Pages

Sabtu, 25 Agustus 2012

0 Perisai Rudal AS di Asia Memicu Kekhawatiran Cina


Sejumlah analis mengatakan, keputusan Amerika Serikat untuk memperluas sistem pertahanan rudal di kawasan Asia-Pasifik, bisa memicu kekhawatiran Cina dan mendorong Beijing untuk mempercepat program rudalnya.

Upaya baru, yang meliputi penyebaran sistem radar peringatan dini, yang disebut X-Band, di Jepang dan mungkin yang lain di Asia Tenggara, mencerminkan  ekspansi militer Amerika di wilayah tersebut setelah satu dekade berfokus pada Timur Tengah dan Afghanistan.

Zhu Feng, seorang ahli keamanan terkemuka Cina di Beijing University, mengatakan pengumuman AS lebih mungkin untuk mempercepat perlombaan senjata.

Departemen Pertahanan Cina tidak memberi respon langsung pada program tersebut dan hanya mengatakan, "Cina selalu percaya bahwa masalah sistem pertahanan rudal harus ditangani dengan kebijaksanaan yang besar, dari perspektif melindungi stabilitas strategis global."

Cina dilaporkan sedang mengembangkan rudal baru canggih, termasuk yang berpotensi mampu menargetkan kapal induk AS yang beroperasi di Asia-Pasifik. (IRIB Indonesia/RM)

search

YANG NYASAR DI BLOG