Pages

Selasa, 04 September 2012

0 India dan Cina Akur dan Merencanakan Manuver Militer Kolektif



Cina dan India sepakat mengaktifkan kembali manuver militer bersama setelah tertangguhkan selama empat tahun. Demikian ungkap Menteri Pertahanan India AK Antony.

"Kami telah memutuskannya (untuk memulai latihan militer)," kata Antony kepada para wartawan setelah pertemuannya dengan timpalannya dari Cina, Liang Guanglie di ibukota India, New Delhi, Selasa (4/9).

New Delhi dan Beijing menangguhkan manuver militer kolektif mereka sejak tahun 2008 setelah serangkaian friksi diplomatik.

"Kami membahas banyak masalah terkait situasi di Asia Selatan, Asia-Pasifik dan kami telah menyelesaikan banyak isu," kata Antony, mengacu pada topik yang dibahas selama pertemuan.

"Kami melakukan diskusi jujur ​​dan dari hati ke hati terakit semua masalah ... termasuk kawasan perbatasan," tambahnya.

Kedua negara terlibat konflik bersenjata di perbatasan Himalaya yang disengketakan pada tahun 1962, dan sejak itu digelar 14 putaran perundingan menyelesaikan sengketa teritorial mereka.

Menteri Pertahanan Cina juga menegaskan bahwa kedua negara telah sepakat meningkatkan kerjasama militer.

"Kami telah mencapai kesepakatan di bidang kunjungan tingkat tinggi dan pertukaran personil, keamanan maritim ... dan kerjasama antara angkatan laut kedua negara," kata Guanglie. "

Guanglie tiba di India pada hari Ahad (2/9) dalam kunjungan empat-hari, yang merupakan kunjungan pertama di tingkat ini dalam delapan tahun terakhir.(IRIB Indonesia/MZ)

search

YANG NYASAR DI BLOG