Pages

Kamis, 29 November 2012

0 Berapa Kandungan Emas Medali Olimpiade London?

Kontras dengan namanya, sebenarnya tidak begitu banyak kandungan emas di dalam medali emas. Meski desain medali setiap Olimpiade berbeda-beda, mereka harus mengikuti pedoman yang diatur oleh Olympic Charter.

Salah satu pedoman itu berbunyi, setidaknya 6 gram emas harus digunakan dalam setiap medali emas. Medali emas Olimpiade tahun ini terdiri dari 92,5% perak dan hanya 1,34% emas. Sisa 6,16%-nya terbuat dari perunggu.

Berat medali emas dan perak 412 gram, sementara medali perunggu beratnya 357 gram. Setiap medali berdiameter 85 mm dengan ketebalan 8 – 10 mm. Ini merupakan medali terbesar dan terberat yang pernah diproduksi untuk Summer Olympic Games.

Seperti dilansir dari CNBC (30/7/2012), delapan ton emas, perak dan perunggu ditambang oleh sponsor Olympic Partner, Rio Tinto dari  Utah Copper Mine dekat Salt Lake City, Utah dan proyek Oyu Tolgoi di Mongolia.

Ke-4.700 medali termasuk medali Olimpiade dan Paralimpiade dibuat di kantor pusat Royal Mint di Llanstisant, South Wales dan disimpan di brankas Tower of London. Produksi setiap medali butuh 10 jam dan 22 tahap produksi.

Ada 302 medali dari 26 cabang pertandingan olahraga di Olympic Summer Games, London. Medali pertama sudah diberikan untuk cabang Menembak dengan Senapan Angin 10 meter Wanita pada 28 Juli. Sementara medali terakhir akan diberikan untuk cabang Pentathlon Moderen Wanita pada 12 Agustus mendatang. (dtk)

search

YANG NYASAR DI BLOG