Pages

Kamis, 08 November 2012

0 Teknologi penting temuan Australia

australian inventions
Tahukah anda bahwa wi-fi dan kotak hitam ditemukan di Australia?
Dua temuan itu dan beberapa karya lainnya diulas di sebuah buku anak-anak berjudul Australia's Greatest Inventions and Innovations karya Christopher Cheng dan Lindsay Knight

Wi-fi

wifi
John O'Sullivan, seorang peneliti tamu dalam bidang astronomi dan sains ruangan di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation di Melbourne, dipandang sebagai bapak wi-fi.
"Beberapa bibit orisinal dalam astronomi radio," kata O'Sullivan. "Anehnya, itu adalah eksperimen yang gagal untuk mendeteksi ledakan lubang hitam mini berukuran partikel atom.
"Saya tidak tahu kemana hal itu akan berujung, saat itu kami hanya berniat melakukan jaringan nirkabel dengan daya 100 megabit perdetik.
"Banyak orang mengatakan kami gila karena berusaha memikirkan hal itu. Kami berpikir hal itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa, dan kini jika saya mengenang saat itu, saya masih tidak percaya bahwa wi-fi kini menjadi sesuatu yang sangat besar."

Kotak hitam perekam percakapan pesawat

australian invention blackbox
Kotak hitam atau "black box" memang faktanya dilapisi dengan cat terang tahan panas agar dapat ditemukan jika pesawat mengalami kecelakaan.
Teknologi itu ditemukan oleh ahli kimia Australia, Dave Warren, yang yakin bahwa orang mati dapat membantu mengungkap misteri kecelakaan fatal.
Pada 1953, ia membuat sebuah alat untuk merekam percakapan di kokpit dan merekam data dari instrumen penerbangan.
Idenya adalah, jika kotak hitam bisa tetap utuh setelah kecelakaan, saat terakhir sebelum bencana dapat diulang untuk mengetahui penyebab kecelakaan dan mencegahnya.
Warren memiliki alasan pribadi. Ayahnya tewas pada 1934 dalam kecelakaan pesawat di Australia.

Alat bantu dengar

hearing aid
Dr Graeme Clark, dan alat bantu dengar ciptaannya
Telinga bionik telah membawa keajaiban suara ke dalam hidup ribuan orang. Oleh karena itu, mereka harus berterimakasih pada doktor Graeme Clark dari Sydney.
Pada 1967 ia mulai menyelidiki cara untuk menyentuh cochlea, bagian telinga yang membantu kiita mendengar dengan elektroda. Hal itu tampaknya mustahil, bagaimana mungkin ia memasukkan 20 kabel ke dalam sesuatu yang setipis jarum?
Inspirasi datang saat ia berlibur di pantai. Dengan memasukkan setangkai rumput ke dalam cangkang kerang yang tampak seperti bagian dalam telinga memberinya inspirasi.
Pada 1985, implan cochlear mendapat persetujuan dari badan pengawas obat dan makanan AS, USDA.
"Alat ini adalah kesukaan saya karena telah mengubah hidup banyak manusia," kata Debbie Rudder, kurator di Powerhouse Museum di Sydney

Toilet dual flush

australia invention dual flush toilet
Hal ini sangat 'Australia' seperti mematikan keran saat menggosok gigi. Di benua paling kering di dunia ini, hemat air adalah budaya yang penting.
Toilet dengan tombol siram ganda (dual flush) dapat mengeluarkan air dengan kuantitas berbeda.
Teknologi ini ditemukan di awal 1980an oleh Bruce Thompson dan merupakan fitur wajib di semua kamar mandi Australia dan semakin populer di seluruh dunia.

Ultrasound

australia inventions ultrasound
Salah satu hadiah terbesar bagi orang tua di seluruh dunia adalah bisa melihat anak mereka yang masih dalam kandungan melalui ultrasound.
Alat ini dibuat oleh Commonwealth Acoustic Laboratories di Sydney.
Ultrasound adalah cara untuk memantau kesehatan janin tanpa menggunakan sinar X yang berpotensi mengancam kesehatan janin.
Ultrasound kini juga telah digunakan untuk diagnosis tumor serta kondisi-kondisi lain.
Teknologi ini bekerja dengan menggunakan gema ultrasound dari bagian-bagian halus tubuh untuk memproduksi gambar di layar.

Jarum suntik sekali pakai

australia inventions syringe
Kita berhutang budi pada seorang pembuat mainan dari Australia Selatan yang menciptakan teknologi ini.
Jarum suntik sekali pakai menjadi sebuah kebutuhan dengan hadirnya penisilin. Obat anti bakteri itu cenderung menggumpal di jarum kaca dan sulit untuk digunakan kembali.
Pada 1949, seorang imigran Austria bernama Charles Rothauser menemukan jalan keluar dengan membuat jarum plastik sekali pakai pertama di sebuah pabrik di Adelaide tempat ia membuat boneka plastik.

Uang lembaran dari plastik

australia invention plastic bank note
Di akhir 1960an, ilmuan pemerintah diminta oleh Bank Cadangan Negara Australia untuk membuat uang lembaran yang tidak bisa dipalsukan.
Solusinya adalah panel transparan dan hologram yang ditempelkan ke lembaran uang yang terbuat dari plastik.
Uang tahan air itu pertama kali digunakan pada 1988. Australia kini mengklaim uang mereka tidak bisa dipalsukan dan tetap awet empat kali lebih lama dari uang kertas.
Australia juga mencetak uang lembar polimer untuk banyak negara lain termasuk Bangladesh, Chile, Kuwait, Selandia Baru, Rumania dan Vietnam.(bbc indonesia)

search

YANG NYASAR DI BLOG