

Sebelumnya, ribuan warga Mesir melakukan aksi protes di kedutaan AS atas film 'Innocence Muslim' yang dinilai menistakan Nabi Muhammad SAW. Unjuk rasa sempat diwarnai kericuhan ketika para demonstran memanjat gerbang kedutaan dan membakar bendera AS. Petugas keamanan kedutaan sempat merespon represif dengan melepaskan tembakan.

Kini demo atas pembuatan film yang menistakan Nabi Muhammad SAW ini terus melebar. Setelah di Kairo dan Libya, umat Islam di Iran, Sudan, bahkan di Palestina pendudukan pun bergerak memprotes aksi bejat ini. (IRIB Indonesia/MF)

Jumat, 14 September 2012

0 Netanyahu Semakin Terpojok Soal Nuklir Iran


Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Jumat (14/9) membantah tuduhan bahwa ia mencampuri kebijakan Amerika Serikat di tengah kritik kerasnya terhadap cara Presiden Barack Obama menangani Iran.

Hubungan antara Netanyahu dan Obama memanas setelah pemimpin Zionis itu mengatakan negara-negara yang gagal untuk menetapkan garis merah bagi Iran tidak memiliki "hak moral" untuk mencegah Israel meluncurkan serangan militer.

Dia tidak menyebut nama Amerika, tapi komentar itu jelas ditujukan kepada Obama dan pemerintahannya.

Sejumlah kritikus menuduh Netanyahu berusaha mempengaruhi pemilu AS yang akan digelar pada November mendatang.

"Itu omong kosong, karena apa yang saya khawatirkan bukanlah pemilu di Amerika, tetapi sentrifugal di Iran," tegas Netanyahu kepada surat kabar Israel, Hayom.

Israel dan negara-negara Barat menuding Iran sedang mengembangkan teknologi untuk membangun senjata nuklir. Namun, Tehran membantah tuduhan itu dan menegaskan program nuklirnya sepenuhnya damai.

Netanyahu terus-menerus mendesak AS dan Eropa untuk menerapkan lebih banyak tekanan pada Iran. Dia percaya bahwa hanya aksi militer yang dapat menghentikan Iran. (IRIB Indonesia/RM)

Kamis, 13 September 2012

0 Keterlibatan Mossad Dalam Tragedi 11 September Makin Terang

Image-7358Keterlibatan Mossad Dalam Tragedi 11 September Makin Terang - Keterlibatan Mossad (dinas rahasia luar negeri Israel) dalam serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan menara kembar World Trade Center di Kota New York, Amerika Serikat, kian terbuka. Insiden itu menewaskan sedikitnya 2.970 orang.
Menurut sebuah artikel dilansir mingguan the American Free Press tiga tahun lalu, sepupu dari pembajak pesawat dalam serangan 11 September 2001, Ziad al-Jarrah, merupakan agen Mossad.
Surat kabar the New York Times pun menyebutkan sepupu Ziad, Ali al-Jarrah, yang berkebangsaan Libanon telah bekerja dengan Mossad selama dua dekade. Ali mengakui tugasnya memata-matai kelompok-kelompok pejuang Palestina dan Hizbullah di Libanon sejak 1983.
“Salah satu sepupu Ziad, Ali al-Jarrah, merupakan satu dari 19 pembajak yang melakukan serangan 11 September 2001,” tulis koran itu. Ziad lebih tua 20 tahun ketimbang Ali. Mereka berupaya menutupi kalau saling mengenal untuk menutupi penyamaran Ali.
Fakta ini memunculkan dugaan Mossad memang sengaja merekrut para pelaku serangan 11 September 2001 dari kalangan muslim. Keterlibatan Mossad, menurut the New York Times, dapat dilihat dari lima warga Israel yang menari dan bersorak kegirangan saat menyaksikan tragedi itu. Kelima orang itu sempat ditahan 71 hari sebelum dibebaskan secara rahasia lantaran mereka agen Mossad.
Mengutip dua mantan agen intelijen Amerika CIA, majalah Forward melaporkan setidaknya dua dari lima orang Israel itu adalah anggota pengintai dari Mossad. “Tidak ada pemeriksaan tapi (perintah penghentian penyelidikan) datang dari Gedung Putih,” tulis mingguan itu.
Bekas Perdana Menteri Italia Francesco Cossiga pernah menyatakan keheranannya lantaran tidak ada satu pun dari 3.000 orang Israel yang bekerja di sana masuk pada hari kejadian. Komentarnya itu diperkuat oleh pelbagai laporan yang menyebutkan dua jam sebelum serangan, Odigo, perusahaan telekomunikasi Israel, menerima peringatan melalui pesan pendek.
Lantas Odigo meneruskan pesan itu kepada seluruh warga Israel yang bekerja di menara kembar WTC untuk tidak masuk. Kantor pusat Odigo hanya dua blok dari lokasi kejadian.
Mossad juga diyakini terlibat pengeboman pertama menara kembar WTC pada 1993. Pada 3 Agustus tahun itu, reporter investigasi Robert I Friedman menulis dalam The Village Voice bahwa Ahmad Ajaj, 27 tahun, merupakan agen Mossad. Pria asal Tepi Barat itu didakwa merencanakan pengeboman itu.
Ia ditangkap bersama Ramzi Ahmad Yusuf di Bandar Udara John Fitzgerald Kennedy, New York, 1 September 1992 setelah terbang dari Peshawar, Pakistan. Ajaj membawa paspor palsu Swedia dan buku cara merakit bom. Ia divonis enam bulan pada hari serangan, 26 Februari 1993.
Ramzi, salah satu tokoh kuci pada pengeboman pertama WTC, merupakan keponakan Syekh Muhammad yang dipercayai pemerintah Amerika sebagai dalang serangan 11 September 2001. Jauh sebelum insiden itu terjadi, banyak tokoh Islam meyakini Ramzi dan Syekh Muhammad bekerja bagi Mossad.
Menurut Firedman, Ajaj direkrut Mossad saat ditahan di Israel lantaran memalsukan dolar Amerika. “Selama dipenjara, Mossad merekrut dia, kata sumber-sumber intelijen Israel,” tulis Friedman. Ia hanya menjalani hukuman setahun dari vonis dua tahun penjara.
Israel berusaha menampilkan Ajaj sebagai pejuang garis keras Palestina. Tentara Israel menangkap kembali dia dengan tudingan menyelundupkan senjata ke Tepi Barat buat Fatah. Ia lantas dideportasi. Semua ini memang sudah diatur. Mossad menugaskan Ajjaj menyusup ke kelompok-kelompok pejuang Palestina dan Hizbullah di luar negeri.
Meski Badan Penyelidik Pusat Amerika (FBI) menyatakan Ajaj sebagai teroris intifadah senior dan terkait kelompok Hamas, Kol Ha’ir menyatakan ia tidak pernah terlibat dalam intifadah. Apalagi menjadi anggota Hamas atau aktif di Organisasi Pembebasan Palestina (PLO). Menurut majalah berbahasa Ibrani paling disegani itu, Ajaj hanyalah penjahat biasa.

sumber

0 Tak Puas Kirim Pesawat Tanpa Awak, AS Juga Kirim Marinir ke Benghazi


Menyusul instruksi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama untuk mengirim pesawat tanpa awak ke Libya, Pentagon juga telah mengirim pasukan marinir terlatih ke Benghazi.

Menurut laporan ISNA, pasca protes warga Libya terhadap film yang melecehkan kesucian Nabi Muhammad Saw dan tewasnya duta besar Amerika di Benghazi, Barack Obama dengan dalih melacak kelompok radikal di Libya memerintahkan pengiriman pesawat tanpa awak ke negara ini.

Menurut Obama, pesawat ini mengemban misi melacak kamp-kamp pelatihan kubu radikal dan teroris di Libya serta menghancurkannya.

Sementara itu, Departemen Pertahanan Amerika (Pentagon) juga memutuskan mengirim satu pasukan marinir terlatih yang beranggotakan 50 orang ke Benghazi. Tim ini selanjutnya bertugas menjaga keamanan gedung konsulat Amerika di Libya.

Petinggi Pentagon juga mengklaim, marinir yang dikirim ke Benghazi memiliki tugas menjaga keamanan para diploma Amerika di Libya pasca serangan ke gedung konsulat negara ini di Libya.

Menurut pejabat Amerika, FBI juga tak mau ketinggalan dalam masalah ini. FBI mengirim tim pencari fakta ke Libya. (IRIB Indonesia/MF)

Rabu, 12 September 2012

0 Elit Bangsa Maya Gunakan Teater untuk Menindas Minoritas

Panggung teater yang terletak di dalam kompleks istana bukanlah untuk seni pertunjukkan hiburan, melainkan digunakan sebagai alat politis.

suku maya,meksiko,chiapasReruntuhan peninggalan suku Maya di Chiapas, Meksiko. (Thinkstockphoto).
Sebuah panggung teater unik milik suku Maya ditemukan pada situs arkeologi di Plan de Ayutla, di Ocosingo, Chiapas, Meksiko. Keunikan panggung teater ini terletak pada letak dan fungsinya.
Menurut informasi dari National Institute of Anthropology and History (INAH) bangunan yang telah berusia 1.200 tahun ini bukanlah digunakan sebagai tempat pertunjukkan seni dan budaya. Melainkan digunakan oleh kaum elit Maya untuk melegitimasi kekuasaan dan menundukkan kaum minoritas.
Lokasi bangunan ditemukannya pun tak lazim yakni berada di dalam lingkungan istana, ujar Direktur proyek penelitian, Luis Alberto Martos Lopez.
Terletak di Acropolis Utara, panggung teater ini tertutup oleh bangunan di semua sisi yang tertanggal 250-550 SM. Arsitektur yang tidak biasa membuat panggung teater ini hanya mampu menampung 120 orang.
"Ini berbeda dengan semua teater yang pernah diteliti. Biasanya teater dibangun di sebuah plaza untuk menghibur banyak orang," kata Martos López.
Di dekat amphiteater terdapat peluit, ocarinas, dan patung yang menggambarkan dewa suku bangsa Maya. Mereka sebagian besar dihiasi dengan dekorasi dinding di bawah bangunan.
Adegan yang mungkin ditampilkan di pangggung teater yakni seperti upacara penyiksaan terhadap para tahanan secara brutal hingga berakhir dengan pemenggalan. Tema yang selalu diangkat dalam pertunjukkan tak jauh-jauh dari penindasan. Ini merupakan hal yang lumrah sesuai fungsi panggung teater sebagai alat politik untuk menindas kaum minoritas.
Menurut Martos Lopez, sekitar tahun 850 suku Maya menggunakan sistem multepal atau sistem pemerintahan bersama di Plan de Ayutla. Mereka memainkan drama politik di panggung teater untuk memaksakan ideologi kepada kelompok minoritas lokal.

sumber

0 Beginilah Cara Belajar 4 Ilmuwan yang Paling Terkenal di Dunia

Menjadi kreatif di zaman modern saat ini sudah menjadi sebuah kewajiban. Suatu negara tentu akan menghadapi banyak masalah jika negara tersebut kurang memberdayakan sumber daya manusianya untuk bisa menjadi kreatif.

Menjadi kreatif itu luas maknanya. Kreatif dalam berkarya, kreatif dalam berpikir bahkan berkreatif dalam menyelesaikan masalah.

Dalam belajar sains atau IPA, guru dan siswa seharusnya perlu mengenal latar belakang dari ilmuwan dan bagaimana mereka bisa menciptakan konsep ilmu atau suatu rumus.

Dalam realita bahwa umumnya guru dan siswa juga mengenal konsep dan rumus dan proses pembelajaran kerap kali bercorak membahas rumus dan soal-soal saja.

Sangat tepat rasanya kalau guru dan siswa juga mengenal proses kreatif para ilmuwan (seperti Albert Einstein, Thomas Alfa Edison, Isaac Newton, Charles Darwin dan lain-lain) dalam menemukan suatu fenomena lewat membaca buku biografi mereka.


1. Albert Einstein



Cara berbicaranya pada masa kecil tidak begitu menarik. Kemampuan berbahasa atau berbicaranya sangat lambat. Melihat kondisi itu orang tuanya sangat prihatin sehingga ia berkonsultasi dengan dokter.

Karena kemampuan berbicaranya yang lambat membuatnya pernah gagal di sekolah dan kepala sekolah menyarankan agar ia keluar dari sekolah. Tentu saja ia memberontak kepada sekolah yang mengusirnya dan menganggapnya sebagai anak yang sangat bodoh.

Pada masa kecil, Einstein adalah anak yang baik dan ia punya karakter suka menolong, karakter ini membuatnya makin cerdas. Kemampuan berbahasanya memang lebih rendah dibandingkan kemampuan numerika atau matematika.

Ia tidak pernah gagal dalam mata pelajaran matematika. Sebelum ia berumur lima belas tahun ia telah menguasai kalkulus diferensial dan integral yang dipelajarinya secara otodidak.

Saat di sekolah dasar, dia berada di atas kemampuan rata-rata kelas, namun ia memiliki kegemaran untuk memecahkan masalah rumit dalam aritmatika terapan.

Orang tuanya ikut mendukung minat Einstein dalam matematika. Ia membelikan buku-buku teks sehingga ia bisa menguasai pelajaran angka-angka selama liburan musim panas.


2. Thomas Alfa Edison

Thomas_Alva_Edison.jpg

Ia belajar bagaimana cara menemukan lampu. Sebelum lampu pertamanya menyala ia melakukan 5.000 eksperimen yang selalu berakhir dengan kegagalan. Namun cara berpikir yang dimiliki oleh Thomas Alfa Edison sangatlah positif dan tahan banting, ini membawanya kepada kreativitas tingkat tinggi.


3. Isaac Newton


Lahir di Woolsthorpe-Lincolnshire, Inggris. Ia adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiwan, dan teolog yang berasal dari Inggris.

Ayahnya yang juga bernama Isaac Newton meninggal tiga bulan sebelum kelahiran Newton. Newton dilahirkan secara prematur. Ketika Newton berumur tiga tahun, ibunya menikah kembali dan meninggalkan Newton di bawah asuhan neneknya.

Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya.

Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di kost milik apoteker lokal (William Clarke). Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge (usia 19), Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Namun Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran dan kisah cintanya menjadi semakin tidak menentu dan putus begitu saja.

Keluarganya mengeluarkan Newton dari sekolah dengan alasan agar dia menjadi petani saja, bagaimanapun Newton tidak menyukai pekerjaan barunya.

Kepala sekolah King’s School kemudian meyakinkan ibunya untuk mengirim Newton kembali ke sekolah sehingga ia dapat menamatkan pendidikannya. Newton dapat menamatkan sekolah pada usia 18 tahun dengan nilai yang memuaskan.

Newton diterima di Trinity College Universitas Cambridge (sebagai mahasiswa yang belajar sambil bekerja untuk mengatasi masalah keuangannya). Pada saat itu, kurikulum universitas didasarkan pada ajaran Aristoteles, namun Newton lebih memilih untuk membaca gagasan-gagasan filsuf modern yang lebih maju seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler.

Ia kemudian menemukan teorema binomial umum dan mulai mengembangkan teori matematika yang pada akhirnya berkembang menjadi kalkulus.


4. Charles Darwin


Lahir tanggal 12 Februari 1809 di Shropshire, Inggris. Ia anak ke-lima Robert Waring Darwin. Ia belajar sesuai dengan kurikulum berbahasa Yunani Klasik. Ia tidak memperlihatkan prestasi yang bagus secara akademik.

Kemudian ia mengambil jurusan kedokteran tetapi tidak banyak memperoleh kemajuan. Untuk itu ia melakukan usaha lain agar bisa maju. Ayahnya menyarankan Darwin untuk menjadi pendeta dan belajar di Christ’s College untuk belajar teologi.

Tetapi ia juga tidak memperoleh kemajuan, ia malah senang berburu dan permainan menembak. Ternyata Darwin mempunyai minat dalam mengkoleksi tanaman, serangga, dan benda-benda geologi. Ia tertarik dengan bakat berburu sepupunya William Darwin.

Darwin mengembangkan minatnya dalam serangga dan spesies langka. Naluri ilmiah Darwin didorong oleh Alan Sedgewick, seorang ahli bumi, dan juga didorong oleh John Stevens Henslow, seorang professor botany.

Darwin kemudian menjadi naturalist (pencinta alam) dan ikut melakukan ekspedisi dengan HMS Beagle. Tim ekspedisi HMS Beagle berlayar dan mengunjungi banyak negeri di lautan Pasifik Selatan sebelum kembali ke Inggris melalui Tanjung Harapan Baik di Afrika Selatan, dalam rangka mengelilingi dunia.

Darwin juga sangat dipengaruhi oleh pemikiran Thomas Malthus, dengan bukunya "Essay on the Principle of PopulationI". Buku tersebut mengatakan bahwa populasi seharusnya bertambah sesuai dengan batas persediaan makanan, kalau tidak maka akan terjadi persaingan untuk memperebutkan makanan.

Setelah membaca buku ini, Darwin memfokuskan teorinya bahwa "The diversity of species centered on the gaining of food – food being necessary both to survive and to breed"- semua jenis spesies terfokus dalam memenuhi kebutuhan makanan dan makanan berguna untuk kelangsungan hidup dan untuk berkembang biak.


Inspirasi

Dari paparan di atas terlihat bahwa sukses seorang ilmuwan berskala dunia tidak jatuh dari langit, atau diperoleh saat kelahirannya. Kesuksesan sebagai ilmuwan diperoleh melalui proses kreatif (belajar kreatif) selama hidupnya.

Tidak semua orang memiliki kemampuan berganda yang hebat, Einstein misalnya pada masa kecil tidak beruntung dengan kemampuan bahasanya, namun ia mengembangkan kemampuan yang lain.

Einstein bisa melejit pada bidang matematika. Bagi kita, mungkin bisa melejit pada bidang olah raga, musik, organisasi atau pada bidang lain.

Kesuksesan seorang anak juga akan terbentuk dengan dukungan orang tua seperti yang dialami Einstein, atau dukungan tokoh lain seperti yang dialami oleh Darwin.

Tidak mungkin seseorang bisa sukses untuk skala nasional, apalagi untuk skala internasional kalau mereka tidak minat membaca.

Newton membaca gagasan-gagasan filsuf seperti Descartes dan astronom seperti Copernicus, Galileo, dan Kepler. Darwin dipengaruhi oleh pemikiran (buku) Thomas Malthus, nah bagaimana dengan Anda?

Orang bisa sukses karena memiliki karakter tidak mudah putus asa, Thomas Alfa Edison, misalnya, sangat tahan banting dan tidak suka mengeluh. Sebelum menemui sebuah lampu pijar yang bisa menyala, ia harus melakukan lebih dari 5.000 kali eksperimen di bengkel milik ayahnya.


Bagaimana proses belajar kreatif para ilmuwan berskala internasional ?

Cukup mudah, yaitu miliki suatu bakat atau minat dalam bidang ilmu (misal dalam seni, fisika, kimia, sejarah, ekonomi, geografi, dll), kemudian kembangkan minat tersebut dengan belajar keras dan lakukan secara otodidak.

Mintalah dukungan dari orang terdekat, termasuk guru. Miliki karakter yang tahan banting (tidak suka putus asa dan mengeluh), miliki minat dan kesenangan membaca yang mendalam untuk menambah wawasan. Untuk sukses maka diperlukan puluhan, ratusan atau ribuan kali latihan.


Sumber :
klipingkita.com

0 Istana Jutawan Roma

 Istana Jutawan Roma

Di kota pertanian orang Roma, pedagang menjadi kaya dalam waktu singkat.

Oleh Tom O'Neill
Foto oleh Karla Gachet dan Ivan Kashinsky
Dengan tangan terlipat di atas perut buncit dan topi fedora jerami bak mahkota di kepala, pria tua bernama Paraschiv duduk bersandar di bangku, memperhatikan lingkungannya. Sungguh pemandangan tak lazim di kawasan pedesaan Rumania. Di kedua sisi jalan utama, tampak deretan rumah megah. Serambinya dilengkapi balkon dan tiang. Atap dijejali cerobong asap, menara, dan kubah. Mobil BMW dan Mercy lalu-lalang di jalan. Saat itulah sopir truk yang mengangkut babi mendadak menginjak rem dan terpana menatap rumah-rumah itu.

Paraschiv tersenyum. Ini kampung halamannya; ini Buzescu, ajang pameran perkembangan penduduk terunik Eropa, para hartawan Roma.Paraschiv tidak menggunakan kata “Roma,” nama yang benar dan terhormat untuk kelompok etniknya yang berarti “lelaki” dalam bahasa Romawi. Alih-alih, dia dan tetangganya menyebut diri mereka Tsigani, atau Gipsi, sebutan yang bernada merendahkan yang mereka kenal sejak kecil. Sebutan yang masih sering digunakan banyak warga non-Roma di negaranya, yang bersinonim dengan pengemis, pencuri, parasit.

“Saya membangun salah satu dari deretan rumah megah pertama pada 1996,” katanya sambil menggerakkan kepala ke arah rumahnya yang semarak dihiasi marmer abu-abu dan putih dengan balkon di semua sudut. Nama putranya, Luigi dan Petu, disablon di bagian atas menara, dilapisi timah. “Kedua anakku ingin merobohkan rumah ini dan membangun dengan bentuk lain; katanya yang ini sudah ketinggalan zaman.” Paraschiv mengangkat bahu. “Ya terserah saja.”

Rumah megah Paraschiv yang berlantai dua itu termasuk rumah sederhana. Istana raksasa berlantai lima dengan kolom di sana-sini semakin banyak jumlahnya di bagian selatan kota, tempat tinggal orang Roma. Ada juga yang tampak seperti bangunan kantor pusat, berdinding melengkung dari gelas-cermin; kastil bangsawan, dengan benteng dan balkon berwarna-warni seperti tempat duduk penonton VIP di gedung opera; dan pesanggrahan khas Swiss, dengan atap berpuncak tinggi dan patung kurcaci di beranda.

Tampilannya mencolok mata, arsitekturnya berlebihan, selera orang kaya baru. Secara keseluruhan, sekitar seratus rumah megah Roma bermunculan dengan pesat di desa pertanian yang sebenarnya sangat bersahaja dengan jumlah penduduk 5.000 jiwa, sekitar 80 kilometer di barat daya ibu kota, Bukares.

Judul “Hartawan Roma” terlihat seperti salah cetak, kelakar sinis. Sejumlah besar orang Roma di Rumania yang diperkirakan mencapai dua juta orang, atau sekitar 10 persen dari populasi, hidup miskin dalam lingkungan yang berat. Komunitas mereka terjebak dalam kekumuhan kota yang jorok atau dalam gubuk kardus di tepian kota. Nasib mereka sama dengan orang Roma di seluruh Eropa Timur; di situ mantan orang-orang seminomaden ini adalah warga kelas bawah yang dibenci, mencolok mata karena kepapaan, tidak berpendidikan, serta memiliki kepicikan yang mendarah-daging.

Bagi sejumlah besar gadje, istilah orang Roma untuk non-Roma, rumah mewah orang Roma di Buzescu sangat menusuk hati, cara pamer kekayaan yang tak layak dimiliki. Namun, kaum elite Roma tidaklah bermaksud membuat orang lain terkesan. Mereka tak ingin orang berhenti, bertanya, dan memotret. “Tempat seperti ini tidak cocok untuk Anda,” kata Gelu Duminica, ahli sosiologi Roma. Maksudnya, tidak cocok bagi semua orang yang bukan orang Roma. Rumah-rumah megah itu dibangun hanya untuk mengesankan sesama orang Roma, ujar Duminica, sebuah cara pamer kekayaan dan status di kalangan mereka sendiri.
sumber

0 Asal-usul Bahasa Indonesia

bahasa indonesia, melayu, sumpah pemuda

Pravitasari/Fotokita.net
Bahasa Melayu diketahui sebagai akar dari lingua franca Indonesia. Sutan Takdir Alisjahbana, dalam bukunya Sedjarah Bahasa Indonesia, mengutarakan bahasa Melayu memiliki kekuatan untuk merangkul kepentingan bersama sehingga untuk dipakai di Nusantara.

Menurut Alisjahbana, persebarannya juga luas karena bahasa Melayu dihidupi oleh para pelaut pengembara dan saudagar yang merantau ke mana-mana. "Bahasa itu adalah bahasa perhubungan yang berabad-abad tumbuh di kalangan penduduk Asia Selatan," tulisnya. Faktor lain, bahasa Melayu adalah bahasa yang mudah dipelajari.

Pada era pemeritahan Belanda di Hindia, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa resmi kedua dalam korespondensi dengan orang lokal . Persaingan antara bahasa Melayu dan bahasa Belanda pun semakin ketat. Gubernur Jenderal Roshussen mengusulkan bahasa melayu dijadikan sebagai bahasa pengantar di sekolah-sekolah rakyat.

Meski demikian, ada pihak-pihak yang gigih menolak bahasa Melayu di Indonesia. Van der Chijs, seorang berkebangsaan Belanda, menyarankan supaya sekolah memfasilitasi ajaran bahasa Belanda. JH Abendanon yang saat itu Direktur Departemen Pengajaran, berhasil memasukkan bahasa Belanda ke dalam mata pelajaran wajib di sekolah rakyat dan sekolah pendidikan guru pada 1900.

Akhirnya persaingan bahasa ini nampak dimenangkan oleh bahasa Melayu. Bagaimanapun bahasa Belanda ternyata hanya dapat dikuasai oleh segelintir orang. Kemudian di Kongres Pemuda I tahun 1926, bahasa Melayu menjadi wacana untuk dikembangakan sebagai bahasa dan sastra Indonesia.

Pada Kongres Pemuda II 1928, diikrarkan bahasa persatuan Indonesia dalam Sumpah Pemuda. James Sneddon, penulis The Indonesia Language: Its History and Role in Modern Society terbitan UNSW Press, Australia mencatat pula kalau butir-butir Sumpah Pemuda tersebut merupakan bahasa Melayu Tinggi. Sneddon menganalisis dari penggunakan kata 'kami', 'putera', 'puteri', serta prefiks atau awalan men-.

20 Oktober 1942, didirikan Komisi Bahasa Indonesia yang bertugas menyusun tata bahasa normatif, menentukan kata-kata umum dan istilah modern. Pada 1966, selepas perpindahan kekuasaan ke tangan pemerintah Orde Baru, terbentuk Lembaga Bahasa dan Budaya di bawah naungan Departemen Pendidikan Kebudayaan. Lembaga ini berganti nama menjadi Lembaga Bahasa Nasional pada 1969, dan sekarang berkembang dengan nama yang dikenal, Pusat Bahasa.

Tanggung jawab kerja Pusat Bahasa antara lain meningkatkan mutu bahasa, sarana, serta kepedulian masyarakat terhadap bahasa.

sumber

0 Bahasa Inggris Asalnya dari Turki?


Selama ini teori konvensional yang diterima, bahwa bahasa Inggris berasal dari Russia bagian barat daya sekitar 5000 tahun lalu. Namun, hipotesa baru muncul: bahasa Inggris berasal dari Turki sejak 9000 tahun lalu.

Untuk memahami hal ini, kita lihat dulu keluarga bahasa yang dibuat oleh para ahli bahasa, ethnolog. Menurut database etnologi, ada lebih dari 100 keluarga bahasa.
 womanatics.com
Keluarga bahasa adalah kelompok bahasa yang muncul dari satu nenek moyang, dikenal dengan nama bahasa proto.

Ahli bahasa mengidentifikasi keluarga-keluarga bahasa ini dengan cara mempelajari bahasa modern untuk mencari bunyi kata serupa yang seringkali menjelaskan hal serupa pula, seperti water [bahasa Inggris] dan wasser [bahasa Jerman]. Kata-kata homofon mewakili warisan bahasa.

Keluarga Indo Eropa adalah salah satu keluarga terbesar, lebih dari 400 bahasa diucapkan di lebih dari 60 negara dan asal muasal mereka tidak jelas.

Steppes atau Kurgan, para ahli teori yang menyatakan bahwa bahasa proto berasal dari Steppes di Rusia, di utara Laut Kaspia, sekitar 5.000 tahun silam. Inilah pendapat yang selama ini diterima oleh dunia.


Metode berbeda, semua berasal dari Turki
Namun pendapat tersebut mendapat antitesis yang disebut: Hipotesis Anatolia. Di akhir tahun 1980an hipotesa ini dikemukakan oleh Prof. Colin Renfrew (kini Lord Renfrew) yang menyatakan  bahwa bahasa itu berasal dari wilayah Anatolia di Turki, 3.000 tahun silam.

Untuk menentukan teori yang mana yang paling mungkin, Dr. Quentin Atkinson dari Universitas Auckland dan timnya menginterogasi evolusi bahasa menggunakan analisa phylogenetic.

Metode ini berarti Dr. Quentin dan tim peneliti Selandia Baru mempelajari epidemi virus dan membuat pohon silsilah bahasa Indo Eropa kuno dan modern untuk mengetahui kemana dan kapan bahasa keluarga itu pertama kali muncul.

 
Neolithic Anatolia / dienekes.blogspot.com
"Ini adalah aplikasi super dari metode evolusi biologi untuk memahami masalah dalam evolusi budaya, yaitu asal dan penyebaran bahasa-bahasa Indo Eropa," ucap Prof Mark Pagel dari University of Reading, Inggris, yang terlibat dalam riset.

"Temuan ini juga menyimpulkan bahwa bahasa-bahasa Indo Eropa berumur sedikitnya 8.000 hingga 9.500 tahun dan seperti yang sudah lama dispekulasikan, berasal dari kawasan Anatolia yang sekarang dikenal dengan Turki dan menyebar dari sana," urai Pagel.

Hipotesa mana yang kita terima, serta diakui oleh ahli bahasa? Menarik menggu hasilnya lebih lanjut.




 
Sumber:
bbc

0 Apa yang Terjadi Pada Tubuh Bila Tak Sengaja Menelan Permen Karet?

Permen karet dipasarkan bukan untuk ditelan tapi terkadang bisa tidak sengaja tertelan, terutama pada anak-anak. Lantas apa yang terjadi bila permen karet tak sengaja masuk ke dalam tubuh?

Ada mitos yang sering digunakan untuk menakuti anak-anak, yang menyebutkan bahwa menelan permen karet dapat membuatnya tetap berada di dalam usus selama 7 tahun sebelum akhirnya dicerna.


Sebuah kisah menakutkan bahkan menceritakan bahwa permen karet yang tertelan bisa membungkus jantung dengan sendirinya. Benarkah demikian?

Permen karet sebenarnya terbuat dari karet dasar, pemanis, pewarna dan penambah rasa. Karet dasar yang mudah dicerna biasanya terbuat dari campuran elastomer, resin, lemak, emulsifier dan lilin.

Perut memang tidak dapat memecah permen karet sebagaimana yang dilakukan terhadap makanan lain. Namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda-benda yang Anda telan.

Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga membuatnya melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaan, seperti dilansir Dailymail.

Jadi, permen karet bisa berakhir di kamar mandi satu atau dua hari kemudian. Meskipun permen karet lengket, tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekuatan yang dimiliki usus.

Air ludah akan berupaya mencerna permen karet segera setelah benda lengket itu dimasukkan ke dalam mulut. Meskipun yang dicerna kebanyakan adalah pemanis dan tambahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar permen karet yang ikut dicerna.

Kemudian permen karet akan turun ke otot perut, yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah, yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan.

Namun permen karet bisa berbahaya bila yang tertelan dalam jumlah banyak atau dalam ukuran yang besar dan dalam waktu yang singkat.

Kondisi ini bisa menyebabkan penyumbatan dalam sistem pencernaan, yang paling sering terjadi pada anak-anak karena saluran pencernaannya berdiameter kecil. Tapi kasus tersebut sangat jarang terjadi.


Jadi apa yang harus dilakukan bila tidak sengaja menelan permen karet?

1. Segera minum air putih yang banyak. Hal ini menghindari agar permen karet tidak menutup kerongkongan yang menyebabkan tersedak, terutama pada anak-anak.

2. Untuk cepat mengeluarkan permen karet dari tubuh, juga bisa dibantu dengan makanan. Makanan akan membantu mendorong permen karet sehingga gerakan peristaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.


Sumber :
detik.com

0 Gejolak di Yordania Mengkhawatirkan Israel



Semakin luasnya gerakan anti pemerintah di kalangan rakyat dan tuntutan mereka agar dilakukan reformasi mendasar dalam struktur dan kinerja pemerintah mengkhawatirkan rezim Zionis Israel. Karena transformasi ini dapat mengganggu hubungan baik antara Tel Aviv dan Amman.

Menurut laporan televisi al-Alam (12/9), Neir Dafuri, analis masalah militer televisi Israel terkait hal ini mengatakan, "Penentangan pemerintah Yordania akan membalikkan keadaan negara ini dan dari sisi lain negara ini dikelilingi negara-negara yang tidak memiliki stabilitas dan keamanan."

"Tel Aviv dan Amman selama ini melakukan kerjasama keamanan luas dan berada di balik upaya mempertahankan stabilitas keamanan di Yordania dan untuk mengontrol akvitas mereka yang anti pemerintah di negara ini," jelasnya

Seraya mengisyaratkan aktivitas para pendukung Islam anti pemerintah di Yordania, ia menambahkan, "Israel tidak siap menghadapi sejumlah front secara langsung."

Analis Israel ini menyebut sikap kontradiktif Turki terhadap Iran dan sikapnya mendukung kelompok-kelompok bersenjata di Suriah dan mengatakan, "Sikap Turki terhadap Bashar Assad merupakan kesempatan yang tepat untuk memperbaiki hubungan Tel Aviv dan Ankara dan kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (IRIB Indonesia / SL)

0 Inilah Tiga Tahapan Bayi dalam Rahim Ibu

Usia 23 minggu, bisa tersenyum

Dalam Al Qur'an dipaparkan bahwa manusia diciptakan melalui tiga tahapan dalam rahim ibunya.
"... Dia menjadikan kamu dalam perut ibumu kejadian demi kejadian dalam tiga kegelapan. Yang (berbuat) demikian itu adalah Allah, Tuhan kamu, Tuhan yang mempunyai kerajaan. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka bagaimana kamu dapat dipalingkan?" (Al Qur'an, 39:6)
 


Sebagaimana yang akan dipahami, dalam ayat ini ditunjukkan bahwa seorang manusia diciptakan dalam tubuh ibunya dalam tiga tahapan yang berbeda. Sungguh, biologi modern telah mengungkap bahwa pembentukan embrio pada bayi terjadi dalam tiga tempat yang berbeda dalam rahim ibu.

Sekarang, di semua buku pelajaran embriologi yang dipakai di berbagai fakultas kedokteran, hal ini dijadikan sebagai pengetahuan dasar. Misalnya, dalam buku Basic Human Embryology, sebuah buku referensi utama dalam bidang embriologi, fakta ini diuraikan sebagai berikut:
 
"Kehidupan dalam rahim memiliki tiga tahapan: pre-embrionik; dua setengah minggu pertama, embrionik; sampai akhir minggu ke delapan, dan janin; dari minggu ke delapan sampai kelahiran." (Williams P., Basic Human Embryology, 3. edition, 1984, s. 64.)
 
Fase-fase ini mengacu pada tahap-tahap yang berbeda dari perkembangan seorang bayi. Ringkasnya, ciri-ciri tahap perkembangan bayi dalam rahim adalah sebagaimana berikut:
 
  • Tahap Pre-embrionik
Pada tahap pertama, zigot tumbuh membesar melalui pembelahan sel, dan terbentuklah segumpalan sel yang kemudian membenamkan diri pada dinding rahim. Seiring pertumbuhan zigot yang semakin membesar, sel-sel penyusunnya pun mengatur diri mereka sendiri guna membentuk tiga lapisan.

Usia 6 minggu

  • Tahap Embrionik
Tahap kedua ini berlangsung selama lima setengah minggu. Pada masa ini bayi disebut sebagai "embrio". Pada tahap ini, organ dan sistem tubuh bayi mulai terbentuk dari lapisan- lapisan sel tersebut.
 
  • Tahap Fetus
Dimulai dari tahap ini dan seterusnya, bayi disebut sebagai "fetus". Tahap ini dimulai sejak kehamilan bulan kedelapan dan berakhir hingga masa kelahiran. Ciri khusus tahapan ini adalah terlihatnya fetus menyerupai manusia, dengan wajah, kedua tangan dan kakinya. Meskipun pada awalnya memiliki panjang 3 cm, kesemua organnya telah tampak. Tahap ini berlangsung selama kurang lebih 30 minggu, dan perkembangan berlanjut hingga minggu kelahiran.
 
Informasi mengenai perkembangan yang terjadi dalam rahim ibu, baru didapatkan setelah serangkaian pengamatan dengan menggunakan peralatan modern. Namun sebagaimana sejumlah fakta ilmiah lainnya, informasi-informasi ini disampaikan dalam ayat-ayat Al Qur'an dengan cara yang ajaib. 
 
Fakta bahwa informasi yang sedemikian rinci dan akurat diberikan dalam Al Qur'an pada saat orang memiliki sedikit sekali informasi di bidang kedokteran, merupakan bukti nyata bahwa Al Qur'an bukanlah ucapan manusia tetapi Firman Allah. (harunyahya)

0 Gunung yang "Tenggelamkan" Kota Atlantis Kini Bangkit

Batuan cair menggelegak panas di bawah pulau gunung berapi Santorini, di Laut Aegea, Yunani, tempat di mana salah satu erupsi gunung berapi terdahsyat di Bumi terjadi, dalam kurun waktu 10.000 tahun.

Letusan itu terjadi sekitar 3.600 tahun lalu. Kala itu sekitar tahun 1620 Sebelum Masehi, Santorini meletus dahsyat, memicu tsunami setinggi 12 meter yang menyapu bersih peradaban Minoa di Yunani, dan mungkin telah melahirkan salah satu legenda yang menyandera imaji manusia: misteri kota Atlantis yang hilang.



Dan, gunung itu kini menunjukan tanda-tanda kebangkitannya. Dalam 1,5 tahun terakhir, kamar magma di bawah pulau gunung berapi itu menggelembung sebesar 20 juta meter kubik atau 15 kali ukuran London Olympic Stadium -yang digunakan sebagai lokasi pembukaan dan penutupan olimpiade 2012-. Massa magma raksasa juga telah menyebabkan kenaikan pulau setinggi 14 centimeter. Demikian studi terbaru yang dimuat di jurnal Nature Geoscience.

Penelitian terbaru ini menindaklanjuti laporan sebelumnya, yang juga dikeluarkan tahun ini, yang menyatakan kebangkitan aktivitas gempa baru di bawah gunung berapi, setelah ia diam dan tenang selama 25 tahun terakhir.

Laporan tersebut menimbulkan kekhawatiran, gunung itu bisa meletus dalam waktu dekat, meski kapan persisnya itu bakal terjadi, belum bisa dipastikan.


"Sebelumnya kami sama sekali tidah tahu perilaku gunung api itu selama periode jeda antar erupsi," kata David Pyle, peneliti Oxford University dan salah satu penulis laporan kepada situs sains Our Amazing Planet. "Saat ini, sepertinya ruang magma di bawah gunung berapi seperti Santorini tumbuh makin besar."

Saat meletus 1620 SM, gunung itu merusak peradaban di Laut Aegea, menghancurkan pulau-pulau di sekitarnya. Dari atas udara, kawah bekas letusannya kini hanya berupa wilayah kecil di antara koleksi pulau-pulau besar Yunani di Laut Aegea.

Awal tahun ini, sensor global positioning system (GPS) yang dipasang di kaldera mendeteksi pergerakan baru mengukur serangkaian gempa bumi kecil.

Aktivitas seismik diyakini bisa memicu erupsi, dan sering menjadi pertanda bahwa sebuah gunung sedang bersiap untuk meletus dalam waktu relatif dekat. Namun, yang membingungkan, alih-alih naik, aktivitas seismik justru menurun drastis dalam waktu beberapa bulan.

Bagaimana jika Santorini kembali meletus? Apakah efeknya akan sama mengerikannya seperti di masa lalu?

Menurut para peneliti, tragedi yang sama tidak akan berulang kembali. Apalagi sampai menyapu perabadan seperti di era Minoa. Sebab, ukurannya jauh lebih kecil.

"Santorini memang terkenal dengan letusan dahsyatnya di masa lalu. Namun erupsi sebesar itu mungkin hanya terjadi tiap 20.000 tahun," kata Pyle. Meski demikian, para ahli memperingatkan, gunung api itu wajib untuk terus diawasi.


Kaitan dengan Atlantis


Masih terkait letusan Santorini di masa lalu, ada banyak spekulasi tentang kaitannya dengan legenda Atlantis, yang menurut Plato, tenggelam di dasar lautan.

Meski sebagian ilmuwan berpikir, itu hanya sekedar cerita yang dibuat-buat, lainnya berpendapat, cerita soal letusan gunung itu mungkin membangkitkan kisah tentang sebuah kerajaan yang hilang, tentang peradaban Minoa yang nyata pernah hidup dan berkembang di Mediterania.

Seperti diungkap Plato dalam "Timaeus" dan "Critias" , Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules".

Pulau berperadaban maju itu memiliki angkatan laut yang menaklukan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra. "Hanya dalam waktu satu hari satu malam".

Sejumlah spekulasi pun bermunculan. Ada yang menyebut ia tenggelam di Kepulauan Mediterania, Gurun Sahara, Amerika Tengah, Antartika, Spanyol, bahkan Indonesia.


Sumber :
viva.co.id

0 5 Gunung Angker di Jawa


Beberapa gunung di Jawa yang sering jadi arena pendakian banyak menyimpan kisah misteri karena sejarah serta kisah legenda, sehingga dipercaya sebagai tempat bermukim arwah-arwah masa silam. Inilah 5 gunung yang dianggap angker.

 
1. Gunung Salak, Jawa Barat
Gunung yang menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sukhoi Superjet 100 ini dikenal sebagai tempat yang menyimpan banyak misteri. Pesawat Sukhoi yang jatuh pada 9 Mei 2012 bukanlah pesawat pertama yang jatuh di gunung ini. Sebelumnya, sudah ada enam kali pesawat jatuh di kawasan Gunung Salak.

Gunung yang menjadi wisata pendakian ini juga kerap menuai kisah misteri dari para pendakinya. Banyak pendaki yang mendengar suara gamelan atau bahkan hingga melihat penampakan mahluk halus saat mendaki Gunung Salak. Bahkan, tidak sedikit pendaki yang hilang di Gunung Salak.

Selain pendakian, tempat wisata lain di Gunung Salak juga dianggap mistis, contoh Kawah Ratu dan Curug Seribu yang juga banyak menelan korban. Tak sedikit wisatawan tewas karena keracunan belerang di Kawah Ratu atau tenggelam saat berenang di kolam Curug Seribu. Hal ini mengundang banyak cerita misteri di Gunung Salak.

 
2. Gunung Halimun, Jawa Barat
Gunung Halimun merupakan gunung yang terletak di antara Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Lebak. Gunung dengan ketinggian sekira 1.925 mdpl ini dikelilingi oleh Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Di sebelah timur gunung ini terdapat Gunung Salak.

Di wilayah sekitar Halimun Bogor dan sekitarnya ada benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang tak kelihatan, pusat kerajaan ada di Gunung Salak, sebenarnya ini sudah menjadi rahasia umum.

Catatan sejarah soal Kerajaan Siliwangi pasca kehancurannya setelah diserang Kesultanan Banten pada 1620-an. Konon, ratusan macan gembong atau harimau bertempat tinggal di sebuah bangunan dekat Kebun Raya Bogor sekarang.

Selain itu, ditemukan rawa berisi badak di sekitar Sawangan. Tempat ini dahulunya dinamakan Rawa Badak, dimana di bagian ujungnya ditemukan situs parit dan bekas tembok keraton yang dijadikan sarang macan. Kini, sarang macan ini dikenal pertigaan beringin di Sawangan. Selain catatan-catatan arkeologi, ada catatan mistis tentang segitiga Bogor.

Sisa-sisa dari Laskar Perang Bubat melarikan diri ke Gunung Salak, sementara sisa-sisa dari punggawa Siliwangi yang diserang Banten lari ke Gunung Halimun. Tempat dimana seringnya pesawat menghilang ini mirip Segitiga Bermuda dan Segitiga Formosa.

Gunung Halimun dan Gunung salak mirip Gunung Lawu yang disucikan Majapahit; tak boleh ada yang melintasi diatasnya, burungpun bisa mati bila melewati satu titik tanah yang sakral.

 
3. Gunung Lawu, perbatasan Jawa Tengah & Jawa Timur
Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air dan belerang.

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, yakni Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan Hargo Dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.

Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah Tawangmangu, Cemorosewu, dan Sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir Majapahit, yakni Candi Sukuh dan Candi Cetho.

Di kaki gunung ini juga terletak komplek pemakaman kerabat Praja Mangkunagaran, yaitu Astana Girilayu dan Astana Mangadeg. Di dekat komplek ini terletak Astana Giribangun, pemakaman untuk keluarga presiden kedua Indonesia, Soeharto.

Gunung Lawu menyimpan sejumlah teka-teki yang hingga kini masih menjadi misteri, terutama pada tiga puncak utamanya yang menjadi tempat penuh mitos bagi masyarakat Jawa. Puncak Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pemusnahan diri Raja Majapahit Prabu Brawijaya Pamungkas. Sementara, Harga Dumilah merupakan lokasi penuh misteri yang menjadi tempat olah batin dan bersemedi.

Gunung Lawu disebut-sebut sebagai pusat kegiatan spiritual di Tanah jawa, yang bertalian erat dengan budaya dan tradisi Keraton Yogyakarta. Tak heran, setiap orang yang hendak melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu harus memahami dan mematuhi segala larangan. Jika melanggar, maka orang tersebut diyakini akan celaka saat mendaki Gunung Lawu.

 
4. Gunung Ciremai, Jawa Barat
Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 meter. Pada ketinggian sekira 2.900 meter dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet.
Gunung Ciremai dengan jalur mautnya dan seringnya jatuh korban dari para pendaki ternyata menimbulkan berbagai kisah menyeramkan. Beberapa kawasan di gunung ini diceritakan memiliki aura mistik yang kental. Salah satunya situs Kuburan Kuda, yang merupakan kuburan kuda tentara Jepang di masa penjajahan. Jika melewati daerah ini sering terdengar ringkikan kuda tanpa ada wujudnya.
Ada pula Situs Bapa Tere, yang dianggap angker karena pernah terjadi pembunuhan terhadap seorang anak oleh ayah tirinya. Situs Sangga Buana dan Pengasungan juga dikabarkan angker karena sering terdengar derap langkah kaki para serdadu Jepang. Menurut cerita, tempat ini dulunya menjadi tempat pembuangan tawanan perang dari Indonesia.

 
5. Gunung Merapi, Yogyakarta
Gunung Merapi adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami erupsi (puncak keaktifan) setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh pemukiman yang sangat padat.

Selain itu, Gunung Merapi juga dipercaya sebagai tempat keraton makhluk halus. Panembahan Senopati pendiri kerajaan Mataram memperoleh kemenangan dalam perang melawan kerajaan Pajang dengan bantuan penguasa Merapi. Gunung Merapi meletus hingga menewaskan pasukan tentara Pajang, sisanya lari pontang-panting ketakutan. Penduduk yakin bahwa Gunung Merapi selain dihuni oleh manusia juga dihuni oleh makhlukmakhluk lainnya yang mereka sebut sebagai bangsa alus atau makhluk halus.

Tempat-tempat yang paling angker di Gunung Merapi adalah kawah Merapi sebagai istana dan pusat keraton makhluk halus Gunung Merapi. Di bawah puncak Gunung Merapi ada daerah batuan dan pasir yang bernama "Pasar Bubrah" yang oleh masyarakat dipercaya sebagai tempat yang sangat angker. "Pasar Bubrah" tersebut dipercaya masyarakat sebagai pasar besar Keraton Merapi dan pada batu besar yang berserakan di daerah itu dianggap sebagai warung dan meja kursi makhluk halus.

0 10 Letusan Vulkanik Yang Paling Mematikan di Dunia


10. Gunung Vesuvius, Italia (3.360 meninggal di 24 Agustus 79 Masehi)

Gunung Vesuvius berdiri tinggi di pesisir pantai Teluk Napoli serta dengan pemandangan yang indah dari Napoli yang meletakkan terdepan untuk ketinggian yang luar biasa. Meskipun pemandangan indah, Gunung Vesuvius memberi jalan untuk berbagai letusan, diantaranya yang terjadi pada tahun 79 adalah sudah cukup untuk menghancurkan kota Romawi yang dulu makmur di Herculaneum dan Pompeii.

Letusan yang diperkirakan meluas lebih dari 19 jam melepaskan batuan vulkanik dan abu yang cukup untuk menutupi wilayah 1 mil kubik bersamaan dengan hujan tephra. Dikatakan bahwa merebaknya besar-besaran ini ditahbiskan oleh berbagai tanda-tanda di permukaan bumi bahwa Roma gagal membaca. Penggalian terbaru telah mengungkapkan tentang 1.150 kerangka tetap dimakamkan di abu sekitar Pompeii dan Herculaneum, yang namun hanya sebuah fragmen kecil dari jumlah sebenarnya korban.

Letusan utama Gunung Vesuvius lain telah direkam di tahun 1660 1682, 1694, 1698, 1707, 1737, 1760, 1767, 1779, 1794, 1822, 1834, 1839, 1850, 1855, 1861, 1868, 1872, 1906, 1926, 1929, dan 1944.

9. Gunung Vesuvius, Italia (3.500 meninggal pada Desember 1631)

Gunung Vesuvius di Teluk Naples, Italia memegang rekor sebagai gunung berapi yang aktif di Eropa yang telah meletus dalam seratus tahun terakhir. Tepat dari zaman Romawi, Vesuvius telah menjaga saat meletus dan kembali dengan intensitas bervariasi. Letusan 1631 adalah terutama yang bersifat destruktif yang memakan korban hampir 3.500 warga dan pemukiman desa. Selain dari lava, aliran air panas mendidih juga dilepaskan yang berfungsi untuk memperparah devastations.

8. Gunung Galunggung, Indonesia (4.011 meninggal pada 1882)

Ini ada satu lagi dari stratovolcanoes aktif yang mematikan di Indonesia, termasuk Lingkaran Api Pasifik yang meletus di Jawa Barat Indonesia pada tahun 1882. Sepuluh Ribu Hills dari Tasik Malaja di lereng sebelah tenggara Gunung Berapi Galunggung telah lama masih menjadi bahan spekulasi bagi ahli geologi Barat yang telah dikemukakan teori yang berbeda untuk pembentukan mereka. Sementara beberapa menunjukkan bahwa, endapan terakumulasi dari kebocoran cairan lava membentuk mereka, yang lain mengusulkan mereka telah diciptakan secara artifisial.

Namun, sifat semakin aktif dan membentuk tapal kuda Gunung Berapi Galunggung adalah indikasi dari pergolakan tektonik yang dilanjutkan dimulai sejak jaman sekitar 23.000 tahun. Endapan vulkanik yang sama telah digali melalui eksposur tambang di sekitar Gunung St Helens dan Gunung Shasta.

7. Gunung Kelut, Indonesia (5.110 meniggal pada 1919)

Gunung berapi ini terletak di Jawa Timur dan Indonesia sudah dikenal hampir 30 letusan eksplosif yang menandai sejarah sejak 1000 Masehi letusan terjadi di tahun 1951, 1966, dan 1990 secara bersama bertanggungjawab atas kematian 250 orang. Letusan 1919 merupakan besarnya yang telah melampaui semua catatan terbaru dari kehancuran terutama disebabkan oleh lumpur yang sangat besar yang mengambil 5.110 nyawa.

Butuh waktu beberapa tahun sejak 1919 untuk membangun ledakan Terowongan Ampera di kawah untuk mengosongkan danau kawah dan mengurangi risiko lumpur. Yang terbaru pada tahun 2007, gunung berapi Kelut meletus lagi tapi kali ini pemerintah Indonesia, diperingatkan oleh para ilmuwan terlebih dahulu diamankan dengan memindahkan 30.000 orang yang tinggal di dekat ke tempat yang aman.

6. Gunung Laki, Islandia (9350 meninggal 1783)
Laki adalah nama lain untuk 'Kawah dari Laki' arti istilah Lakagígar - suatu sistem Eldgjá lembah dan gunung berapi Katla ditemukan antara Mýrdalsjökull dan gletser Vatnajokull dekat kota Kirkjubaejarklaustur. Setelah letusan besar Masehi 934, sejarah terulang pada 8 Juni 1783 ketika sekitar 14 km3 lava basal memancarkan tebal dari gunung berapi Grímsvötn dan fisura Laki membanjiri dataran.

Para fluor / sulfur-dioksida beracun asap keluar dari kawah ternak hancur dan mendorong penduduk setempat untuk kehancuran mereka dengan kelaparan. Pada racun setelah efek ini Skaftáreldar mengerikan ("Skaftá sungai kebakaran") letusan lanjutan dan dirasakan di seluruh Eropa dalam bentuk "kabut Laki". Perubahan cuaca liar seperti kekeringan, dan musim dingin hailstorms pahit fitur meteorologi biasa di belahan bumi Utara selama tahun-tahun berikutnya.

5. Gunung Unzen, Jepang (14.300 meninggal 1792)

Gunung Unzen berdiri sebagai gunung berapi aktif di antara sekelompok stratovolcanoes menguatkan jalinan di kota Shimabara di Pulau Kyushu. Gunung berapi ini telah kembali menjadi aktif dalam dekade terakhir dan aliran piroklastik terbaru dilaporkan pada tahun 1991. Namun, ini tidak seberapa dibandingkan dengan pasca-gempa letusan 1792 dan runtuhnya kubah vulkanik selanjutnya termasuk bagian timur kubah Mayuyama yang ditetapkan dalam gerakan pembunuh tsunami. Hal ini ditambah oleh aliran lava dasit yang mematikan dari puncak Fugen-dake di dekatnya. Pengujian terbaru yang sedang dilakukan oleh volcanologists untuk mengetahui kemungkinan pengulangan tragedi tersebut.

4. Gunung Ruiz, Kolombia (25.000 meniggal pada Oktober 1985)

Stratovolcano Andes Nevado Del Ruiz atau Gunung Ruiz terletak di Jurusan Caldas Kolombia yang jatuh dalam 'Cincin Api Pasifik ". Meskipun kerucut vulkanik ini sudah aktif sejak awal zaman Pleistosen, 1985 letusan dan semburan lumpur selanjutnya sangat fenomenal dan cukup untuk melenyapkan keberadaan Armero sangat. Pada Oktober 1985 bencana yang diukur 3 di Volcanic Explosive Index datang sebagai kejutan sejak Mt. Ruiz sudah tidak aktif selama 150 tahun.

Namun, itu diikuti oleh pra-letusan yang cukup besar seperti emisi fumarol serta kegiatan pasca-letusan. Magma yang keluar dengan letusan merupakan penelitian dan ditemukan diperkaya dengan belerang dioksida. Bahkan sekarang, ancaman letusan tektonik yang masa mendatang tampak besar diatas kota Manizales, ancaman bahaya terletak dekat dengan Mt fatal. Ruiz.

3. Gunung Pelee, Martinique (30.000 meninggal pada April-Mei 1902)

Terletak di pinggiran utara Martinique, Mt. Pelee adalah salah satu Stratovolcano terbesar dunia yang menciptakan kekacauan di kota Saint-Pierre dengan letusan besar 1902. Saint-Pierre digunakan untuk menjadi sebuah kota yang cukup besar dan makmur di Karibia Perancis sampai hari sial 25 April ketika serangkaian eksplosif letusan menandakan bencana datang. Dalam waktu singkat, jalan-jalan dari Saint-Pierre ditutupi lapisan abu vulkanik.

Sebuah awan hitam gelap asap yang disebut nuee ardente menutupi kota dan mengklaim lebih banyak korban karena panas yang menakjubkan. Besarnya gemuruh vulkanik terus meningkat hanya untuk berujung pada semburan lumpur yang merusak yang melanda Saint-Pierre dan desa Morne Rouge pada tanggal 5 Mei dan memakan 30.000 korban. Hanya dua orang secara ajaib selamat.

2. Krakatau Volcanic Island, Indonesia (36.417 meninggal pada bulan Agustus 1883)

Pulau vulkanik terkenal adalah terletak di antara Sumatera dan Jawa. Pada devastations disebabkan oleh letusan urut pada 26 Agustus dan 27 tahun 1883 bahkan pengeboman Hiroshima outshone nuklir pada benturan dan suara. Ini terdengar dari sejauh Australia dan Mauritius! Letusan yang berkisar hingga 6 dalam Indeks Volcanic Explosive menyapu bersih dua-pertiga dari Pulau Krakatau. Hal ini diikuti oleh semua tsunami yang melanda-dihempas di kota Merak dan mengacaukan kapal yang mengapung di pantai Afrika Selatan.

Beberapa teori diusulkan sebagai kemungkinan penyebab pada ledakan raksasa. Kasus yang paling umum adalah fenomena dimana air tanah freatik bercampur dengan magma untuk memberi jalan untuk tekanan yang luar biasa. Aliran piroklastik yang fatal menghancurkan pemukiman Teluk Betung dan seperti Ketimbang di Sumatra dan Semarang dan sirik di Jawa, beberapa di antaranya belum pernah repopulated.

Untuk hari setelah letusan itu terjadi, kerangka manusia pada perahu karet apung yang ditemukan mengambang di sepanjang pantai timur Afrika. Selain tsunami, lapisan abu panas terus mengapung di permukaan laut dan menciptakan gelombang yang lebih kecil di Selat Inggris. Perubahan cuaca mengejutkan berlanjut sampai tahun berikutnya dan pulau Anak ("Anak") Krakatau muncul.

1. Gunung Tambora, Indonesia (92.000 meninggal letusan 1815 April)

Sekitar 4.300 m ini stratovolcano aktif tinggi yang terletak di Pulau Sumbawa di Indonesia menguras isi ruang magma besar di April 1815 yang terakumulasi selama berabad-abad. Dampak dari ledakan ini diukur titanic 7 dalam Indeks Explosive Vulkanik dan dirasakan seluruh 1816 dengan perubahan iklim kotor, sebuah tsunami mini, hujan abu vulkanik dan perusakan tanaman dan ternak yang menyebabkan kelaparan berkelanjutan pada belahan bumi utara.

Diperkirakan bahwa Gunung Tambora telah meletus tiga kali sebelum pergerakan 1815 yang mendorong ke atas sampai 43 km di stratosfer. Partikel-partikel halus abu vulkanik yang tetap di atmosfer menyebabkan fenomena optik nyata menciptakan warna matahari terbenam lagi. Letusan kecil terus sejak menunjukkan Gunung Tambora itu telah tetap aktif.
 
 

search

YANG NYASAR DI BLOG