Pages

Sabtu, 17 November 2012

0 Laporan Perkembangan Agresi Israel ke Gaza, Sabtu

00:17 – DebkaFile: tiga hari telah berlalu sejak serangan Israel ke Gaza, ratusan roket telah ditembakkan oleh kelompok muqawama Palestina dan berdasarkan laporan intelijen yang diterima Tel Aviv, para pejuang Palestina masih memiliki puluhan roket jarak jauh (Fajr-5).

00:19 – Serangan rezim Zionis ke Deir al-Balah menggugurkan seorang warga Palestina dan mencederai dua lainnya.

00:51 – Jet tempur Israel tidak segan menyerang sebuah rumah sakit di Gaza yang melukai lima orang termasuk satu di antaranya seorang anak.

01:26 – Media massa Israel mengkonfirmasikan persetujuan kabinet Zionis untuk menyiagakan 75 ribu pasukan cadangan, bersamaan dengan usulan pendudukan Jalur Gaza untuk jangka panjang.

01:27 – Jumlah korban akibat serangan Israel meningkat menjadi 30 orang dan 290 orang luka-luka. Sembilan di antara para syuhada adalah anak-anak.

01:31 – Pemimpin Gerakan Sadr Irak, Moqtada Sadr dalam statemennya menyatakan pihaknya akan mengerahkan segala upaya untuk membantu warga Gaza.

01:36 – Kondisi di Gaza tenang.

01:48 – Televisi al-Aqsha melaporkan, Brigade Izzuddin Qassam telah menembakkan 211 roket ke Palestina pendudukan dan sebuah jeep militer Israel hancur.

01:52 – Gelombang baru serangan rezim Zionis Israel ke Gaza dimulai.

02:11 – Serangan balasan pejuang muqawama juga dimulai. Media massa Israel mengkonfirmasikan penyusupan sebuah pesawat tanpa awak Hamas ke permukiman Zionis.

02:42 – Partai Sosialis Demokrat Israel mendesak Tel Aviv segera memulai perundingan dengan Palestina.

02:44 – Kanal 10 Israel mengkonfirmasikan, kabinet Israel memberi lampu hijau kepada militer Zionis untuk memulai serangan darat ke Jalur Gaza.

02:55 – Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman mengatakan, "Militer Israel akan menghentikan serangannya ke Jalur Gaza hanya setelah target dan tujuannya tercapai. Tujuan Israel adalah untuk meningkatkan kemampuan pertahannya dan menghentikan serangan roket dari Gaza."

03:01 – Anggota Biro Politik Hamas, Izzat al-Rishq mengatakan, "Rezim Zionis sama sekali tidak menduga serangan balasan sedemikian destruktif dari muqawama Palestina."

03:06 – Kelompok muqawapa Palestina di akhir pertemuan khusus mereka Jumat malam (16/11) bertekad melanjutkan serangan ke Palestina pendudukan karena rezim Zionis dinyatakan tidak serius menggelar gencatan senjata.

03:35 – Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta mengontak sejawatnya asal Israel Ehud Barak, dan meminta Tel Aviv untuk tidak meningkatkan serangan ke Gaza.

04:02 – Serangan roket muqawama Palestina yang mengantam gedung partai Kadima dan permukiman Zionis, memaksa Tel Aviv memperkokoh sistem pertahanan anti-udaranya, Iron Dome.

04:43 – Jet tempur Israel kembali membombardir Jalur Gaza. Serangan ini dilancarkan setelah beberapa waktu lalu, serangan pertama di hari keempat dimulai.

05:33 – Presiden Amerika Serikat dalam dialognya dengan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan Presiden Mesir, Muhammad Mursi, mendukung serangan Israel ke Gaza dan mengapresiasi upaya Kairo untuk mereduksi bentrokan.

07:42 : Jet tempur Israel membombardir masjid Abdurrahman di kamp pengungsi al-Bureij, Gaza. Bangunan masjid tersebut hancur.

07:51 – Sebuah roket muqawama menghantam Tel Aviv. Televisi al-Manar Lebanon mengkonfirmasikan suara alarm dari Tel Aviv pasca ledakan roket tersebut.

08:12 – Israel kembali menyerang Jalur Gaza.

08:19 – Al-Manar Lebanon melaporkan, kediaman Ibrahim Abu Salah, seorang pemimpin Hamas di Gaza menjadi sasaran serangan jet tempur Israel.

08:46 – Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Perdana Menteri Turki, Recep Tayib Erdogan menekankan penghentian agresi terhadap Gaza dan pemulihan kembali kondisi di kawasan.

08:47 – Jet tempur Israel menembakkan empat roket ke kantor Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah di Gaza. Akibatnya gedung tersebut terbakar.

08:48 – Militer Israel meningkatkan operasi jet tempurnya ke Gaza.

09:08 – Kementerian Luar Negeri Irak menyatakan, "Serangan brutal Israel terhadap bangsa Palestina harus dikecam, dan bangsa Irak sepenuhnya mendukung Palestina."

09:12 – Alarm kembali terdengar di Palestina pendudukan. Kali ini terdengar di kota Askalon dan Sderot.

09:22 – Bersamaan dengan serangan jet tempur Israel, kapal-kapal perang Zionis juga membombardir berbagai wilayah Jalur Gaza.

09:35 – Serangan jet Israel ke kediaman pejabat Hamas, Ibrahim Abu Salah melukai 30 orang. Sebagian di antara para korban dalam kondisi kritis.

09:39 – Wakil Ketua Biro Politik Hamas, Abu Marzuq menegaskan pihaknya menerima telepon dari banyak pihak untuk menyetujui gencatan senjata, akan tetapi dia menegaskan bahwa gencatan senjata sulit tercapai dalam waktu dekat.

10:13 – Perdana Menteri Palestina, Ismail Haniyah menyatakan, "Tempat pertemuan saya denan Perdana Menteri Mesir, diratakan dengan tanah oleh Israel."

10:14 – Al-Manar Lebanon melaporkan, rezim Zionis mencantumkan serangan rumah-rumah para pemimpin Palestina dalam program agresi mereka ke Gaza.

10:14 – Menteri Kesehatan Gaza menyatakan, "Rezim Zionis menggunakan segala jenis senjata mematikan yang kemungkinan dalam tahap ujicoba."

10:20 – Wakil Sekjen Hizbullah Lebanon, Syeikh Naim Qassem menyatakan, "Senjata muqawama Palestina dan Lebanon mengacu ke arah musuh [Zionis] dan satu-satunya jalan untuk membebaskan Palestina dalah jihad.

10:22 – Sebanyak sepuluh roket muqawama Palestina menghantam wilayah Beer Sheba di Palestina pendudukan.

10:33 – Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle, mengkhawatirkan kondisi di kawasan dan menilai agresi Israel ke Gaza sebagai hak rezim Zionis Israel, dengan alasan demi menjaga keselamatan warganya."

10:43 – Jet tempur Israel membombardir kawasan Tel al-Sultan di barat Rafah. Seorang warga Palestina gugur syahid dan sejumlah lainnya cedera.

10:49 – Shalat mayit secara ghaibah berlangsung di kota Istanbul, Turki. Ribuan warta Turki berpartisipasi dalamacara tersebut.

10:50 – Muqawama Palestina menembakkan roket ke dua pangkalan darat dan udara Israel. Pangkalan udara Israel Hatzerim diguncang tiga roket sementara pangkalan pasukan darat Taslim dihantam tujuh roket Grad.

11:01 -  Wakil Perdana Menteri Turki, mengecam serangan Israel ke Jalur Gaza namun pada saat yang sama menuntut pemulihan hubungan Ankara-Tel Aviv agar dapat menjadi mediator antara Israel dan Palestina.

11:04 – Hamas: Netanyahu harus menebus agresinya ke Gaza dengan harga mahal. 50 ribu pejuang dan 5000 pasukan mati syahid telah disiapkan untuk menjelang serangan pasukan darat Israel.

11:06 – Sebuah sumber di Eropa membenarkan bahwa Israel 12 jam sebelum teror terhadap Ahmad al-Jabari telah mengontak Amerika Serikat dan Qatar.

11:13 – Brigade Izzuddin Qassam, sayap militer Hamas telah menembakkan 107 roket ke Palestina pendudukan.

11:25 – Militer Israel menambah sistem pertahanan Iron Dome untuk menghadapi roket muqawama, dan telah memasang sistem kelima dalam jaringan pertahanan anti-udara tersebut.

11:27 – New York Times mengungkap bahwa beberapa jam sebelum teror al-Jabari, pejabat Hamas itu sedang merencanakan sebuah genjatan senjata dengan Israel, akan tetapi rezim Zionis membuyarkan kesempatan tersebut.

11:31 – Jumlah syuhada Palestina mencapai 39 orang sementara jumlah korban luka-luka mencapai 350 orang.

11:58 – Presiden Perancis, Francois Hollande mendesak Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu untuk menghindari aksi-aksi provokatif yang berpotensi meningkatkan friksi.

11:59 – Ketua Polisi Gaza menyatakan, pihaknya sedang memburu oknum-oknum yang bekerjasama dengan berbagai lembaga keamanan untuk memata-matai muqawama.

12:00 – Presiden Mesir, Muhammad Mursi berdialog via telepon dengan Perdana Menteri Malaysia membahas solusi penghentian agresi Israel ke Jalur Gaza.

12:01 – Seorang militer Zionis luka-luka akibat serangan roket muqawama di utara Ashdod.

12:02 – Dibentuk Kamar Operasi Kolektif Muqawama untuk pertama kalinya di Palestina guna mengorganisir serangan balasan terhadap Israel.

12:05 – Warga Muslim Turki menggelar demonstrasi di depan gedung konsulat Israel di Ankara, dan mengutuk kejahatan Israel di Jalur Gaza.

12:09 – Kepala Staf Gabungan Militer Israel, Benny Gantz menginstruksikan eskalasi serangan ke Jalur Gaza.

12:13 – Para menteri luar negeri Arab menggelar sidang khusus di Kairo membahas agresi Israel ke Jalur Gaza.

12:26 – Presiden Mesir, Muhammad Mursi menghubungi Perdana Menteri Pakistan membicarakan perkembangan di Gaza.

12:33 – Kapal-kapal tempur Israel kembali membombardir wilayah Jalur Gaza. Sasaran kali ini adalah wilayah Sudani di utara Gaza.

12:46 – Universitas Islam Gaza menjadi sasaran serangan jet tempur Israel.

12:51 – Brigade Izzudin Qassam menembakkan roket ke pangkalan militer Hatzerim di Palestina pendudukan.

12:52 – Juru bicara Kantor Perdana Menteri Israel mengklaim bahwa serangan Israel ke Jalur Gaza tidak menjatuhkan korban anak kecil.

12:53 – Militer Israel membenarkan cederanya tiga personil militernya.

12:54 – Terkuak fakta bahwa kunjungan Emir Qatar ke Gaza adalah instruksi Israel.

13:11 – Menteri Peperangan Israel, Ehud Barak, dalam dialog teleponnya dengan sejawatnya dari Amerika Serikat, Leon Panetta, mengatakan bahwa militer Zionis sudah siap melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza.

13:13 – Israel meningkatkan serangannya ke Jalur Gaza bersamaan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Tunisia Rafiq Abdussalam, ke Gaza.

13:15 – Ahmad al-Malal seorang pejabat Jihad Islam Palestina, menyatakan bahwa klaim serangan darat Israel ke Jalur Gaza hanya sedekar perang urat syaraf.

13:43 – Militer Israel selesai memasang sistem anti-udara Iron Dome kelima di dekat Tel Aviv.

13:37 – Pejabat Hamas menyatakan Gaza akan menjadi kuburan massal tentara Israel jika militer Zionis nekat menyerang Jalur Gaza.

13:49 – Ketua Biro Politik Hamas, Khaled Meshal tiba di Kairo untuk berdialog dengan Presiden Mesir, Muhammad Mursi, Perdana Menteri Turki, Recep Tayib Erdogan, dan Emir Qatar, Hamad bin Khalifa al-Thani.

14:03 – Untuk kesekian kalinya suara alarm meraung di Tel Aviv, menyusul hujan roket dari Palestina.

14:12 – 40 roket ditembakkan kelompok muqawama dan enam orang Zionis luka-luka. Suasana di Palestina pendudukan mencekam.

14:18 – Israel mengakui serangan massif mortir ke Jalur Gaza. Ini merupakan serangan mortir terberat yang pernah dilakukan militer Israel ke Jalur Gaza.

14:22 – Kelompok muqawama Palestina membalas deengan menembakkan mortir dan roket ke sejumlah permukiman Zionis.

14:25 – Konvoi solidaritas Mesir untuk Gaza dicegat oleh penjaga perbatasan Rafah dan dilarang memasuki Jalur Gaza.

14:26 -  Menteri Luar Negeri Tunisia menyatakan, kejahatan Israel tidak dapat ditolerir dengan paramater apapun dan dia berjanji akan menjelaskan hakikat di Gaza kepada para menlu Liga Arab.

14:28 – Kongres dan Senat Amerika Serikat menyatakan dukungan penuh terhadap agresi Israel ke Gaza dan menilainya sebagai pembelaan diri.

14:31 – Tentara Israel bentrok dengan para demonstran Palestina di Tepi Barat.

14:32 – Penasehat PM Palestina mendesak negara-negara Arab dan Islam mengambil satu keputusan tegas terhadap agresi militer Israel ke Gaza.

14:43 – Anggota parlemen Lebanon, Walid Sekriya menyatakan, "Israel tidak memiliki kekuatan untuk menghapus muqawama."

14:45 – Roket muqawama menembus jaringan pertahanan Iron Dome dan kembali menghantam Tel Aviv.

15:15 – Brigade al-Quds menyatakan memiliki nomor-nomor kontak para pejabat tinggi dan perwira militer Israel serta mengirim SMS peringatan kepada mereka.

15:19 – Jumlah syuhada Palestina bertambah menjadi 40 orang.

15:48 – Brigade al-Quds menyatakan akan mengubah Tel Aviv menjadi lautan api.

15:50 – Jumlah orang Zionis yang luka-luka mencapai 100 orang.

15:57 – Agresi ke Gaza, setiap harinya menelan biaya sampai 400 juta USD bagi Israel.

16.13 - Cara Netanyahu menarik calon pemilih. Kurang dari tiga bulan pemilu legislatif Zionis Israel, Benyamin Netanyahu, Perdana Menteri Israel berusaha menarik pemilih dengan meneror Ahmad al-Jabari, Komandan Operasi Militer Brigade Izzuddin Qassam.

16.13 - Grantz dan Barak bertemu bicarakan soal situasi perang. Pasukan Israel semakin bertambah di perbatasan Jalur Gaza. Para pemimpin militer Israel bertemu membicarakan kemungkinan serangan darat ke Gaza.

16.15 - Warga Bahrain siap turun ke jalan sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza. Warga Gaza menyambut seruan Koalisi 14 April pada hari Ahad akan turun ke jalan mendukung warga Palestina di Jalur Gaza.

16.16 - Chavez mengecam agresi brutal Israel. Hugo Chavez, Presiden Venezuela dalam sidang kabinet hari Kamis (15/11) mengatakan, "Agresi brutal Israel ke Gaza telah dimulai. Israel kembali membombardir Jalur Gaza."

16.23 - Erdogan: Israel melanggar gencatan senjata. Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki menyatakan bahwa Israel telah melanggar kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas. Sekalipun demikian kontak masih terus dilakukan untuk menciptakan gencatan senjata.

16.23 - Israel sebut muqawama Palestina memiliki pesawat tak berawak. Televisi Kanal 10 Israel menayangkan film baru yang menunjukkan muqawama Palestina memiliki pesawat tanpa awak yang memiliki kemampuan menyerang.

16.37 - Lieberman: Bila kita memasuki Gaza, maka harus sampai terakhir. Avigdor Liebarman, Menteri Luar Negeri Zionis Israel mengingatkan, bila Israel melakukan serangan darat, maka harus menyelesaikan hingga akhir dan jangan tinggalkan setengah jalan.

16.44 - Demonstrasi di Paris mengecam agresi Israel ke Gaza. Para pendukung Palestina dan warga Perancis melakukan aksi demonstrasi di depan Gedung Pengadilan Perancis di Paris mengutuk agresi brutal Israel ke Jalur Gaza.

16.48 - Obama tugaskan Erdogan tekan Palestina. Turki berusaha menciptakan gencatan senjata sesuai dengan syarat yang diinginkan Israel. Majalah mingguan Palestina al-Manar mengkonfirmasikan bahwa Barack Obama, Presiden Amerika menugaskan Recep Tayyip Erdogan, Perdana Menteri Turki menekan para pejuang Palestina dengan tujuan terciptanya gencatan senjata sesuai dengan syarat yang diinginkan Israel.

Update menyusul ...
(IRIB Indonesia/Muiz Sulistiono)

search

YANG NYASAR DI BLOG