Pages

Sabtu, 18 Agustus 2012

0 Penyakit Langka: Gadis Ini Akan Pingsan Kalau Ia Makan

Dunia kita makin lama makin aneh-aneh saja.

Banyak penyakit-penyakit baru yang langka dan aneh. tapi semua itu benar-benar nyata.

Seperti yang dialami oleh Ella Campbell (5 tahun) asal Aylesbury, Inggris. Badannya akan terbakar dan langsung pingsan apabila ia makan. Ia menghabiskan nyaris seluruh hidupnya di rumah sakit sampai akhirnya tim dokter yang merawatnya berhasil mendiagnosis penyakitnya

So ia hanya bisa makan makanan cair khusus yang dialirkan melalui lubang kecil di perutnya.


Karen, ibunda Ella, sedang "menyuapi" Ella makan

Kasihan...[vivanews]

0 Perusahaan China Bangun Tempat Tahan Kiamat

Pernahkah Anda berpikir bagaimana menyelamatkan diri ketika kiamat datang ? Pasti sebagian besar orang tak pernah memikirkan hal tersebut. dan fakta ini lah yang dimanfaatkan oleh pengusaha asal China yang melirik peluang bisnis "doomstay" untuk menyelamatkan diri dari bencana kiamat. 
teknologi canggih, anti kiamat,teknologi untuk menghadapi kiamat,hari kiamat,menghindari kiamat
Pengusaha yang bernaung di perusahaan bernama Atlantis tersebut menciptakan sebuah bola raksasa dengan diameter 4 meter. Bola tersebut dapat digunakan untuk bersembunyi ketika kiamat melanda. Hasil ciptaan tersebut terinspirasi dari kapal Nabi Nuh, maka disebutnya sebagai Noah Ark From China.
Doomstay berbentuk bola ini memang berukuran tidak terlalu besar, namun sangat kuat dan telah diuji coba pada 6 Agustus kemarin. Dari berbagai proses pengujian, bola yang mempunyai berat 6 ton ini mampu menahan benturan, air dan api bersuhu ratusan derajat celcius.
Nah, untuk menebusnya perusahaan tersebut melepasnya seharga $236.000 (sekitar Rp 2 miliar).
Anda tertarik ? [vivanews]

0 8 Langkah Mencegah Anak Jadi Durhaka

jangan sampai jadi seperti malin kundang yaa... :-)




Dan Rabb mu telah mewasiatkan hendaknya kamu jangan menyembah kepada selain Dia dan hendaknya kamu berbuat baik kepada kedua orangtua (Al Isra` : 23).
Hukum `Uququl Walidain
`Uququl walidain adalah perbuatan durhaka atau menyakiti hati orangtua baik dengan ucapan atau perbuatan seperti memutus hubungan baik dengannya. Dan perbuatan jahat ini haram hukumnya dan termasuk dosa besar.
Dalil yang menyatakan demikian di antaranya riwayat dari Anas ibnu Malik ia berkata Nabi ditanya tentang dosa dosa besar beliau menjawab: yaitu menyekutukan Allah dan durhaka kepada orangtua. (Riwayat Bukhari).
Riwayat dari Abdullah ibnu Umar radhiyallahu anhu ia berkata Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga (dalam redaksi yang lain Allah tiada akan melihatnya pada hari kiamat) yaitu orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya. (Riwayat An Nasa`i).
Di dalam Al Quran larangan berbuat durjana kepada orangtua serta perintah agar berbakti kepada keduanya sangatlah banyak. Allah berfirman di dalam surat An Nisa` ayat 36: Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu menyekutukan Nya. Dan hendaklah kalian berbuat baik kepada orangtua
Ayat dan Hadits di atas menunjukkan betapa besar bahaya yang ditimbulkan karena mendurhakai orangtua. Yakni tidak dimasukkannya ke dalam surga dan terhalang mendapatkan rahmat Allah ta`ala.
Penyebab `Uququl walidain
Adapun penyebab durhaka kepada kedua orang tua boleh jadi karena kesalahan orangtua atau salah dalam mendidik. Misalnya menyekolahkan anak di pendidikan keduniawian saja atau di sekolah yang buruk lingkungannya sehingga perilaku anak menjadi nakal menjadikan moralnya liar dan ganas.





Penyebab lain adalah dari faktor orangtua yang tidak bisa dijadikan teladan tidak adil dan menyia-nyiakannya seperti tidak mau mengurusinya berbuat kasar dengan kata kata maupun tindakan dan sering memarahinya. Selain itu juga kehidupan suami istri yang retak orangtua yang selalu menjauh dan tidak akrab dengan anak anak tidak ingin direpotkan anak memanjakannya secara berlebihan dan suka menzaliminya.
Sedang bentuk kedurhakaan dari faktor anak penyebabnya antara lain: anak malas belajar tauhid yang benar enggan shalat di masjid hobinya bergaul dengan anak anak nakal dibesarkan di lingkungan yang materialistis dan serba permisif.
Maka tidak heran muncul anak yang dahulunya baik menjadi penentang yang semula tawadhu` mejadi beringas.
Dalam hal ini Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda Seseorang itu berdasarkan agama temannya karena itu hendaklah di antara kamu melihat siapa kawannya. (Riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi).
Fenomena `Uququl walidain
Terdapat sejumlah indikasi anak durhaka seperti: selalu menyusahkan orangtua dengan perkataan maupun perbuatan membentak dan menghardiknya berkata `ah!` (hufh!) meremehkannya atau menolak perintahnya. Juga bermuka masam tidak berkenan menemani atau mengantar orang tua pada saat dibutuhkan mengejek dan membodoh bodohkan memperbudak menghina masakannya serta tidak mau membantu menyelesaikan pekerjaan dan bebannya.
Selain itu tidak memperhatikan serta mengabaikan kebutuhannya tidak memperhatikan nasihatnya jarang meminta izin jika keluar rumah atau memasuki kamarnya tidak mengakui sebagai orangtuanya menyesali terlahirkan darinya. Atau juga melakukan kekejian di hadapannya mencemarkan nama baik dan kehormatannya terlalu banyak menuntut di luar kemampuannya menginginkannya supaya cepat mati agar segera dapat warisannya dan tidak pernah bersilaturahim tidak pula mendo`akannya.
Namun tidak semua yang dapat menyakitkan hati orangtua atau menolak perintahnya dinamakan kedurhakaan (`uququl walidain). Misalnya menolak perintah mereka yang melanggar agama menolak untuk berbuat musyrik bid`ah dan maksiat. Jika ada ayah ibu memerintahkan putrinya untuk menanggalkan jilbab jika ke luar rumah atau melarang shalat berjamaah menyuruh membelikan rokok serta melakukan perbuatan mungkar lainnya maka anak wajib menolaknya dan mendakwahinya dengan baik.
Rasulullah bersabda yang artinya: Tidak wajib mentaati makhluk yang memerintahkan maksiat kepada Allah. (Riwayat Ahmad) .
Menghindari `Uququl walidain
Anak durhaka bisa jadi berangkat dari orangtua yang durhaka pula alias menyepelekan hak hak anak. Untuk itu para orangtua sudah sepatutnya melakukan koreksi diri.
Pertama hendaknya setiap keluarga terutama bapak dan ibu mendalami akidah dengan benar. Mengamalkan syariat Islam dan menjadikan dirinya teladan yang baik bagi anak anaknya.

Kedua orangtua hendaknya istiqamah dalam perkataan dan perbuatan. Orangtua bukanlah pembuat hukum sehingga semaunya sendiri boleh melanggar dan memaksa anak sementara dia sendiri tidak mampu membuktikan apa yang jadi perintahnya.

Ketiga orang tua hendaknya menjaga lisan dan perbuatannya dari hal yang haram. Berbicara yang baik penuh dengan kasih sayang kepada anak. Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bersabda; Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya berkata yang baik atau diam. (Riwayat Muslim) .

Keempat jika orangtua memperlakukan adil kepada anak maka akan memberi kesan dan membendungnya dari kekecewaan dan kedurhakaan. Maka hendaknya berbuat adil.

Berbuat adillah karena adil itu lebih dekat kepada takwa. (Al Maidah: 8).
Kelima selalu menasihati anak sebagaimana yang Allah perintahkan; Hai orang orang yang beriman peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka (At Tahrim [66]: 6).

Keenam mendidik anak dengan pendidikan tauhid menasihati mereka agar selalu merasa selalu diawasi Allah Ta`ala. Sebagaimana yang dilakukan Luqman kepada anaknya; Hai anakku jika ada perbuatan seberat biji sawi yang berada dalam batu atau di langit atau di bumi niscaya Allah akan memberinya balasan. Sesungguhnya Allah Mahahalus lagi Maha Mengetahui. (Luqman: 16).

Ketujuh orangtua seharusnya memperhatikan pergaulan anak lingkungan (bi`ah) yang kondusif memelihara tumbuhnya iman mengarahkan mereka agar giat belajar membiasakan berbuat baik dan menjauhkan permainan yang merusak moral.

Kedelapan orangtua wajib pula mendoakan anak anaknya agar mendapatkan hidayah dan senantiasa dijaga dalam kebaikan.

Adalah sebuah kejanggalan bila ada orang yang lebih dekat dengan sahabat bergaul mesra dengan kolega bisa harmonis dalam kerjasama dengan orang lain namun kurang mesra bahkan jahat dengan orangtua atau anaknya sendiri.





Akhirnya mari kita berupaya memperbaiki akidah ibadah akhlak dan muamalah dalam aktivitas keseharian kita. Semoga kita tidak termasuk bagian dari anak durhaka atau orangtua yang durhaka karena menelantarkan hak hak anak.
[vivanews]

0 Kemukjizatan Sains: Ka'bah Poros Alam Semesta

(Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi (Akhbar Makkah, dikutip oleh Mujahid dari Syu’ab Al-Iyman karya Al-Baihaqi)”
 


Hadist ini mengandung pengertian bahwa Ka’bah merupakan poros atau sentral alam semesta. Al-Qur’an selalu membandingkan antara langit dan bumi, meski bumi relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan kebesaran langit. Dan perbandingan ini tidak mungkin dilakukan jika bumi memiliki posisi istimewa di pusat semesta.
 
Allah SWT berfirman:
“Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya.” 
 
Keantaraan ini tidak akan ada kecuali jika bumi berposisi sebagai pusat atau sentral alam ini. Dalil ketiga yang menegaskan fakta ini adalah firman Allah yang bisa kita baca pada surah Ar-Rahman. Dia berfirman:
“Hai jamaah jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, maka lintasilah, kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatan. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahman: 33-34)
 
Diameter segala bentuk geometris adalah garis yang bertemu di antara dua ujungnya, melewati pusat (titik tengah). Penjuru langit tidak mungkin sama dengan penjuru bumi (sebagaimana penjelasan ayat di atas) kecuali jika bumi menjadi pusat atau titik tengah langit.
 
Dari keterangan terdahulu tampak jelas sisi kemukjizatan dalam hadis Nabi yang ada di hadapan kita, yakni sabda beliau:(Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi.
 
Ketujuh bumi semuanya berada di bumi kita ini. Lapisan luar satu bagian bumi menutupi lapisan dalam bumi lain. Begitu juga tujuh langit semuanya menaungi kita pada tingkatan yang jelas mengelilingi matahari. Bagian luar menutupi bagian dalam langit yang lain.


Dan Ka’bah berada di tengah-tengah lapisan pertama bumi, yaitu daratan, sementara di bawahnya terdapat enam lapisan bumi yang lain. Dengan posisi demikian, Ka’bah berarti menjadi poros tujuh langit dan tujuh bumi.
 
Fakta ini tidak mungkin diketahui siapapun, karena batas maksimum pengetahuan yang dapat dijangkau ilmu manusia hanyalah lapisan yang sangat kecil dari langit dunia yang menaungi kita dan dihiasi oleh Allah dengan bintang.
 
Bahkan lapisan kecil inipun terus-menerus mengalami perentangan (tamaddud). Ketika manusia mengembangkan mesin sarananya untuk berusaha mencapai ujung-ujungnya, ia selalu menemukan bahwa ia telah melampauinya. Hal ini dikarenakan langit terus mengalami perentangan. Sehingga betapapun berkembangnya teknologi dan kemampuan manusia, ia tetap tidak akan mampu mencapainya karena cepatnya perentangan semesta.
 
Tantangan Alqur’an kepada semua manusia dan jin untuk menembus penjuru langit dan bumi tidak akan dapat mereka lakukan, karena mereka tidak akan bisa keluar dari langit dan bumi kecuali dengan kekuatan Allah SWT.
 
Jikalau Alqur’an dan hadis tidak menjelaskan kepada kita bahwa ada 7 langit berlapis-lapis, 7 lapisan bumi yang berposisi pada sentral atau titik nolnya, dan Ka’bah merupakan titik tengah antara 7 langit dan 7 bumi, maka selamanya manusia tidak akan mempunyai media untuk mengetahui hal itu, meskipun penelitian-penelitian tentang struktur dalam bumi telah membuktikan akan adanya 7 lapisan yang berbeda, bagian luar ditutupi bagian dalam lapisan yang lain, begitu juga dengan langit, saling berhimpitan, khususnya penelitian astronomi modern yang telah membuktikan dengan sejumlah data matematis bahwa alam kita ini bergaris kurva (munhani).

Satu catatan ini cukup sebagai bukti penetapan bahwa 7 langit dan 7 bumi saling berhimpitan mengelilingi satu pusat yakni bumi itu sendiri, tepatnya di Ka’bah, dan Ka’bah merupakan poros atau titik tengah langit dan bumi.
 
Dari sini bisa ditangkap sekilas sebuah kemukjizatan saintis yang terdapat dalam hadis Nabi: (Baitullah) Al-Haram adalah tanah suci poros tujuh langit dan tujuh bumi. Juga dalam sabda: Baitul Ma’mur itu berhadapan dengan Mekah. Serta dalam deskripsi beliau yang dikutip oleh Al-Qurthubi dalam tafsirnya: Ada Baitullah di langit ketujuh itu yang persis di atas Ka’bah sehingga jika jatuh tentu ia akan jatuh di atas Ka’bah.
 
Pernyataan-pernyataan ini tidak mungkin muncul kecuali dari seorang nabi yang menerima wahyu dan mendapatkan ilmu pengetahuan dari Zat Pencipta tujuh langit dan tujuh bumi. (islampos/Pembuktian Sains dalam Sunnah oleh Dr. Zaghlul An-Najjar)[jurnalhaji]
 

0 Tak Hancur, Tulang Ekor Merekam Semua Perbuatan Baik-buruk, Bukti Kebesaran Allah

“Tiada bagian dari tubuh manusia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor, darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat,” (HR. Al Bukhari, Nomor : 4935).



Belasan abad lamanya, hadits tersebut menjadi hal yang gaib yang tidak mungkin bisa dijelaskan dengan logika. Seiring berjalannya waktu beberapa penelitian ilmiah mampu menjelaskan kebenaran hadits tersebut dikemudian hari.
 
“Dan dia membuat perumpamaan bagi Kami; dan dia lupa kepada kejadiannya; ia berkata: “Siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang, yang telah hancur luluh?” Katakanlah: “Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakannya kali yang pertama. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk,” (QS. Yasin : 78-79).
 
Adalah Han Spemann, Ilmuwan Jerman yang berhasil mendapatkan hadiah nobel bidang kedokteran pada tahun 1935. Dalam penelitiannya ia dapat membuktikan bahwa asal mula kehidupan adalah tulang ekor. Darinyalah makhluk hidup bermula. Dalam penelitiannya ia memotong tulang ekor dari sejumlah hewan melata, lalu mengimplantasikan ke dalam embrio Organizer atau pengorganisir pertama.
 
Pada saat sperma membuahi ovum (sel telur), maka pembentukan janin dimulai. Ketika ovum telah terbuahi (zigot), ia terbelah menjadi dua sel dan terus berkembang biak. Sehingga terbentuklah embryonic disk (lempengan embrio) yang memiliki dua lapisan.
  • Pertama, External Epiblast yang terdiri dari cytotrophoblasts, berfungsi menyuplai makanan embrio pada dinding uterus, dan menyalurkan nutrisi dari darah dan cairan kelenjar pada dinding uterus.
  • Sedangkan lapisan kedua, Internal Hypoblast yang telah ada sejak pembentukan janin pertama kalinya. Pada hari ke-15, lapisan sederhana muncul pada bagian belakang embrio dengan bagian belakang yang disebut primitive node (gumpalan sederhana).
 
Dari sinilah beberapa unsur dan jaringan, seperti ectoderm, mesoderm, dan endoderm terbentuk.
  •  Ectoderm, membentuk kulit dan sistem syaraf pusat.
  • Mesoderm, membentuk otot halus sistim digestive (pencernaan), otot skeletal (kerangka), sistem sirkulasi, jantung, tulang pada bagian kelamin, dan sistem urine (selain kandung kemih), jaringan subcutaneous, sistem limpa, limpa dan kulit luar.
  • Sedangkan, Endoderm, membentuk lapisan pada sistim digestive, sistem pernafasan, organ-orang yang berhubungan dengan sistem digestive (seperti hati dan pancreas), kandung kemih, kelenjar thyroid (gondok), dan saluran pendengaran. Gumpalan sederhana inilah yang mereka sebut sebagai TULANG EKOR.


Pada penelitian lain, Han mencoba menghancurkan tulang ekor tersebut. Ia menumbuknya dan merebusnya dengan suhu panas yang tinggi dan dalam waktu yang sangat lama. Setelah menjadi serpihan halus, ia mencoba mengimplantasikan tulang itu pada janin lain yang masih dalam tahap permulaan embrio.

Hasilnya, tulang ekor itu tetap tumbuh dan membentuk janin sekunder pada guest body (organ tamu). Meskipun telah ditumbuk dan dipanaskan sedemikian rupa, tulang ini tidak ‘hancur’.
 
Dr. Othman al Djilani dan Syaikh Abdul Majid juga melakukan penelitian serupa. Pada bulan Ramadhan 1423 H, mereka berdua memanggang tulang ekor dengan suhu tinggi selama 10 menit. Tulang pun berubah, menjadi hitam pekat. Kemudian, keduanya membawa tulang itu ke al Olaki Laboratory, Sana’a, Yaman, untuk dianalisis.

Setelah diteliti oleh Dr. al Olaki, pfofesor bidang histology dan pathologi di Sana’a University, ditemukanlah bahwa sel-sel pada jaringan tulang ekor tidak terpengaruh. Bahkan sel-sel itu dapat bertahan walau dilakukan pembakaran lebih lama.
 
Lebih dari itu berdasarkan penelitian mutakhir, sebagaimana yang disampaikan oleh Jamil Zaini, Trainer Asia Tenggara Kubik Jakarta ketika mengisi acara buka puasa bersama di al Azhar-Solo Baru dengan tajuk, “Inspiring Day; Inspiring The Spirit of Life”, tulang ekor ini merekam semua perbuatan anak Adam, dari sejak lahir hingga meninggal dunia.
Ia merekam semua perbuatan baik-buruk mereka. Dan perbuatan mereka ini akan berpengaruh pada kondisi tulang ekornya. Putih bersih atau hitam kotor. Semakin banyak energi positif atau kebaikan seseorang maka semakin bersih tulang ekornya, dan semakin banyak energi negatif atau keburukan seseorang maka semakin hitamlah tulang ekornya.
 
Dari sinilah, balasan pada hari kiamat kelak tidak akan pernah tertukar. Dari tulang ekor inilah, manusia akan kembali dicipta, dan mereka akan diberi balasan sesuai dengan kadar amal-amal mereka. Ajaibnya, ini semua sudah disabdakan oleh Nabi berpuluh abad yang lalu.
 
“Tiada bagian dari tubuh manusia kecuali akan hancur (dimakan tanah) kecuali satu tulang, yaitu tulang ekor, darinya manusia dirakit kembali pada hari kiamat,” (HR. al Bukhari, nomor 4935).
 
Hadits senada juga diriwayatkan oleh Imam Muslim (nomor 2955): Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallâhu alaihi wa sallam bersabda,
“Seluruh bagian tubuh anak Adam akan (hancur) dimakan tanah kecuali tulang ekor, darinya tubuh diciptakan dan dengannya dirakit kembali.”
 
Dari petunjuk hadist di atas, Ilmuwan muslim pada paruh kedua abad ke-20 telah mendasarkan pemahaman mereka mengenai kemukjizatan hadis tentang tulang ekor ini pada kaidah pengetahuan yang paling dasar, yaitu “Tulang ekor merupakan bagian pertama yang tumbuh dari janin, biasa disebut dengan primitive streak, yaitu bagian utama yang terbentuk pada minggu ketiga”.
 
Akan Kami tunjukkan kepada mereka ayat-ayat (tanda-tanda kekuasaan) Kami pada alam dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu? (Fushshilat: 53). (islampos/Majalah Suara Lombok Barat Bangkit edisi Februari 2012)[jurnalhaji.com]

0 Inilah Akibat Jika sering Mengumpat di Kantor

Ini akibatnya jika sering mengumpat di kantor
Mulutmu, harimaumu. Masih ingat ungkapan itu? Ternyata apa yang Anda katakan memang bisa berbahaya bagi diri sendiri. Misalnya saja berkata tak sopan di kantor. Berdasarkan survey Harris Interactive untuk CareerBuilder, ada banyak dampak yang ditimbulkan jika pegawai sering mengumpat di tempat kerja.
Seperti yang dilaporkan Business News Daily , sebanyak 2.298 manajer dan 3.892 pegawai tetap di Amerika dilibatkan dalam survey ini. Di antara berbagai kota besar di sana, Washington DC memiliki pegawai yang paling sering mengumpat di kantor. Setelah itu, baru diikuti pegawai di Denver, Chicago, Los Angeles, dan Boston yang punya kebiasaan buruk mengumpat di tempat kerja.

Ada banyak dampak buruk jika pegawai sering mengumpat di tempat kerja. Berdasarkan survey, sebanyak 64% atasan jadi lebih meremehkan pegawainya yang suka berkata tak pantas. Kemudian, sebesar 57% bos juga menuturkan mereka tak akan mempromosikan pegawai yang sering mengumpat.


Memang kebanyakan atasan menjelaskan bahwa mengumpat di kantor membuat profesionalisme, kontrol, kedewasaan, dan kepintaran pegawai dipertanyakan. Meskipun demikian, 51% pegawai mengaku mereka suka mengumpat di tempat kerjanya.
Umpatan di kantor oleh para pegawai itu kebanyakan dilontarkan pada teman kerja yang lain. Sementara di depan atasan, pegawai akan lebih jarang berkata-kata kotor.

Hasil survey juga membuktikan pria lebih banyak ditemukan mengumpat di kantor daripada wanita. Untuk batasan umur, pegawai berusia 35-44 tahun adalah yang paling sering berkata tak pantas. Peringkat kedua yang suka mengumpat di kantor adalah mereka yang berusia 45-54 tahun diikuti dengan pegawai berumur 25-34 tahun.

Sayangnya, penelitian ini tidak menyebutkan penyebab kenapa pegawai suka mengumpat. Kalau Anda juga suka melakukan hal ini, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Sebab mengumpat bisa jadi menjadi alasan kenapa Anda tak juga naik pangkat.

sumber

0 Bagaimana Asal-usul Mudik?

Dari mana kata "mudik" bermula. Bagaimana asal-usulnya? Sesekali, menarik juga memahami sebuah kata yang akhirnya menjadi budaya di negeri ini. Boleh jadi, satu-satunya tradisi unik yang dilakukan hampir seluruh orang dalam satu negara, sekaligus sebagai fenomena mengagumkan di mata dunia.
ramadhan.republika.co.id
Setiap ahli punya opini sendiri tentang makna kata "mudik". Kita akan lihat bersama beberapa pandangan tersebut.


Mudik dari Betawi?

Dalam pergaulan masyarakat Betawi terdapat kata "mudik" yang berlawanan dengan kata "milir". Bila mudik berarti pulang, maka milir berarti pergi.

Kata "milir" merupakan turunan dari "belilir" yang berarti: pergi ke Utara. Dulu, tempat usaha banyak berada di wilayah Utara - lihat sejarah Batavia dan Sunda Kelapa. Karena itulah kata "mudik" bermakna: Selatan.

 Pekerja Betawi pulang ke rumah atau mudik / my.opera.com

Sehubungan dengan kata ini, pendapat lain mengungkapkan bahwa kaum urban di Sunda Kelapa sudah ada sejak abad pertengahan. Orang-orang dari luar Jawa mencari nafkah ke tempat ini, menetap dan pulang kembali ke kampungnya saat hari raya Idul Fitri tiba. Karena itulah, kata "mudik" dalam istilah Betawi juga mengartikan "menuju udik" (pulang kampung).


Mudik, budaya Agraris?

Ada pula pendapat mengatakan mudik merupakan tradisi primordial masyarakat petani Jawa. Mereka sudah mengenal tradisi ini bahkan jauh sebelum Kerajaan Majapahit berdiri.

Biasanya tujuan pulang kampung untuk membersihkan pekuburan dan doa bersama kepada dewa-dewa di kahyangan untuk memohon keselamatan kampung halamannya yang rutin dilakukan sekali dalam setahun.

Tradisi 'nyekar' masih terlihat hingga kini. Kebiasaan membersihkan dan berdoa bersama di pekuburan sanak keluarga sewaktu pulang kampung masih banyak ditemukan di daerah Jawa.


Mudik ada sejak nenek moyang?

Bagaimana dengan pernyataan bahwa mudik telah ada sejak zaman nenek moyang? Beberapa ahli mengaitkan tradisi mudik ada, karena masyarakat Indonesia merupakan keturunan Melanesia yang berasal dari Yunan, Cina. Sebuah kaum yang dikenal sebagai pengembara. Mereka menyebar ke berbagai tempat untuk mencari sumber penghidupan.

Pada bulan-bulan yang dianggap baik, mereka akan mengunjungi keluarga di daerah asal. Biasanya mereka pulang untuk melakukan ritual kepercayaan atau keagamaan. Pada masa kerajaan Majapahit, kegiatan mudik menjadi tradisi yang dilakukan oleh keluarga kerajaan. Sejak masuknya Islam, mudik dilakukan menjelang Lebaran.


Mudik dalam kajian bahasa Arab

Untuk menguatkan akar mudik berkaitan dengan tradisi islami, beredar pula argumen makna mudik dalam kajian ala timur-tengah.

Kata "mudik" seperti istilah arab untuk "badui" sebagai lawan kata "hadhory". Sehingga dengan sederhana bisa diambil kesimpulan bahwa mudik, adalah kembali ke kampung halaman.
reski-ramadan.blogspot.com
Mudik dari akar kata “ adhoo-a” yang berarti “ yang memberikan cahaya atau menerangi”
Ini bisa dipahami dengan mudah, bahwa mereka para pemudik itu secara khusus memberikan ‘cahaya’ atau menerangi kampung-kampung halaman mereka.

Mudik dari akar kata “ Adhoo-‘a”, yang berarti “ yang menghilangkan “
Selanjutnya, mudik berasal dari bahasa arab yang berarti : orang yang menghilangkan. Hal ini juga akan mudah kita tangkap, bahwa mereka pemudik itu adalah orang-orang perantauan yang dipenuhi beban perasaan kerinduan, dan kesedihan karena jauh dari orangtua, keluarga atau kampung halamannya. Karenanya mereka melakukan aktifitas mudik , dalam rangka ‘menghilangkan’ semua kesedihan tersebut.

Mudik dari akar kata “ adzaa-qo” yang berarti “ yang merasakan atau mencicipi “
Orang yang mudik ke kampung halaman pastilah mereka yang ingin kembali ‘merasakan dan mencicipi’ suasana kampung tempat kelahiran.
-----------------------------
Nah, sekarang saya akan menyarikan apa yang pernah ditulis oleh budayawan, sastrawan, guru besar Jakob Sumardjo. Buat kamu yang belum mengenalnya dan ingin berkenalan dengan tulisannya, coba dulu baca yang paling populer "Olenka". Ia juga populer sebagai kolumnis yang kerap dimuat di koran-koran nasional.


Kata "mudik" mengartikan "hulu".
Pada zaman pramodern hanya dikenal komunikasi sosial lewat sungai. Hampir semua hunian tua di Indonesia selalu berada di tepi sungai. Karena sungai merupakan sarana komunikasi dan transportasi yang vital, maka dikenal adanya istilah arah hulu dan hilir, mudik dan muara.

Pada waktu itu, kalau orang mengatakan mau mudik, jelas artinya mau pergi ke hulu. Dan kalau mau ke hilir, berarti mau ke arah muara. Orang yang menuju ke hulu dapat berarti “naik”, “munggah”, “pulang”, “ke hutan”, “ke kebun”, “ke bukit”, “ke kampung”. Sedangkan orang yang menuju ke hilir dapat berarti pergi, “keluar”, “ke pasar”, “merantau”, “kerja”.
Transportasi air di Sungai Brantas, Jawa Timur / cabiklunik.blogspot.com
Dengan demikian arah hulu lebih bermakna “perempuan” dan hilir bermakna “lelaki”. Perempuan adalah hulu adalah rumah adalah kampung halaman. Lelaki adalah hilir adalah luar adalah asing, atau rantau.

Dengan pola pikir yang demikian itu, munggah dan mudik maknanya sama, yakni kembali ke ibu, ke kampung halaman, ke nenek moyang, ke asal adanya, ya kembali ke fitrahnya. Begitulah kesadaran kolektif bangsa ini sejak zaman dahulu kala, yakni tidak pernah melupakan jati dirinya, asal usulnya, nenek moyangnya, kampung halaman tempat ia dilahirkan. Manusia Indonesia, khususnya di Pulau Jawa, dalam hubungan munggah dan mudik ini, selalu ingat asal usulnya, indungnya, sangkan paran atau asal dan tujuan hidup ini.

Mengapa identik dengan Lebaran?

Di zaman purba Indonesia ada upacara setiap tahun yang bermakna manunggal dengan nenek moyang sebuah komunitas. Sisa-sisa upacara demikian masih lestari dalam bentuk bersih desa, ngalaksa, seren taun, ngarot dan banyak lagi.

Dalam upacara-upacara semacam itu dilakukan penyatuan manusia sebagai mikrokosmos dengan alam sebagai makrokosmos dan arwah nenek moyang berupa mitos-mitos sebagai metakosmos.

Rangkaian upacaranya mulai dari mandi bersama (bersih badan), pantang dan puasa, ziarah kubur, seni pertunjukan yang mementaskan kisah mitologi nenek moyang pendiri wilayah, dan akhirnya makan bersama atau kenduri. Tempatnya bisa di tanah lapang, di balai desa, di leuwi, di mata air, di kuburan desa.
Bersih desa / gunklaten.blogspot.com

 
Dalam upacara-upacara tahunan semacam itulah seluruh penduduk kampung kumpul bersama, tua atau muda atau kanak-kanak.

Upacara menyatukan diri seluruh penduduk kampung dengan makrokosmos dan metakosmos ini, dapat bermakna sangkan-paran atau kembali menyatu dengan yang asal. Mereka sedang munggah atau mudik. Kembali ke indung asal kehidupan ini. Kembali ke Sang Pencipta dengan seluruh warga yang masih hidup maupun yang sudah meninggal.

Ketika agama Islam dipeluk oleh bangsa Indonesia, maka sisa-sisa ritual primordial ini tidak dilenyapkan karena sudah merupakan bagian dari arketip budayanya. Kalau tidak melakukan, mereka merasa ada yang hilang dari bagian dirinya sebagai kelompok.

Padanan untuk itu adalah bulan puasa bagi umat Islam, atau puncaknya pada hari Lebaran. Tradisi manusia Indonesia untuk nyekar atau menebar bunga di kuburan nenek moyang, mandi bersama di pantai atau di sungai desa, mengirim makanan bagi sanak saudara, yang semua itu dilakukan sebelum bulan puasa, adalah inkulturisasi Islam terhadap budaya sebelumnya.

[apakabardunia]

0 Seperti Apa Lebaran di Negara-negara Lain?

Ramadan pun berakhir juga. Hari kemenangan Idul Fitri sudah siap menyambut, hari bahagia bagi yang melaksanakan ibadah puasa selama bulan ini. Silaturahmi, saling bermaaf-maafan siap disebarkan seluas dunia.

Tradisi silaturahmi tidak semata milik bangsa Indonesia. Di sejumlah negara Arab, tradisi berkumpul dan saling mengucap maaf juga dilakukan di antara keluarga dan kerabat.

 
republika.co.id
Seperti apa suasana lebaran di negara-negara Arab? Dikutip dari Arab News, setelah mengikuti ibadah Al-Mashhad atau salat Id di masjid-masjid besar terdekat, mereka biasanya berkumpul di rumah keluarga tertua untuk bersilaturahmi. Mereka juga memiliki tradisi silaturahmi dengan tetangga dan sejumlah kerabat seraya mengucap rangkaian selamat Idul Fitri.

Selama pekan silaturahmi Lebaran, semua pintu rumah biasanya sengaja tak dikunci untuk memudahkan kerabat, tetangga atau keluarga yang hendak bertandang. Mereka juga menyiapkan satu meja lengkap dengan kertas dan pena di dekat pintu untuk menyambut tamu yang tak bisa bertemu tuan rumah.

Jika saat berkunjung tak ada orang di dalam rumah, mereka akan menaruh bingkisan seperti sekotak permen, kue, atau satu set parfum di atas meja yang telah disiapkan. Lalu mencatat pesan Idul Fitri di kertas yang telah disediakan.


Bagi-bagi uang
Tradisi memberi uang - atau angpao dalam tradisi Tionghoa, juga dilakukan warga Arab. Di sini disebut Eidiyah. 
"Kami memberi anak-anak mainan atau uang sebagai ucapan terima kasih karena sudah puasa selama Ramadan, dan mendorong mereka agar mau puasa lagi tahun depan dan di masa datang," ujar Barazanji, salah satu warga Arab Saudi.

 
Mink / flickr.com
Tradisi Eidiyah itu juga terpelihara di banyak negara dengan nama yang berbeda-beda. Di Malaysia disebut sebagai Duit Raya. Amplop duit raya tersedia dalam berbagai warna dan desain. Paket itu bisa didapatkan dengan mudah dari bank, toko, pasar swalayan, dan tempat-tempat komersil lain.

Di Jazirah Arab, selain penampilan tubuh, mereka juga memiliki tradisi mempercantik rumah sekaligus menyemprot rumah dengan parfum lokal  'Oud' atau Bakhoor, semacam batu bata beraroma atau woodchips yang dibakar seperti dupa, khusus untuk parfum rumah.

Jika di Indonesia ada ketupat dan opor ayam, negara-negara Arab juga punya menu khas yang sepertinya sudah menjadi menu wajib pada setiap Idul Fitri. Menu khas itu antara lain debyaza, semacam puding aprikot; halawa Turki, puding tradisional Turki; dan ta'teema, penganan khas dengan pilihan keju, mentega, selai dan telur matang.

Beberapa makanan itu biasanya disiapkan sejak tiga hari menjelang Lebaran. Debyaza dan halawa Turki membutuhkan waktu pengolahan cukup lama karena ada proses pendinginan untuk menciptakan rasa manis dan kental. "Makanan ini biasanya disimpan di kulkas sampai Lebaran tiba," ujar Hanan Mohammed, 47, seorang ibu rumah tangga di Arab.


Tradisi baru: kudapan cokelat
Generasi muda di Arab belakangan ini mulai mulai memasukkan kudapan cokelat dalam sajian Lebaran untuk menjamu tamu.

"Ini tradisi baru karena anak-anak jaman sekarang umumnya tidak suka permen biasa, jadi kami mulai menawarkan cokelat untuk semua orang," kata Aminah Sadeg, seorang ibu rumah tangga berusia 70 tahun. "Setiap rumah biasanya memiliki berbagai macam piring atau keranjang berisi berbagai jenis cokelat."


Lamian di Cina hingga tarian dan adu telur
Semarak Idul Fitri tak hanya terasa di negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim. Tengok saja di China yang membangun tradisi unik dengan akulturasi Islam dan budaya China yang kental. Di tengah pesta santap dan tarian, mereka menyelipkan upacara khusus untuk mengenang penduduk muslim pada masa Dinasti Qing.

 
Lamian / goorme.com
Di China ada menu unik Lebaran yaitu lamian atau mi buatan tangan yang biasanya disajikan dalam sup daging sapi atau domba aneka rasa. Melambangkan panjang umur, lamian menjadi salah satu menu wajib dalam acara-acara spesial di China, termasuk Idul Fitri bagi yang merayakan. Menu lain yang tak kalah populer adalah Chuanr atau kebab.

Sejumlah tradisi unik juga mencipta kemeriahan Idul Fitri di kawasan Asia Selatan. Di Afghanistan, ada kebiasaan adu telur untuk menyambut Hari Kemenangan. Cara memainkannya: dua peserta saling berhadapan dengan telur di tangan. Jika keduanya telah siap, telur akan saling dihantamkan. Peserta yang telurnya lebih dulu hancur dianggap kalah.
2 Anak Afghanistan sedang adu telur / newshopper.sulekha.com
Sementara di Pakistan, India dan Bangladesh, kemeriahan justru terpusat pada malam menjelang Lebaran. Bersama karib dan kerabat, mereka berkumpul di lahan terbuka demi menyaksikan munculnya bulan baru. Ketika bulan terlihat, mereka serta-merta akan mengucap 'Chaand Raat Mubarak', yang artinya kira-kira 'Selamat Malam Rembulan yang penuh keberkahan' atau 'Id Mubarak'.

Kemeriahan yang populer dengan sebutan 'Malam Rembulan' itu tak lepas dari aksi para perempuan dewasa dan gadis-gadis yang menghiasi tangan mereka dengan daun inai atau yang biasa kita sebut dengan 'pacar'. Berhias cahaya aneka warna, toko-toko pun buka hingga nyaris dini hari karena menjadi kesempatan terakhir bagi orang-orang untuk belanja terakhir keperluan Lebaran.




 
Sumber:
news.viva

0 Mesir Kerahkan Tank ke Sinai, Israel Protes


Rezim Zionis Israel menuntut Mesir untuk menarik senjata-senjata beratnya dari wilayah gurun Sinai.

Radio-radio rezim Zionis mengutip sumber-sumber yang dekat dengan para pejabat senior Tel Aviv melaporkan bahwa Israel terus memantau tindakan Mesir di wilayah Sinai dengan penuh kekhawatiran. Demikian televisi al-Alam melaporkan, Jumat (17/8).

Redio Zionis juga menyinggung tentang tetap terbukanya kanal-kanal hubungan antara Mesir dan rezim Zionis di tingkat militer dan politik.

Menurut radio Israel, berbagai pertemuan antara pejabat senior Departemen Luar Negeri Mesir dan diplomat rezim Zionis telah digelar di Kairo.

Koran Zionis Haarezt pada Jumat menulis, sekelompok pasukan militer Mesir masuk ke wilayah Sinai dengan persetujuan Israel, namun pengerahan sejumlah pasukan lainnya ke wilayah tersebut tanpa kesepakatan dengan Tel Aviv.

Koran itu menambahkan, berdasarkan perjanjian damai Camp David, Kairo tidak diperbolehkan mengirim tank ke sejumlah wilayah Sinai dan el-Arish, namun pada prakteknya beberapa hari lalu, Mesir telah mengerahkan puluhan tank ke wilayah itu. Bahkan Kairo menuntut untuk tetap menempatkan pasukannya di Sinai hingga operasi militer di wilayah tersebut selesai.

Pasca tewasnya 16 pasukan penjaga perbatasan Mesir di Sinai, Kairo mengerahkan pasukannya  ke wilayah itu untuk menumpas milisi bersenjata.

Banyak pakar politik Mesir menilai Israel sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyerangan di perbatasan itu dan menegaskan bahwa Tel Aviv dengan langkah tersebut tengah berupaya mencegah berlanjutnya hubungan antar Mesir dan Palestina. Dengan demikian, Israel dapat melanjutkan blokadenya atas Jalur Gaza. (IRIB Indonesia/RA)

Jumat, 17 Agustus 2012

0 Laurence Brown: Yesus Kabarkan Kerasulan Muhammad SAW

Laurence Brown: Yesus Kabarkan Kerasulan Muhammad SAW
Laurence Brown
Ketika dua orang mengajarkan dua hal yang saling bertentangan, seseorang harus memilih yang mana yang harus diikuti. Laurence Brown lebih mempercayai Yesus dibandingkan Paulus.

‘’Menurut Yesus Tuhan adalah satu, sedangkan Paulus menganggap Tuhan itu tiga,’’ ujar Laurence. Yesus juga mengatakan bahwa Perjanjian Lama dapat dipakai, sementara Paulus mengatakan sebaliknya. Hal inilah yang membuat Laurence memutuskan untuk mempercayai Yesus.

Laurence tinggal di lingkungan yang masyarakatnya banyak menganut Kristen. Mereka sangat dekat dengan kekristenan, namun tidak benar-benar memahami tentang keimanan itu sendiri dan mereka tidak benar-benar menganut keyakinan tersebut.

Kebanyakan masyarakat Amerika memiliki keyakinan terhadap agama. Namun mereka tidak benar-benar bisa menerima agama yang diajarkan di gereja tersebut secara utuh. Mereka sangat beruntung karena mempercayai adanya Tuhan dan nabi-nabinya. Mereka dapat melihat kebenaran di dalam pengajaran Alkitab.

Namun ketika mereka sampai kepada pengajaran tentang keimanan, satu dua fakta yang diajarkan mungkin masih dapat diterima. Begitu hal lain tidak dapat mereka terima.

Lalu mulailah mereka mencari kebenaran yang tidak dapat mereka temukan di dalam Kristen. “Dan itulah yang saya lakukan ketika akhirnya saya menemukannya di dalam Islam,“ katanya dalam acara The Deen Show.

Ketika mencari kebenaran di dalam Kristen, ia mempercayai nabi-nabi seperti Musa dan Yesus yang mengajarkan kebenaran kepada umat-umat mereka. Musa berkata pada umatnya bahwa akan ada tiga nabi yang harus diikuti oleh mereka setelah dirinya. Yohanes Pembaptis (Yahya) adalah yang pertama, Lalu Yesus dihitung sebagai yang kedua. Yesus pun mengatakan akan ada nabi berikutnya setelah dirinya, yang merupakan nabi terakhir.

Laurence bertanya-tanya, siapakah satu nabi lain yang dibicarakan oleh Musa dan Yesus ini? Ketika mempelajari Islam, ia menemukan jawabannya. Muhammad SAW adalah nabi yang dikatakan oleh kedua nabi sebelumnya. Ia akan membawa kesempurnaan bagi agama yang selama ini diturunkan Musa dan Yesus kepada umat-umatnya.

Di Barat banyak sekali orang-orang yang berkomentar miring tentang Islam. Islam dipandang sebagai agama teroris yang akan menghancurkan sekelompok masyarakat. “Akan tetapi jika kita mempelajari Islam yang sebenarnya secara mendalam, lalu hidup di antara Muslim lainnya, kita akan menemukan Islam sebagai agama yang indah,“ tambahnya.

Banyak orang jahat di dunia ini, ujar Laurence, namun yang sebenarnya adalah setiap orang menginginkan kebaikan. Setiap orang ingin tidur dengan tenang setiap malam, bangun setiap pagi dengan keyakinan mereka akan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa ketakutan, dan mereka ingin memiliki hidup normal.

“Kehidupan dalam Islam adalah kehidupan dalam kesopanan, kesederhanaan, dan kerendahan hati. Dan menurut saya begitulah seharusnya setiap manusia memaknai hidupnya.“ [republika]

0 Akibat Tidur Berlebihan

Kita tahu bahwa sulit tidur atau yang biasa disebut insomnia tidak baik untuk kesehatan. Begitu juga dengan "lawannya", yakni oversleeping (kelebihan tidur) atau hipersomnia, ternyata juga tak kalah buruk untuk tubuh.
Meskipun tidur merupakan kegiatan yang harus terpenuhi untuk membantu proses peremajaan tubuh, jika dilakukan berlebihan, hal itu akan memberikan dampak negatif untuk kesehatan. Para pakar pun menganjurkan untuk tidak tidur lebih dari sembilan jam tiap malam. 
Apa saja yang memungkinkan menjadi penyebab oversleeping atau hipersomnia?
  • Sleep apnea.
    Jenis gangguan tidur di mana orang berhenti bernapas untuk sesaat ketika tidur dan dapat menyebabkan meningkatnya kebutuhan tidur karena membuat siklus tidur normal terganggu. Penderita akan merasa lelah dan lemas meski telah tidur selama 10 jam. Gangguan pernapasan mulai terjadi karena dinding tenggorokan cenderung berhenti beraktivitas, sementara individu sedang dalam kondisi bersantai (tidur). Akibatnya, aliran udara di dalam tubuh berhenti dan seketika individu tersebut terbangun untuk bernapas.
  • Narcolepsy.
    Masalah neurologis yang menyebabkan tidur berlebihan. Narcolepsy memengaruhi bagian otak yang mengontrol dan mengatur tidur. Penderita (narcolepsy) gagal untuk mengidentifikasi dan membedakan waktu tidur dengan waktu untuk tetap terjaga. Penderita dapat tertidur di mana saja dan kapan saja.
  • Stres dan depresi.
    Dua hal ini memang harus dihindari karena dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan jiwa, juga mental, tak terkecuali oversleeping.
  • Kelelahan.
    Kelelahan akibat bekerja terlalu keras, gangguan tidur, kehamilan, atau kekurangan tidur merupakan salah satu penyebab utama oversleeping. Ketika merasa lelah, Anda cenderung memutuskan tidur lebih lama, bahkan lebih dari sembilan jam, untuk mencoba agar segar kembali.
Dan berikut ini adalah dampak negatif akibat kelebihan tidur (oversleeping) :
  1. Diabetes.
    Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap malamnya memiliki resiko 50 persen lebih besar terkena diabetes dibandingkan dengan mereka yang hanya tidur selama tujuh jam setiap malamnya. Penelitian juga menemukan, oversleeping dapat mengindikasikan gangguan medis yang meningkatkan kemungkinan pengaruh diabetes.
  2. Obesitas.
    Mereka yang tidur selama 9 – 10 jam setiap malam, berpeluang 21 persen mengalami obesitas daripada mereka yang hanya tidur selama 7 – 8 jam.
  3. Sakit jantung.
    Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tidur selama 9 – 11 jam setiap malam, memiliki peluang sebanyak 38 persen terkena penyakit jantung koroner.
  4. Sakit kepala.
    Para peneliti meyakini, sakit kepala bisa juga dampak dari oversleeping. Mereka yang tidur terlalu lama pada siang hari mengalami gangguan ketika hendak tidur malam harinya sehingga menimbulkan sakit kepala pada keesokan harinya.
  5. Nyeri punggung.
    Ketika anda berbaring di tempat tidur selama berjam-jam, seringkali timbul nyeri pada punggung. Orang yang menderita sakit punggung atau rentan terhadap penyakit punggung pun dianjurkan oleh dokter untuk tetap aktif bergerak, bukannya sering berbaring atau tiduran.
  6. Kematian.
    Beberapa penelitian menemukan, orang yang tidur sembilan jam atau lebih tiap malam, memiliki tingkat kematian lebih tinggi daripada mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam setiap malamnya. Para peneliti berspekulasi, depresi dan rendahnya status sosial ekonomi (jika dikaitkan dengan oversleeping) dapat dihubungkan dengan meningkatnya angka kematian.
Sumber :
http://www.andyfebrian.com/efek-negatif-tidur-berlebihan/
http://health.kompas.com/read/2011/08/20/09512375/Bahaya.Tidur.Berlebihan.

0 KF-X/IF-X, Jet Siluman Buatan Indonesia-Korsel

Pesawat tempur siluman KF-X/IF-X buatan Korsel-Indonesia

Dari sekian banyak alutsista yang ada, pesawat tempur merupakan salah satu alutsista yang menjadi ujung tombak kekuatan angkatan udara. Dalam doktrin perang modern, kemampuan pesawat tempur bisa menjadi salah satu penentu jalannya peperangan. Armada pesawat tempur yang tangguh menjadi unsur yang penting dalam suatu operasi militer (pertahanan).
Berbeda dengan pesawat terbang yang biasa digunakan oleh kalangan sipil, pesawat tempur modern yang digunakan militer saat ini harus memiliki beberapa kriteria wajib, seperti memiliki kemampuan siluman (stealth) yang berguna untuk mengurangi kemungkinan terdeteksinya pesawat oleh radar musuh, avionik yang canggih atau pun kelincahan bermanuver untuk menghindar dari kejaran pesawat tempur musuh.
Bagi dunia penerbangan militer, pesawat tempur siluman memang sedang menjadi pembicaraan hangat. Lalu apa itu pesawat tempur siluman? Pesawat tempur siluman merupakan pesawat tempur yang mampu menyerap dan membelokkan gelombang radar, dengan cara membuat design pesawat yang minus lekukan yang fungsinya adalah memperkecil sudut-sudut tajam yang bisa ditangkap oleh radar sehingga memperkecil Radar Cross Section (RCS) dan membuatnya lebih sulit untuk dideteksi.

Hal inilah yang mendasari pesawat siluman memiliki bentuk yang aneh tidak seperti biasanya. Pesawat siluman sebenarnya tidak 100% tidak bisa terdeteksi radar. Tetapi karena memiliki RCS yang kecil maka di layar radar hanya tampak seperti gerombolan burung. Teknologi siluman pertama kali dikembangkan oleh seorang ilmuwan Rusia, Dr. Pyotr Ufimtsev pada tahun 1966.
Pada saat ini ada beberapa negara yang sudah mengembangkan pesawat tempur mutakhir berteknologi siluman, mereka berlomba membuat pesawat tempur dengan teknologi yang lebih maju dari yang lainnya. Untuk urusan pesawat tempur siluman, Amerika Serikat menjadi negara yang paling rajin mengembangkannya. Ada beberapa pesawat mutakhir milik Amerika Serikat yang masuk kategori ini, yaitu pesawat F-117 Nighthawk, F-22 Raptor, JSF F-35 Universal Fighter, dan Bomber B-2 Spirit.

Model KF-X/IF-X (foto: kaskus.us)
Kemudian ada Rusia yang juga tak mau kalah dalam membuat pesawat tempur siluman. Rusia sebetulnya sudah mulai membuat program pesawat tempur siluman pada era Uni Soviet, dengan menyiapkan 2 jet tempurnya yakni MIG 1.44 dan Su-47 Berkut (artinya:Elang Emas), tapi dalam perjalanannya program pesawat silumannya terseok-seok. Barulah pada masa kepemimpinan Presiden Vladimir Putin, program ini dilanjutkan kembali. Kemudian lahirlah jet tempur siluman Sukhoi T-50 yang merupakan hasil kerjasama antara Rusia dengan India. Jet tempur ini dirancang mampu menyaingi F-22 Raptor dan JSF F-35 Universal Fighter.

Dan yang terakhir dan yang paling menggegerkan dunia kedirgantaran adalah munculnya Cina yang berhasil membuat pesawat tempur siluman J-20 Black Eagle sekaligus membuktikan sebagai negara superpower baru, khususnya dibidang teknologi dirgantara. Namun diyakini pesawat tempur tersebut menggunakan teknologi yang dimiliki Amerika Serikat. China diduga ”mencuri” teknologi stealth dari pesawat tempur siluman F-117 Nighthawk milik AS yang ditembak jatuh pada tanggal 27 Maret 1999 dalam perang Kosovo.

Transfer Teknologi
Lalu bagaimana dengan Indonesia? Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki lebih dari 13.000 pulau dan berpenduduk lebih dari 200 juta, memiliki armada pesawat tempur yang handal adalah mutlak hukumnya. Hal ini tentu saja untuk melindungi dan menjaga kedaulatan Indonesia dari ancaman negara lain. Ancaman yang muncul setidaknya hingga beberapa tahun kedepan, memang bukan invasi langsung negara lain. Namun, tidak berarti hal itu menurunkan program pembangunan kekuatan pertahanan udara di tubuh TNI AU. Indonesia pernah merasakan pengalaman pahit ketika Amerika Serikat melakukan embargo militer terhadap Indonesia dari tahun 1999-2005 atas pelanggaran Hak Asasi Manusia, sehingga membuat sistem persenjataan TNI lumpuh dan sistem peralatan militernya lemah.
Hal ini dikarenakan sebagian besar pengadaan sistem persenjataan dan peralatan militer Indonesia termasuk pesawat tempurnya berorientasi ke negara barat. Sehingga banyak pesawat tempur milik TNI didominasi oleh pesawat tempur buatan Amerika Serikat. Guna menutup kebutuhan alutsistanya, Indonesia kemudian mencari sumber alternatif lain dalam pengadaan pesawat tempurnya, baik yang dibeli dari negara lain seperti pembelian pesawat tempur Sukhoi Su-27SK dan Su-30MK dari Rusia.
Lambat laun muncul keinginan dari pemerintah untuk mandiri dalam memenuhi kebutuhan arsenal tempurnya dengan memberdayakan dan memanfaatkan industri pertahanan nasional secara maksimal. Berbeda dengan alutsista impor, alutsista buatan bangsa sendiri ini akan memberikan kekuatan yang tidak bisa “dibaca” negara asing. Impor alutsista oleh suatu negara memudahkan bagi negara lain untuk “membaca” kekuatannya. Itulah alasan pentingnya membuat sendiri alutsista maupun teknologi pertahanan lainnya. Pengadaan dari luar negeri hanya diarahkan pada jenis alutsista yang belum bisa diproduksi di dalam negeri dengan tetap menerapkan program alih teknologi (Transfer of Technology/ ToT) yang menyertakan industri pertahanan nasional.
Lebih dari itu, kemampuan Indonesia memproduksi alutsista secara mandiri akan meningkatkan kemandirian bangsa sehingga mengurangi ketergantungan kita terhadap persenjataan buatan negara lain dan yang tak kalah penting  menghindari “setiran” negara penjual senjata. Sebagaimana kita tahu selama ini, negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa seringkali menetapkan banyak syarat dan embel-embel dalam proses penjualan senjata produksi mereka.

Kokpit KF-X/IF-X (foto: flightglobal.com)
Atas dasar kebutuhan itulah, Indonesia berkeinginan untuk mengembangkan sebuah pesawat tempur bagi kebutuhan TNI AU. Peluang itu datang tatkala Korea Selatan mengalami krisis pengadaan pesawat tempur yang rata-rata sudah memasuki usia tua serta besarnya kebutuhan dana untuk pengembangan pesawat tempur baru. Sehingga mau tidak mau Negeri Ginseng pun berusaha mencari mitra dalam pengembangan pesawat tempurnya.
Akhirnya, Korea Selatan menawarkan kepada Indonesia untuk mengembangkan pesawat tempur canggih bagi kebutuhan Angkatan Udara Republik Korea (ROKAF) dan Tentara Nasional Indonesia - Angkatan Udara (TNI-AU). Tawaran itu diterima Pemerintah Indonesia karena menilai Korsel memiliki pengalaman cukup tinggi dalam memproduksi pesawat tempur. Selain itu Korsel juga bersedia untuk melakukan transfer of technology. Padahal tidak semua negara bersedia kerjasama dengan transfer of technology.
Kecenderungan Korsel untuk memilih Indonesia sebagai mitra utama bukan tanpa sebab. Kedekatan kerjasama pertahanan antara Indonesia-Korsel sudah terjalin lama. Selama ini kedua negara sudah terlibat dalam saling beli peralatan pertahanan. Sebagai contoh, Indonesaia, mempercayakan Overhaul Kapal Selam tipe 209 yang dioperasikan TNI AL kepada Korsel. Indonesia juga membeli 4 kapal LPD (Landing Platform Dock) yang dua diantaranya dibuat di PT. PAL. Hubungan kedua negara dalam bidang kedirgantaraan juga sudah terjalin lama, ditandai dengan pembelian pesawat latih KT-1B Wong Bee oleh Indonesia dan pembelian pesawat CN-235 oleh Korsel.
Indonesia melalui PT Dirgantara Indonesia (PT DI) telah memiliki banyak pengalaman dalam memproduksi pesawat terbang seperti CN-235 dan N-250, serta sempat memproduksi komponen pesawat tempur F-16 meliputi wing flaperon, vertical finskin, forward engine access door, main landing gear door, weapon pylon dan fuel tank pylon. Alasan lainnya, Indonesia dipilih Korsel karena memiliki kedekatan dengan banyak negara berkembang. Pasar dari pesawat tempur ini yang utama adalah negara berkembang dan Indonesia sebagai negara berkembang memiliki banyak kolega dengan negara-negara lain.
Kembalikan Pamor Indonesia
Proyek jet tempur ini pertama kali diumumkan oleh Presiden Korea Selatan Kim Dae-Jung di Akademi Angkatan Udara pada bulan Maret 2001 untuk menggantikan pesawat-pesawat yang lebih tua dan malah ketinggalan zaman (out of date) seperti F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger, tapi ditangguhkan karena masalah teknis dan pendanaan. Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak pada Januari 2010 lalu setuju untuk mendorong proyek tersebut setelah meningkatnya ketegangan antara Korea Selatan dengan Korea Utara. Ini adalah program pengembangan pesawat tempur kedua Korea Selatan setelah KAI T-50 Golde Eagle.
Program pesawat tempur masa depan yang diberi kode KF-X/IF-X (Korea Fighter Experiment/Indonesia Fighter Experiment) ini akan dibuat oleh Korean Aerospace Industry bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia. KF-X/IF-X merupakan pesawat tempur generasi 4,5 yang mempunyai kemampuan diatas F-16 Blok 50 (pesawat tempur generasi 4) tetapi dibawah F-35 (pesawat tempur generasi 5). Dibandingkan F-16, KF-X/IF-X diproyeksi memiliki radius serang lebih tinggi 50 persen, sistim avionik yang lebih canggih serta kemampuan stealth.

KF-X/IF-X dilihat dari dua sisi (foto: flightglobal.com)
Dana pengembangan pesawat tempur ini mencapai US$ 8 Miliar. Dimana dana sebanyak ini ditanggung bersama melalui kerjasama pengembangan. Komposisi pembagiannya, Indonesia menanggung 20 persen biaya pengembangan, sedangkan Korsel 80 persen, yakni 60 persen dari Pemerintah Korsel, 20 persen oleh industri pesawat terbang Korsel termasuk Korea Aerospace Industry.
Bagi industri penerbangan Korsel, proyek jet tempur ini merupakan kesempatan untuk masuk ke dalam klub eksklusif produsen pesawat tempur stealth, Korsel dapat memangkas biaya produksi dan terbantu di urusan pemasaran produk pesawat tempurnya, sedang bagi Pemerintah Indonesia, proyek jet tempur ini dipandang sebagai cara untuk merevitalisasi industri pertahanan, khususnya industri pesawat terbangnya.

Melalui program pesawat tempur KF-X/IF-X ini, Indonesia berusaha menghidupkan kembali industri dirgantaranya dengan aktif merancang dan memproduksi pesawat tempur ini.Dari perspektif Indonesia, program pembangunan bersama menawarkan akses Indonesia untuk menguasai teknologi pembuatan pesawat tempur canggih. Yang juga tak kalah penting adalah keinginan dua negara untuk menguasai seluruh sistem pesawat, terutama flyng control dan sistem persenjataannya.
Pada tanggal 6 Maret 2009, Korsel melalui DAPA (Defense Acquistion Program Administrtion) dan Indonesia melalui Departemen Pertahanan telah menandatangani Letter of Intent (LoI) proyek ini dan pada tanggal 15 Juli 2010 kedua belah pihak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) di Seoul. Kemudian kedua belah pihak masih menandatangani Kesepakatan Penjagaan Kerahasiaan  pada tanggal 20 November 2010 serta Hak Kekayaan Intelektual dan Persetujuan Proyek pada tanggal 11 Maret 2011.
Kerja sama pembangunan KF-X/IF-X memakan waktu 10 tahun, dimulai tahun 2010 - 2020. Program KF-X/IF-X memasuki Technical and Development Phase yang dimulai akhir Juli 2011 sampai tahun 2012, Setelah itu, pada awal 2013 sampai tahun 2020 kerjasama akan memasuki Engineering Development Phase, dan tahap terakhir adalah produki pesawat jet tempur pada 2021.
Untuk memulai kerjasama pengembangan teknologi tersebut, pada tanggal 29 Mei sampai dengan 3 Juni 2011, Kementerian Pertahanan melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang Kemhan)  telah memberikan pembekalan kepada Tim Engineering KF-X/IF-X. Kemudian pada tanggal 2 Agustus 2011 diadakan acara KF-X/IF-X Kick off meeting, di kota Daejeon, Korea Selatan. Dalam kesempatan itu diresmikan fasilitas Combined Research & Development Center (CRDC) di kota Daejeon sebagai fasilitas bersama pengembangan teknologi KF-X/IF-X dan diadakan penyerahan Tim Engineering KF-X/IF-X dari Indonesia--yang berjumlah 37 orang terdiri dari TNI AU, ITB, Kemhan dan PT DI--yang akan bergabung bersama dengan tim Korsel.
Meski terkesan ambisius, diharapkan pesawat tempur siluman ini akan menjadi tulang punggung TNI AU di masa mendatang sehingga mampu mendongkrak kekuatan TNI dalam menjaga kedaulatan Indonesia. Bagi bangsa ini program kerjasama pembangunan pesawat tempur ini telah memberi nilai positif bagi penguasaan teknologi dirgantara. Jika terwujud, hal ini merupakan perkembangan yang luar biasa dan mampu mengembalikan pamor Indonesia sebagai salah satu negara dengan kekuatan militer terbaik di dunia, termasuk kekuatan udara. Dengan begitu bisa meningkatkan  rasa percaya diri  dan dapat menambah kemampuan efek penangkal (deterrent effect) kekuatan udara kita di mata negara lain.[http://hanifsakala.blogspot.com]
BPPT-02A Pelatuk (foto: Defense Studies)
Dari awal hingga pertengahan Desember ini, berbagai media di Tanah Air, baik media cetak maupun elektronik gencar memberitakan pesawat tanpa awak RQ-170 milik Amerika Serikat yang ditembak jatuh di Iran.Di balik jatuhnya pesawat itu, tentunya ada beberapa hal yang patut mendapat perhatian, salah satunya adalah penggunaan teknologi pesawat tanpa awak.
Pesawat tanpa awak yang juga dikenal dengan nama Unmanned Aerial Vehicle (UAV) merupakan wahana terbang yang mampu terbang secara mandiri dan dikendalikan dari jarak jauh melalui remote control untuk melakukan berbagai misi. Di dunia penerbangan, pesawat tanpa awak bukanlah teknologi baru. Sudah banyak negara yang mampu membuatnya sendiri, beberapa di antaranya Malaysia (Aludra), Iran (Karrar), AS (RQ-170 Sentinel) dan Israel (Hermes, Seacher, Heron).
Yang menarik, beberapa tahun silam, Indonesia pernah berkeinginan membeli pesawat tanpa awak dari Israel. Tapi niat itu kemudian diurungkan karena muncul penolakan dari beberapa kalangan. Kemudian pertengahan tahun ini TNI AU juga dikabarkan menjajaki pembelian pesawat tanpa awak buatan Afrika Selatan.

Rencana pembelian itu seakan menegaskan kembali kebutuhan Indonesia akan pesawat tanpa awak. Apalagi secara geografis, Indonesia adalah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari ribuan pulau, sehingga membutuhkan wahana terbang yang mampu mendukung pertahanan dan keamanan nasional serta mampu melakukan pemantauan di seluruh wilayah Nusantara, terutama di wilayah yang sulit dijangkau.

Hal itulah yang kemudian mendasari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai lembaga yang bertanggungjawab melaksanakan kegiatan pengkajian dan penerapan teknologi di Indonesia untuk membuat pesawat tanpa awak. Dalam hal pembuatannya bisa dibilang ahli-ahli anak bangsa yang ada di BPPT sudah jago. Bahkan pesawat tanpa awak buatan lembaga ini tak kalah hebat dan harganya bisa dipastikan lebih murah dari produk sejenis buatan negara lain.
PUNA

Pesawat tanpa awak buatan BPPT itu dikenal sebagai PUNA yang merupakan kependekan dari Pesawat Udara Nir-Awak. PUNA telah dikembangkan sejak tahun 2002. Menurut Annual Report BPPT 2006, pengembangan PUNA dimulai dari pembuatan Target Drone (wahana sasaran tembak) bagi TNI AD. Setelah itu berlanjut dengan pengembangan PUNA double-boom yang disebut ''RUTAV''. Pada kurun waktu tahun 2004-2006, BPPT mengembangkan prototipe PUNA singleboom dengan nama BPPT-01A Wulung.

Wulung memiliki bentuk badan yang ramping dengan sayap di atas (high-wing) dan ekor yang tegak lurus dan membentuk huruf T (T-Tail). Secara teknis, Wulung memiliki panjang badan 3,3 meter dengan tinggi sekitar 1 meter, rentang sayap 6 meter, dan berat maksimum 110 kg. Sebagai sumber tenaga, pesawat tanpa awak ini ditenagai oleh motor dengan kekuatan 20 HP.
Pengembangan PUNA kemudian dilanjutkan dengan pembuatan prototipe BPPT-01B Gagak. Sekilas bentuk badan Wulung dengan Gagak ada persamaan, yaitu bentuk badan kedua pesawat yang ramping. Perbedaan yang paling mencolok terletak pada posisi sayap dan bentuk ekornya. Berbeda dari Wulung, Gagak memiliki sayap yang terletak di bawah badan (low-wing) dengan panjang 7 meter serta ekor berbentuk huruf V (V-Tail). Penggunaan desain ini tak lain ditujukan untuk meningkatkan kelincahan manuver.
Pengembangan PUNA tak hanya berhenti pada BPPT-01A Wulung dan BPPT-01B Gagak, tetapi berlanjut pada desain dan pembuatan prototipe PUNA lainnya, yaitu BPPT-02A Pelatuk, BPPT-02B Laron, BPPT-04 Sriti, dan BPPT-05 Alap-alap.
Banyak Manfaat
Jika disimak lebih jauh, teknologi pesawat tanpa awak memiliki banyak manfaat yang sangat strategis, di antaranya bisa digunakan untuk keperluan sipil, seperti pemantauan bencana alam, pemantauan pencurian ikan, pemantauan kebakaran hutan, pemantauan pembalakan liar, pencarian korban kecelakaan, dan pemetaan wilayah. Pesawat tanpa awak juga bisa untuk keperluan militer, seperti pengintaian terhadap teroris, pengintaian di daerah rawan konflik, pemantauan tapal batas negara, dan pemantauan di medan pertempuran.

Pesawat tanpa awak memiliki keunggulan dibandingkan dengan wahana terbang berawak. Pengoperasian pesawat tanpa awak bisa menghemat anggaran negara karena biaya pengoperasiannya yang lebih murah bila dibandingkan dengan wahana terbang berawak. Selain itu, apabila pesawat jatuh, tidak ada risiko korban jiwa. Hal ini bisa terjadi karena pengoperasiannya dikendalikan dari jarak jauh.



sumber :aviasista

0 Israel Minta Bantuan AS untuk Serang Iran



 Israel Minta Bantuan AS untuk Serang Iran
Ancaman perang AS melawan Iran (ilustrasi)
"Sekarang jelas bagi kami bahwa kami tidak dapat melakukannya sendirian. Jelas bagi kami bahwa kami harus melakukannya bersama Amerika," kata Peres kepada Reuters dan dilansir PressTV, Jumat (17/8).

Peres mengatakan, pihaknya telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden AS, Barrack Obama mengenai hal ini. Menurut dia, Obama telah menegaskan bahwa menghentikan program nuklir Iran merupakan kepentingan AS. Peres pun mengungkapkan keyakinannya bahwa Obama akan berbuat sesuatu untuk mencegah Iran untuk terus memperkaya uranium.

Pernyataan Peres ini mencuat setelah media-media Israel menyoroti rencana Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Ehud Barak untuk melakukan serangan sepihak terhadap Iran. Di Tel Aviv, publik Israel pun ramai-ramai melakukan protes menentang rencana perang tersebut.
Presiden Israel, Simon Peres, menyatakan bahwa negaranya tak akan mampu menyerang Iran sendirian. Untuk menggempur fasilitas-fasilitas nuklir Iran, rezim Zionis itu membutuhkan bantuan dari sekutunya, Amerika Serikat.[republika]

0 5 Tempat Angker di Jakarta

blog-apa-aja.blogspot.com
Indonesia memang banyak sekali menyimpan cerita mistis, begitu juga dengan ibukota-nya yaitu Jakarta. Kawula muda tentunya tau segudang cerita tentang mistis yang ada di Jakarta. Nah berikut ini peringkat berdasarkan hasil telusuran Mass Darto. Mau tau kawula muda? yuk kita simak:

1. TPU Jeruk Purut.
blog-apa-aja.blogspot.com
Pada tahun 1986, seorang penjaga makam TPUJeruk Purut yang sedang jaga malam melihat sesosok pastur tak berkepala melintas di antara makam. Pastur itu menenteng kepalanya sendiri dan di belakangnya, ikut seekor anjing. Konon, pastur ini "salah pulang".

Ia mencari-cari makamnya yang sebenarnya berada di unit Kristen TPU Tanah Kusir, sedangkan di TPU Jeruk Purut hanya ada unit Islam. Penjaga makam yang melihat pastur kepala buntung itu, hingga kini masih menjaga makam dan dianggap kuncen atau orang yang dituakan di TPU Jeruk Purut. Kesaksiannya kemudian menyebar luas se-Jakarta dan hingga kini "Sang Pastur Kepala Buntung" menjadi legenda horor di Jeruk Purut. Konon, jika Anda ingin menemui pastur legendaris ini, Anda harus datang pada malam Jumat dengan jumlah ganjil (sendiri atau bertiga).

2. Lintasan Kereta Bintaro.
blog-apa-aja.blogspot.com
Pada 19 Oktober 1987, terjadi kecelakaan kereta yang menewaskan ratusan orang di dekat Stasiun Sudimara,Bintaro. Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadikecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggapangker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.

3. Terowongan Casablanca.
blog-apa-aja.blogspot.com
Dibangun di atas tanah pekuburan,terowongan Casablanca, ketika pembongkaran kuburan tersebut, bahkan ada 1 jenazah yang masih utuh.

Dari terowongan Casablancasampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaanyang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sesosok perempuan tiba-tiba menyeberang di hadapan kendaraannya. Menurut warga, ada baiknya ketika melewati terowongan ini, pengemudi kendaraan membunyikan klakson untuk "menyapa" penghuni terowongan.

4. Lubang Buaya.
blog-apa-aja.blogspot.com
Pada 30 September 1965, ditemukan jenazah 6 orang jenderal dan seorang letnan TNI dikubur di dalam sumur ini. Di sebelah sumur tersebut, terdapat ruang yang 7 di dalamnya terisi patung patung patung replika dan terdengar suara yang menceritakan penyiksaan terhadap ketujuh pahlawan tadi. Di sebelah ruangan tadi terdapat dua rumah lengkap dengan perabot asli. Rumah-rumah tadi disebut sebagai pos komando dan dapur umum pasukan PKI. Kemudian, dibangunlahMonumen Pancasila Sakti untuk menghormati jasa ketujuh pahlawan tadi.

5. Rumah Pondok Indah.
blog-apa-aja.blogspot.com
Masih ingat ramainya pembicaraan di akhir September 2002 tentang hilangnya seorang tukang nasi goreng di depan rumah kosong ini? Kejadian ini jadi menghebohkan karena di depan rumah tersebut hanya tertinggal gerobak nasi gorengnya.

Konon katanya, malam sebelum hilang tukang nasi goreng tersebut hendak mengantar nasi goreng yang dipesan oleh seorang perempuan ke dalam rumah. Namun, ia tak pernah keluar lagi. Mengenai sejarah rumah itu, konon seisi keluarga pemilik rumah ini tewas dalam peristiwa perampokan bermotif persaingan bisnis.

Sejak itu, banyak orang yang lewat kerap melihat jelmaan hantu sepertihantu bapak-bapak dan hantu perempuan. Namun, akhir-akhir ini sudah tidak banyak kejadian horor yang dilaporkan terjadi di rumah ini. Bahkan beberapa waktu lalu, rumah ini sempat dijadikan tempat bermalam para tunawisma 

0 Cara Mengenali Penjahat di Bis Kota

Penjahat. Salah satu hal yang membuat pengalaman naik bis kota menjadi sungguh sangat tidak menyenangkan. Dia bisa merubah rencana perjalanan singkat kamu menuju kantor menjadi malapetaka yang membuat kamu trauma untuk naik bis seumur hidup. Untungnya, penjahat dan trik yang mereka gunakan itu bisa dikenali dan dengan demikian kamu bisa mengantisipasi apabila ada orang-orang yang memang mencurigakan di sekitar kamu.

Penjahat yang Mencuri Barang

Mengenali Secara Fisik:

Biarpun ini kesannya jadi stereotyping, tapi tidak ada salahnya kamu berhati-hati kalau kamu menjumpai orang semacam ini di dalam bis kota. Entah kenapa, pada umumnya secara fisik mereka serupa.
  1. Biasanya berusaha memakai baju yang terlihat rapi, tapi jatuhnya agak terlihat lusuh. Mungkin ini mereka lakukan supaya kamu mengira mereka orang kantoran.
  2. Biasanya membawa tas punggung yang ditaro di depan.
  3. Wajah mencurigakan. Nah ini agak susah sih. Karena biasanya yang bisa tau cuma yang udah berpengalaman naik bis aja.
  4. Kalau orang ini baru naik bis terus tiba-tiba langsung turun lagi, kemungkinan dia penjahat.
Mengenali secara fisik saja sangat sulit. Oleh karena itu, kamu juga harus memperhatikan hal berikutnya.

Mengenali Lewat Modus:

Modus penjahat di bis itu ada banyak, tapi belakangan ini mereka sudah kurang variatif, sehingga kamu bisa mengantisipasi. Digabungkan dengan mengenali si penjahat secara fisik, berikut adalah hal-hal yang patut membuat kamu curiga:
  1. Masuk bergerombol, biasanya terdiri dari 3 orang atau lebih.
  2. Orang ini mepet-mepet kamu, padahal ada ruang lebih. Kalo ini terjadi, langsung menjauh
  3. Dia maksa duduk di bagian dalem kursi, padahal itu sempit banget. Mendingan kamu langsung berdiri aja.
  4. Tiba-tiba ada orang yang bagi-bagi brosur pemijatan alternatif, terus mulai mijet-mijet kamu. Kalo ini sampai terjadi, LANGSUNG BERGERAK, kalo perlu langsung turun dari bis. Jangan lupa selalu konsentrasi ke barang bawaan kamu.
  5. Ada orang yang sok-sok kehilangan koin terus berusaha nyari koin di sekitar kamu. Jangan terpengaruh, konsentrasi ke barang bawaan kamu.
  6. Ada yang tiba-tiba muntah. Itu adalah distraksi. Konsentrasi terus ke barang bawaan kamu.
  7. Apapun yang sifatnya berusaha menyentuh kamu, hindari. Kuncinya adalah selalu konsentrasi ke barang bawaan kamu.
Yang paling sulit adalah penjahat yang mencuri dengan cara merobek tas kamu. Ini biasanya dilakukan tanpa kamu sadari. Oleh karena itu, saran MBDC sebaiknya kamu selalu mendekap tas kamu di depan.

Penjahat Kelamin

Mengenali Secara Fisik:

Sama sekali gak susah sih. Biasanya dia langsung ngeluarin titit aja. Rumusnya gampang kan:
Orang nunjukkin titit + Bis Kota = PENJAHAT KELAMIN!!
Gak ada kata stereotyping di sini. Itu udah pasti penjahat kelamin. Kalo kamu liat beginian, langsung tendang aja tititnya. Oh, sebenernya ada juga sih penjahat kelamin yang bukan eksibisionis, tapi yang suka grepe-grepe gitu. Masalahnya kalo yang suka grepe-grepe ini agak sulit dikenalin nih. Kamu bisa mengenali mereka lebih lewat modusnya.

Mengenali Lewat Modus:

Modus penjahat kelamin juga jauh lebih simple dan mudah dikenali. Hal ini dikarenakan mereka mikir pake titit, bukan pake otak. Berikut adalah hal-hal yang patut kamu curigai sebagai modus seorang penjahat kelamin:
  1. Dia berusaha menarik perhatian kamu, kemudian mengarahkan pandangan kamu ke itunya dia.
  2. Tiba-tiba kamu merasakan cairan hangat menerjang kamu. Kalo ini sampai terjadi sih semuanya sudah terlambat. Saran MBDC sih orang yang melakukan dihakimi massa aja.
  3. Dia berusaha deket-deket kamu, sampe nempel-nempel.
  4. Matanya fokus banget ke salah satu bagian tubuh kamu.
Saran MBDC, kalo kamu ngeliat ada penjahat kelamin dan dia mau makan korban, bantulah bertindak. Langsung hajar atau teriak supaya orang lain yang hajar. Tidak seperti penjahat pencuri barang yang biasanya modal macem-macem, modal si penjahat kelamin — sekali lagi — hanyalah tititnya.
Demikianlah cara mengenali penjahat dalam bis kota. Apabila MBDC kelupaan sesuatu, tolong bantu kasih info di kolom comment di bawah ya.[terselubung]

search

YANG NYASAR DI BLOG