Pages

Kamis, 06 September 2012

0 Usia Kehidupan di Muka Bumi Diungkap



Permukaan bumi (ilustrasi)
Permukaan bumi (ilustrasi) (techmill.net)
Bumi diprediksi telah berusia 4,5 miliar tahun. Tapi bagaimana dengan umur kehidupan yang ada di muka bumi?

Para ahli sudah berpikir untuk menguak usia kehidupan di muka bumi melalui aktivitas biologi dalam lapisan bumi. Sejak 2006, ilmuwan telah menggambarkan aktivitas biologis dalam bentuk stromatolit, atau lapisan stuktur geologi kuno.

Lapisan ini membuktikan bahwa komunitas kehidupan kompleks pertama kali muncul di bumi sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu. Kini, para ahli pun berusaha membuktikan usia kehidupan di bumi.

Seperti Apa?

Seperti dilansir dari laman Gizmodo, para ilmuwan turun ke kolam Pembentukan Strelley di Australia. Para ilmuwan ini memeriksa sulfur beberapa formasi batuan yang sampai di sana sebagai akibat dari aktivitas biologis.
Mereka telah melihat endapan ini sebelumnya, tapi kali ini mereka melakukan analisis melalui teknik yang berbeda. Analisis tersebut adalah distribusi isotop, sejenis elemen kimia, di setiap lapisan lebih menyeluruh. Dari sini mereka menemukan penguatan atas kesimpulan sebelumnya. Dalam laman Arc Technica, mereka menjelaskan.

"Banyak perbedaan dikaitkan dengan pencantuman bahan organik dalam batu. Nilai yang sama ditemukan dalam senyawa sulfur besi yang telah diendapkan. Nilai-nilai positif yang besar, penulis menyarankan, merupakan indikasi bahwa sumber asli belerang itu mungkin dari atmosfer, konsisten dengan apa yang kita ketahui, itu kemungkinan komposisi selama era Arkean," kata peneliti seperti dikutip dari Arc Technica.

Era Arkean merupakan skala waktu geologi yang berusia sekitar 3800 juta tahun yang lalu.

Dari penelitian tersebut kehidupan di muka bumi pun diperkirakan memilki usia yang sama tuanya dengan usia terbentuknya batu.[vivanews]

search

YANG NYASAR DI BLOG