Pages

Jumat, 31 Agustus 2012

0 Mursi Bikin Berang Iran dan Suriah

Image-7310Presiden Mesir Muhammad Mursi mulai menyatakan sikap secara terbuka. Pidatonya di pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok di Ibu Kota Teheran, Iran, kemarin membuat berang delegasi Suriah sampai mereka harus angkat kaki dari ruang sidang. Sikap ini mengingatkan kita akan sosok Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad.
Menurut analisa Jon Leyne dari BBC, pidato Mursi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Non-Blok di Ibu Kota Teheran, Iran, kemarin menjadi momen penting sebagai gambaran seperti apa kebijakan luar negeri Mesir yang baru, seperti dilansir dari BBC, Kamis (30/8).
Leyne mengatakan, Mursi tidak menggubris permintaan Amerika Serikat untuk tidak pergi ke Teheran buat menghadiri KTT Gerakan Non-Blok. Kini mereka malah membuat marah Iran sebagai tuan rumah lantaran mengkritik Suriah, salah satu sekutu Negeri Mullah itu.
Menurut Leyne, pesan Mursi jelas. Dia ingin semua pihak paham Mesir kini memiliki kebijakan luar negeri bebas dan tegas. Ini jelas berbanding terbalik dibandingkan saat Husni Mubarak berkuasa, yang menurut kebanyakan rakyat adalah budak Amerika Serikat.
Namun, Amerika Serikat bisa sedikit lega lantaran dengan pernyataan Mursi itu membuktikan belum ada ikatan antara Mesir dan Iran.
Ini adalah pertama kalinya pemimpin Mesir melawat ke Iran. Sejak 1979 Teheran pecah kongsi dengan Kairo lantaran mendiang Presiden Mesir Anwar Sadat menandatangani perjanjian damai Camp David dengan Israel, diwakili Perdana Menteri Menachem Begin, dengan penengah Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter.
Namun, masyarakat dunia masih menantikan gebrakan lain dari Muhammad Mursi. Mengingat latar belakang dia berasal dari gerakan Ikhwanul Muslimin, bukan tidak mungkin di masa akan datang dia diharapkan akan bersikap tegas menentang dominasi Barat di Timur Tengah, khususnya Mesir. Warga Palestina pun harap-harap cemas menunggu kebijakan dia buat memberikan solusi bagi konflik berkepanjangan dengan Israel.[konspirasi.com]

search

YANG NYASAR DI BLOG