Pages

Kamis, 23 Agustus 2012

0 Turki Kembali Dikecam dari Dalam Atas Politiknya di Suriah



Warga Turki berdemonstrasi di Ankara mengecam perhatian ekstra pemerintah mereka terhadap kerusuhan yang sedang berlangsung di Suriah dan mengabaikan masalah internalnya sendiri. Demikian dilaporkan Press TV Kamis (23/8).

Para pengunjuk rasa meneriakkan yel-tel anti-pemerintah Turki, yang mereka tuding bersalah atas ketidakamanan di perbatasan, khususnya ketika Partai Buruh Kurdistan (PKK) telah meningkatkan serangan-serangan lintas-perbatasannya.

Di lain pihak, Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Miqdad menuding Turki membantu "geng-geng teroris" melawan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

"Yang memicu krisis ini sudah jelas yaitu kelompok bersenjata dan teroris yang didukung oleh sejumlah rezim regional termasuk dukungan berbahaya dari Turki dengan menyuplai senjata canggih untuk mereka," kata Miqdad.

Dia juga menuding Turki "memberikan para teroris, termasuk al-Qaeda, akses bebas untuk masuk Suriah. Saya pikir ini harus dihentikan." Sebelumnya, Suriah telah menuding Turki, Arab Saudi, dan Qatar mendanai kelompok-kelompok pemberontak.

Di hari yang sama pasukan pemberontak menyatakan pasukan bayaran asing lebih banyak telah bergabung dengan mereka menyusul warga Suriah menolak untuk bergabung dengan operasi bersenjata mereka melawan pemerintah Assad.

Di antara warga negara asing yang mengangkat senjata melawan pemerintah Suriah adalah para pemberontak yang memiliki hubungan jelas jaringan teroris al-Qaeda.(IRIB Indonesia/MZ)

search

YANG NYASAR DI BLOG