Pages

Sabtu, 25 Agustus 2012

0 OAS Keluarkan Resolusi Dukung Ekuador Soal Assange


Organisasi Negara-Negara Amerika (OAS) menyatakan solidaritas dan dukungan kepada Ekuador dalam sengketa dengan Inggris atas pemberian suaka kepada pendiri WikiLeaks Julian Assange.

Pertemuan blok Amerika diselenggarakan atas permintaan Ekuador untuk mempertimbangkan resolusi yang menolak setiap upaya untuk menyerang kedutaan besarnya di London, dimana Assange berlindung. Mehrnews melaporkan pada hari Ahad (26/8).

Dalam resolusi tersebut, menteri luar negeri dan perwakilan dari negara-negara anggota OAS menolak setiap upaya yang mungkin membahayakan misi diplomatik. Resolusi yang disepakati setelah lima jam pertemuan di Washington, juga menyatakan solidaritas dan dukungan bagi pemerintah Ekuador.

OAS mendesak Ekuador dan Inggris untuk terus terlibat dalam dialog guna menyelesaikan perbedaan mereka saat ini sesuai dengan hukum internasional, dengan mempertimbangkan pernyataan yang dibuat baru-baru ini oleh otoritas dari kedua pemerintah.

Selama pertemuan OAS, Menteri Luar Negeri Ekuador Ricardo Patino mengutuk Inggris dan menyebut ancaman untuk memasuki kedutaannya di London sebagai serangan terhadap kedaulatan Ekuador. (IRIB Indonesia/RM)

search

YANG NYASAR DI BLOG