Pages

Selasa, 21 Agustus 2012

0 Korut Kecam Manuver Militer Korsel-AS


Korea Utara, Selasa (21/8) mengecam latihan militer gabungan tahunan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat. Demikian dilaporkan IRNA.

Kantor berita Korut menulis bahwa manuver militer itu telah merusak stabilitas di Semenanjung Korea dan merupakan sebuah aksi militer berbahaya yang dapat berujung pada perang.

Militer Korsel dan AS telah memulai latihan gabungan tahunan untuk menguji pertahanan terhadap Korut. Pyongyang seraya mengecam latihan itu dan bersumpah akan memperkuat penangkal nuklirnya.

Lebih dari 30.000 tentara AS, termasuk sebagian besar dari mereka yang berbasis di Korsel ditambah 3.000 dari luar negeri, mengambil bagian dalam latihan yang dikenal sebagai Ulchi Freedom Guardian pada Senin kemarin, pasukan AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sementara Kementerian Pertahanan Korsel tidak bisa mengatakan berapa banyak tentaranya yang mengambil bagian dalam latihan tersebut, namun kantor berita Yonhap memprediksikan sekitar 56.000 tentara.

Pasukan AS dan Korsel bersikeras manuver itu adalah defensif, sementara Korut menyebutnya sebagai latihan untuk serangan nuklir pre-emptive. (IRIB Indonesia/RM)

search

YANG NYASAR DI BLOG