Pages

Sabtu, 15 Desember 2012

0 “Kubah Kiamat” di Kutub Utara Mulai Difungsikan

kubah kiamat banner

“Kubah Kiamat” atau Bunker Kiamat di Kutub Utara Mulai Difungsikan

Svalbard map
Svalbard map
LONGYEARBYEN – Sebuah bangunan sangat kuat yang dibangun di Kutub Utara untuk menyimpan biji-bijian dari seluruh dunia resmi difungsikan.
Fasilitas yang disebut sebagai Kubah Kiamat (Doomsday Vault) ini dibuat di dalam sebuah gunung beku di Kepulauan Svalbard, Norwegia, 1100 kilometer dari kutub utara. (lihat lokasi kepulauan via satelit)
Disebut kubah kiamat karena pembangunannya dimaksudkan untuk melindungi bibit-bibit tanaman, biji-bijian dan plasma nutfah lainnya.
kubah_kiamat 01
Jika terjadi bencana alam yang sangat besar hingga memusahkan sumber pangan, biji-bijina tersebut diharapkan menjadi penyelamat manusia dari kelaparan.
Svalbard Global Seed Vault merupakan kebijakan penyelamatan kami. Ini adalah ‘Bahtera Nuh’ untuk melindungi keragaman biologi generasi masa depan,” ujar Perdana Menteri Norwegia Jens Stoltenberg, dalam upacara pembukaan.
kubah_kiamat 02
Pembukaan fasilitas ini juga dihadiri Presiden Komisi Eropa, Jose Manual Barroso, dan penerima Nobel Perdamaian 2004, Wangari Maathai, dari Kenya.
kubah_kiamat 03Kubah yang berada di dalam perut gunung sedalam 127,5 meter tersebut akan menyimpan cadangan bibit dari ratusan bank benih dari seluruh dunia.
Selain itu, ruangan di dalam kubah kiamat atau bunker ini dapat memuat hingga 4,5 juta sampel benih.
Ruangan itu belum termasuk beberapa ruang lain, seperti ruang krew dan ruang pengendali suhu ruangan agar benih dan sample-sample lasma nutfah lainnya.
Kubah Kiamat dibangun atas prakarsa Global Crop Diversity Trust, lembaga yang didanai badan PBB untuk urusan pangan atau FAO (Food and Agriculture Organization), dan Biodiversity Internasional yang berbasis di Roma, Italia. Bangunan tersebut dibuat selama satu tahun dengan biaya pembangunan mencapai 9,1 juta dollar AS. (AP/WAH)
kubah_kiamat 04

search

YANG NYASAR DI BLOG