Pages

Rabu, 22 Agustus 2012

0 Kedekatan Mesir-Iran Akan Mengakhiri Polarisasi Regional


Koran Ech Chorouk El Youmi terbitan Aljazair menyebutkan bahwa kedekatan dan terjalinnya hubungan antara Iran dan Mesir akan mengakhiri era polarisasi regional.

Dalam sebuah laporan khusus edisi Rabu (22/8) Ech Chorouk El Youmi menyebutkan, "Friksi etnis dan mazhab di antara umat Islam sepanjang sejarah bukan hanya menyebabkan kelemahan dan ketidakmampuan mereka menghadapi musuh utama yaitu Israel, bahkan telah membuka pintu bagi rezim Zionis untuk menyambut perselisihan itu.

Disebutkan bahwa akar dari seluruh friksi dan perselisihan itu bermula ketika sejumlah penguasa dan tokoh politik dan agama di negara-negara Teluk Persia mengemukakan pendapat atau menunjukkan sikap perpecahan yang akhirnya melemahkan kekuatan umat Islam dan dalam prosesnya ribuan orang di dunia Islam menjadi korban perspektif tersebut.

Ech Chorouk El Youmi, menilai upaya Presiden Mesir Muhammad Mursi untuk merapat ke Iran sebagai langkah penting untuk menghapus perselisihan etnis di kawasan dan hasil dari kunjungannya ke Tehran adalah dimulainya kembali hubungan diplomatik kedua negara yang telah terputus selama tiga dekade.

Di bagian lain laporan itu disebutkan bahwa usulan Mursi untuk membentuk sebuah kelompok kontak dalam rangka menyelesaikan krisis Suriah yang juga melibatkan Iran, Arab Saudi, Mesir, dan Turki, sebagai salah satu upaya cemerlang pemerintah Kairo.

Ech Chorouk El Youmi menambahkan, poin pentingnya adalah bahwa Mesir tidak mengusung fanatisme mazhab dan kebijakan tersebut akan menciptakan keharmonisan antara umat Sunni dan Syiah di Mesir.

Para pemerhati berpendapat bahwa partisipasi Mursi pada KTT NAM di Tehran akan menjadi batu pondasi munculnya perspektif baru dalam hubungan diplomatik Iran-Mesir.

Mesir perlu memanfaatkan posisi strategis Iran di kawasan dan Iran juga sangat membutuhkan pengaruh Mesir di antara negara-engara Arab yang sebagian di antaranya tampak berhasrat sekali untuk mengobarkan api instabilitas regional. (IRIB Indonesia/MZ)

search

YANG NYASAR DI BLOG